All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_4119

Alasan Merawat Kendaraan Elektrifikasi Toyota Itu Mudah, Baca Buku Manual Kendaraan Sebagai Panduan

Alasan Merawat Kendaraan Elektrifikasi Toyota Itu Mudah, Baca Buku Manual Kendaraan Sebagai Panduan

Toyota menghadirkan berbagai jenis kendaraan elektrifikasi (xEV) untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan. Mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV) seperti All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV, hingga mobil listrik Toyota bZ4X sebagai Battery Electric Vehicle (BEV).

Lantas, bagaimana dengan perawatannya? Apakah sama dengan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) pada umumnya?

Perawatan Baterai xEV Toyota

Salah satu komponen penting pada kendaraan elektrifikasi Toyota, baik mobil hybrid maupun mobil listrik, adalah baterai yang diletakkan di bawah kabin penumpang. Pabrikan Toyota sudah mempertimbangkan aspek safety sehingga kamu tidak perlu khawatir, khususnya dari risiko terbakar dan terkena air.

Namun begitu, tetap ada hal lain yang harus diperhatikan. Kijang Innova Zenix Hybrid menyimpan baterai hybrid di bawah jok penumpang depan dan terdapat motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari kabin melalui kisi udara di bawah jok penumpang depan. Jika air intake duct tertutup, maka udara yang dialirkan sebagai pendingin baterai akan terhambat bahkan hilang sama sekali.

Ketika ventilasi tertutup, pendinginan baterai akan terganggu dan suhunya meningkat. Kondisi ini menyebabkan baterai mengalami overheat dan kinerjanya juga akan turun, baik pada saat charge maupun discharge, bahkan berisiko rusak. Jangan menutup air intake duct baterai hybrid yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid.

Mobil hybrid dan mobil listrik Toyota lainnya kemungkinan memiliki layout dan konstruksi baterai yang berbeda. Untuk memastikannya tidak bermasalah akibat ketidaktahuan, kamu dapat berdiskusi dengan service advisor bengkel resmi Toyota dan mempelajari buku manual kendaraan.

Perawatan Baterai Mobil Listrik Toyota bZ4X

Baterai milik bZ4X merupakan baterai pertama di mobil Toyota yang mengadopsi sistem pendingin air layaknya radiator mesin. Sistemnya menggunakan refrigeran dan membantu menjaga output tetap stabil ketika setiap sel didinginkan secara individual. Sistem ini terhubung ke sistem AC mobil sehingga ada koordinasi hemat daya antara baterai dan kontrol suhu kabin.

Kamu tidak perlu khawatir terkait perawatannya karena praktis tinggal menyerahkan tugas tersebut ke bengkel resmi Toyota. Dengan teknisi bersertifikat Toyota global dan fasilitas bengkel yang modern dan canggih, baterai mobil listrik Toyota bZ4X akan selalu berada dalam kondisi terbaik tanpa perlu merepotkan pelanggan.

Bagaimana dengan Banjir?

Sebenarnya, mobil dengan mesin konvensional sekalipun tidak anti banjir karena ada sistem elektronik kendaraan dan risiko air masuk ke dalam komponen mesin. Hal serupa juga ada pada kendaraan elektrifikasi dengan adanya motor listrik di as roda dan baterai di bawah dek penumpang. Meskipun terlihat aman, sebaiknya kamu tidak menerjang banjir apapun mobil yang digunakan.

Waspada Kabel Khusus Kendaraan Elektrifikasi

Berdasarkan standar yang berlaku secara global untuk semua produsen HEV, PHEV, dan BEV, kabel yang mengendalikan sistemnya, seperti antara baterai dan motor listrik, menggunakan warna oranye. Kabel ini mudah dikenali sehingga pelanggan dapat waspada ketika membuka kap mesin atau bagian lain kendaraan.

Kabel ini juga dibuat dengan sistem pengaman yang memadai untuk mencegah korsleting yang berbahaya bagi keselamatan manusia. Namun, kamu tetap wajib menjaganya dari kerusakan, seperti jangan biarkan ada binatang pengerat seperti tikus berkeliaran di garasi rumah serta tidak membuka lapisan pelindungnya atau melepaskan konektor kabel.

Charging Baterai Mobil Listrik Gratis di Outlet Toyota

Dalam paket penjualannya, Toyota menyertakan wall charger untuk instalasi pengisian baterai mobil listrik Toyota bZ4X dan All New RAV4 GR Sport PHEV di rumah pelanggan. Termasuk jasa pemasangan secara gratis, dengan catatan daya listrik di rumah pelanggan sudah memadai dan dilengkapi sertifikat kelayakan dari pihak terkait.

Pemasangan tidak lama, hanya sekitar 2 jam asalkan titiknya sudah disediakan oleh pelanggan. Buat pemilik bZ4X yang tidak mau repot, dapat melakukan isi ulang baterai di dealer resmi Toyota secara gratis. Karena belum semua outlet menyediakan fasilitas ini, kamu dapat bertanya ke service advisor bengkel resmi Toyota.

Servis Berkala Mudah dan Nyaman

Seluruh bengkel resmi Toyota sudah dapat melakukan servis berkala dan perbaikan xEV Toyota, termasuk urusan baterai dan motor listrik. Artinya, kamu tidak perlu khawatir urusan after sales kendaraan elektrifikasi.

Mobil hybrid dan mobil listrik Toyota dilengkapi dengan layanan aftersales T-CARE yang semakin memberikan peace of mind. T-CARE merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dahulu).

Selain itu, ada tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis berkala tepat waktu sesuai rekomendasi Toyota.

Garansi Baterai Selama 8 Tahun / 160.000 Km

Dengan iklim tropis di Indonesia, timbul keraguan di masyarakat terkait kualitas baterai, khususnya pada BEV. Secara khusus, Toyota telah mengembangkan baterai, baik hybrid maupun listrik, yang memenuhi syarat penggunaan secara global sehingga dapat dioperasikan di belahan dunia manapun.

Sebagai bukti kualitas baterai kendaraan elektrifikasi Toyota dan memberikan peace of mind kepada pelanggan, Toyota Indonesia memberikan garansi baterai penggerak motor listrik pada HEV, PHEV, dan BEV selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.


Back to top