All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3979

Pegang Setir Mobil Ada Aturannya, Perhatikan Supaya Dapat Bermanuver dengan Aman

Pegang Setir Mobil Ada Aturannya, Perhatikan Supaya Dapat Bermanuver dengan Aman

Bagaimana cara memegang setir mobil dengan benar? Pertanyaan seperti ini mungkin sering terlintas di pikiran kamu yang baru belajar mengemudikan mobil. Dilansir dari auto2000.co.id, memegang setir yang benar merupakan kunci mengemudi aman.

Pelajaran mendasar ini banyak diabaikan lantaran beberapa pengemudi belajar menyetir secara otodidak tanpa bimbingan yang memadai. Memegang setir yang tidak tepat bisa mengakibatkan kecelakaan sebab kemudi merupakan pengendali arah mobil.

Ketika di depan ada kecelakaan atau tiba-tiba ada orang menyeberang jalan, kamu harus melakukan manuver menghindar. Jika cara memegang kemudi kamu tidak tepat, sulit untuk melakukannya dengan cepat. Lantas, seperti apa cara memegang setir yang benar?

1. Atur Posisi Duduk Sopir

Cari posisi duduk yang paling nyaman tanpa mengurangi kesigapan kamu dalam mengolah kemudi. Cari semua setingan di kursi mulai dari headrest, kursi, kaca spion, serta menyesuaikan ketinggian dan maju-mundur setir jika ada. Pastikan kamu bisa melihat spion samping dan tengah dengan arah pandangan ke belakang terluas untuk menghindari blind spot.

2. Perhatikan Posisi Tangan pada Kemudi

Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3. Posisi tersebut dianggap yang paling fleksibel dibanding posisi arah jam 10 dan jam 2, dan lebih mumpuni jika dibutuhkan kesigapan dalam bermanuver.

Posisi jam 10 dan jam 2 tidak lagi disarankan karena bisa berbahaya pada setir mobil berukuran kecil yang dilengkapi airbags. Posisi jam 9 dan jam 3 menjaga tangan kamu agar tetap pada posisi yang benar dan mudah untuk mengendalikan kemudi serta mereduksi terkena airbags saat mengembang.

3. Tangan Membentuk Sudut 120 Derajat

Selain itu, tangan kamu juga harus punya keleluasaan bergerak. Parameternya adalah tangan ditekuk sekitar 120 derajat saat memegang setir dalam kondisi normal.

Metode lain untuk mengukur adalah dengan meletakkan tumit tangan di sisi paling atas batang kemudi. Badan harus tetap menempel pada sandaran bangku dan tidak bergerak maju. Kalau masih maju, artinya kamu harus lebih menegakkan sandaran atau memajukan kursi sopir.

4. Pegang Setir dengan Benar

Usahakan tidak memegang setir dengan posisi menggenggam atau seperti tangan mengepal. Buka jari jempol ke arah atas setir. Selain membuat kamu merasa rileks, ini juga membuat lebih mudah saat memutar setir dan mengurangi risiko cidera saat setir berputar sendiri.

5. Leluasa Melakukan Manuver pada Setir

Setelah itu, cobalah untuk memutar setir ke kanan dan ke kiri. Apakah kemudi dapat bergerak optimal tanpa membuat tangan kamu kesulitan? Cobalah untuk mengoperasikan tuas transmisi dan tuas rem parkir.  Adakah kesulitan seperti terlalu jauh saat digapai?

Jika ya, berarti kamu harus mengulang semua proses di atas sampai mendapatkan posisi memegang setir yang pas agar dapat mengendalikan mobil dengan sigap dan cekatan. Selain tentunya mengurangi potensi kelelahan akibat posisi mengemudi yang tidak pas dan kurang ergonomis.


Back to top