31/05/2024
Jangan Tutup Kisi Pendingin Baterai Hybrid Kijang Innova Zenix HEV, Ini Penjelasan dan Solusinya
Jangan Tutup Kisi Pendingin Baterai Hybrid Kijang Innova Zenix HEV, Ini Penjelasan dan Solusinya
Baterai hybrid Ni-MH Kijang Innova Zenix HEV dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang kabin. Terdapat filter pada tutup saluran udara pendingin baterai, sehingga penumpukan debu di jalur pendinginan dapat ditekan untuk mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhunya.
Jangan Tutup Kisi Pendingin Baterai Hybrid Innova Zenix Hybrid
Seperti dijelaskan di atas, baterai Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki sistem pendingin berbasis udara (air cooled) yang terhubung dengan kabin kendaraan melalui kisi udara di bawah jok penumpang depan. Tujuannya agar mendapatkan udara segar dari dalam kabin mobil untuk mendinginkan baterai.
Agar efektif menyalurkan udara dingin, terdapat motor blower yang bertugas menyalurkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct) via kisi udara tersebut. Dalam salurannya terdapat filter untuk menahan kotoran supaya tidak terisap masuk.
Pernah ada kasus pelanggan tidak sengaja menutup kisi udara ini sehingga pendinginan baterai terganggu karena suhu udara pendingin meningkat. Akibatnya baterai overheat dan kinerjanya turun. Dilarang menutup air intake duct yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid apapun alasannya.
Saluran yang tertutup akan mengganggu tugas pendinginan dan memicu indikator peringatan baterai hybrid pada panel instrumen menyala. Anda dapat melakukan pemeriksaan awal pada kisi udara, tetapi kalau tidak ada masalah, segera bawa mobil ke bengkel resmi Toyota untuk pengecekan lebih lanjut.
Baterai yang rusak tidak dapat menyimpan listrik dari motor generator saat charging. Ketika kondisi pengisian berada di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem, maka mesin bensin akan hidup terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan dan motor listrik tidak dioperasikan.
Jika dibiarkan akan merugikan karena konsumsi bensin boros dan ada risiko kerusakan menjalar ke komponen lainnya. Oleh sebab itu, jangan tutup kisi udara tersebut untuk menjaga kinerja dan daya tahan baterai hybrid Innova Zenix HEV.
Pengecekan Baterai Hybrid Saat Servis Berkala
Tidak ada yang berbeda pada perawatan berkala mobil hybrid Toyota dengan model biasa. Anda cukup melakukan servis berkala dan memperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, maka baterai tersebut akan bertahan sesuai pemakaian kendaraan yang wajar.
Serahkan perawatan baterai dan perangkat pendukung lainnya ke bengkel resmi Toyota. Ada proses pembersihan secara berkala saringan saluran pendingin dan cooling blower filter sebagai penyaring udara guna mendinginkan baterai, serta cairan pendingin inverter pada Innova Zenix HEV.
Ada kemungkinan perbedaan spesifikasi dan cara perawatan baterai hybrid pada xEV Toyota lainnya, termasuk urusan do and don’t. Anda dapat berdiskusi dengan service advisor bengkel resmi Toyota untuk mempelajari cara menjaga kondisi baterai hybrid supaya optimal dan tahan lama.
Sebagai komitmen Toyota untuk membuktikan performa dan daya tahan baterai hybrid, tersedia warranty 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.