All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4814NEWS & EVENT

Bedah Desain Konversi Top 3 Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest, Keren dan Fungsional

Bedah Desain Konversi Top 3 Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest, Keren dan Fungsional

Berkolaborasi dengan NMAA, Toyota mengadakan lomba desain digital Toyota Hilux Rangga – Toyota Rangga Concept saat masih dalam bentuk mobil konsep – yang diberi nama Digital Modification Contest (Digimodz) pada bulan Agustus 2023.

Lomba desain virtual dengan tema Business x Public Service x Lifestyle ini, mengajak publik untuk berpartisipasi agar lebih banyak lagi ide desain fresh yang modern, up-to-date, dan sesuai kebutuhan customer.

Di tahap final, para finalis membuat model skala 1:1 untuk menggambarkan seutuhnya hasil desain konversi ketika diaplikasikan pada versi produksi massal. Peserta dari body builder mengerjakan sendiri modifikasi Hilux Rangga Cab & Chassis, sementara peserta perorangan menggandeng modifikator.

Setelah melalui tahapan penjurian yang ketat oleh para juri yang kompeten di bidang otomotif, akhirnya diputuskan 3 besar Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz):

- Designer Champion  : Albertus Whitney (CV. Delima Mandiri) – Campervan (Lifestyle)

- Designer Runner Up : Agus Sulistya Budi (DSP Styling) – Ditpolsatwa (Public Service)

- Designer Third Place : Dhandy Mustika – Chicken Transporter (Business)

- Modifikator Champion : CV. Delima Mandiri – Campervan (Lifestyle)

- Modifikator Runner Up : DSP Styling – Ditpolsatwa (Public Service)

- Modifikator Third Place: Akasia Motor – Chicken Transporter (Business)

  1. Delima Mandiri mendapatkan hadiah Rp 20 juta untuk desain dan Rp 20 juta untuk modifikasi, serta DSP Styling mendapatkan hadiah Rp 15 juta untuk desain dan Rp 15 juta untuk modifikasi. Dhandy Ramadhan mendapatkan hadiah Rp 10 juta untuk desain dan Akasia Motor mendapatkan hadiah Rp 10 juta untuk modifikasi.

Profil Desain Konversi Top 3 Toyota Rangga Concept Digimodz

The Champion: Campervan by CV. Delima Mandiri

Campervan memang belum terlalu populer di Indonesia, namun meningkatnya kebutuhan healing atau liburan, membuka peluang untuk menghadirkan kendaraan rekreasi yang tangguh mengingat medan jalan variatif yang akan dilalui.

Sejalan tema Lifestyle, CV. Delima Mandiri melihat bahwa Toyota Hilux Rangga memiliki chassis yang sesuai untuk manufaktur campervan. Pertimbangannya adalah chassis tangguh, desain memikat, mesin diesel bertenaga, posisi mesin di depan lebih nyaman untuk pengemudi, dan transmisi otomatis yang dapat memberikan kemudahan pengemudi dalam perjalanannya.

Sebagai perusahaan karoseri lokal yang cukup paham keinginan pelanggan khususnya fleet, CV. Delima Mandiri rencananya akan menyediakan banyak konversi Toyota Hilux Rangga yang mudah untuk dipesan karena dipercaya bahwa kendaraan komersial ini sangat cocok untuk membantu meningkatkan produktivitas kegiatan usaha dan mendukung lifestyle pelanggan.

Mulai dari campervan, outlander box dengan roof top tent, box refrigerated, ambulance, food truck, dan bentuk konversi lain.

Runner Up: Ditpolsatwa by DSP Styling

Model bodi dengan bentuk dan garis yang tegas, memberikan kesan kokoh dan berani di luar, sehingga membuat tampilan calon kendaraan operasional kepolisian ini begitu tegas dan berwibawa. Mobil ini dirancang dengan model double cabin untuk membawa personil polisi dan anjing pelacak.

Dilengkapi partisi pemisah antara ruang personil dan ruang anjing pelacak, dengan akses pintu belakang model hatchback, di mana bagian atap dilengkapi roof rack untuk peralatan tugas. Bumper depan dilengkapi winch dan lampu kabut pada bagian grille dilengkapi lampu blitz.

DSP Styling yang mewakili tema Public Service, juga melihat prospek konversi Toyota Hilux Rangga begitu menjanjikan, seperti dibuat menjadi mobil toko (moko), mobil box logistic, maupun service car.

Harapannya, Toyota Hilux Rangga dapat menjadi favorit pengguna mobil niaga mengingat pick up ini memiliki daya angkut besar dan adanya variasi mesin bensin dan diesel yang memberikan pelanggan lebih banyak opsi mobility solution.

Juara 3: Chicken Transporter by Dhandy Ramadhan

Ide Chicken Transporter tercetus tidak sengaja saat Dhandy sebagai satu-satunya peserta perorangan yang menjadi juara, sedang dalam perjalanan pulang kerja. Ia berpapasan dengan mobil pick up pengangkut ayam yang tampilannya cukup memprihatinkan, ditambah banyak pengguna jalan yang menjauh karena bau tidak sedap dan cara meng-handle muatan yang kurang aman.

Padahal, selama ini ayam merupakan komoditi pangan yang sangat diminati, namun pengirimannya masih kurang diperhatikan.

Dhandy mulai memikirkan konsep mobil pengangkut ayam yang tampilannya menarik, lebih stylish, aman, dan membantu transportasi ayam potong untuk menekan tingkat stres dan kematian pada ayam selama perjalanan.

Termasuk tidak mengganggu pengguna jalan lain karena bau tidak sedap dan keamanan kendaraan kurang diperhatikan. Riset data, brain storming idea, pembuatan desain hingga finishing berjalan sekitar 2 minggu dengan perhitungan matang supaya desainnya mudah dikembangkan jika diproduksi versi aslinya.

Box carrier didesain tertutup, dilengkapi air exhaust dan anti bacterial air purifier untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan memastikan udara yang keluar dari boks tidak berbau sehingga aman bagi kesehatan ayam maupun lingkungan sekitar.

Terdapat pencahayaan warm LED yang selain memiliki nilai estetika, juga berfungsi membantu menjaga suhu di dalam boks tetap stabil agar ayam tetap sehat dan tidak stress selama perjalanan.


Back to top