
27/01/2025
Jelang Rallye Monte-Carlo yang Ikonik, TOYOTA GAZOO Racing Hadirkan 5 Pembalap Dunia dan Improvement pada GR Yaris Rally1
Jelang Rallye Monte-Carlo yang Ikonik, TOYOTA GAZOO Racing Hadirkan 5 Pembalap Dunia dan Improvement pada GR Yaris Rally1
TOYOTA GAZOO Racing World Rally (TGR WRT) akan memulai kompetisi World Rally Championship (WRC) 2025 di ajang pembuka Rallye Monte-Carlo yang ikonik, 23-26 Januari 2025. Reli tertua dan paling terkenal ini memberikan awal yang menantang untuk jadwal 14 seri WRC, dengan tambahan lokasi baru di Kepulauan Canary, Paraguay, dan Arab Saudi.
Ada pula perubahan signifikan pada bidang teknis untuk tahun 2025. Kategori teratas mobil Rally1 tidak akan lagi menggunakan unit plug-in hybrid setelah perubahan regulasi. Akibatnya, berat minimum telah diturunkan dari 1.260 menjadi 1.180 kg.
Selain itu, ukuran air restrictor dikurangi dari 36 menjadi 35 mm untuk membantu mempertahankan rasio daya terhadap berat yang serupa dengan sebelumnya. Sementara itu, Hankook menjadi satu-satunya pemasok ban untuk kategori teratas WRC untuk pertama kalinya.
Ada juga perubahan pada peraturan olahraga. Poin akan dialokasikan berdasarkan posisi keseluruhan di akhir reli, dengan kemenangan kembali bernilai 25 poin. Klasifikasi Super Sunday pada hari terakhir menawarkan hingga lima poin bonus, seperti halnya Power Stage di akhir reli.
Meski baru delapan minggu berlalu sejak TGR WRT mengklaim gelar pabrikan pada akhir musim 2024 yang mendebarkan di Reli Jepang, tim telah bekerja keras untuk beradaptasi dengan perubahan ini. TGR meningkatkan kinerja GR YARIS Rally1 yang terus berjalan dengan bahan bakar 100% bebas fosil.
Untuk meningkatkan performa mesin karena dorongan yang disediakan oleh unit hybrid tidak lagi tersedia, modifikasi dilakukan pada sistem pembuangan dan camshaft. Sementara rasio roda gigi juga telah ditinjau untuk mengoptimalkan paket tersebut.
Susunan Pembalap TGR WRT 2025
Tim juga menurunkan jajaran pembalap yang diperkuat dan diperluas musim ini, dengan menurunkan sebanyak lima mobil GR YARIS Rally1 di banyak lomba termasuk Reli Monte-Carlo.
Juara dunia dua kali Kalle Rovanperä dan Jonne Halttunen kembali ke kompetisi penuh waktu bersama Elfyn Evans dan rekan pengemudi Scott Martin, runner-up kejuaraan 2024. Sébastien Ogier menargetkan kemenangan ke-10 yang memecahkan rekor di Monte saat memulai kampanye parsial lainnya bersama co-driver Vincent Landais.
Ketiga pembalap ini dinominasikan untuk bersaing memperebutkan poin pabrikan untuk TGR WRT pada putaran pertama, dengan dukungan penuh dari Takamoto Katsuta dan navigator Aaron Johnston sebagai pembalap keempat.
Sami Pajari, juara WRC2 2024, memulai musim penuh pertamanya di kategori teratas, bersatu kembali dengan co-driver berpengalaman Marko Salminen. Untuk mendukung perkembangannya sebaik mungkin sambil mengikuti jalur yang sama dengan yang sebelumnya ditempa oleh Katsuta, GR Yaris Rally1 Pajari dimasukkan di bawah tim kedua TGR WRT2.
Tim akan menambah persaingan di kejuaraan pabrikan. Mobil tersebut memiliki corak campuran putih dan hitam yang mewakili komitmen tim untuk menawarkan kesempatan bagi para pembalap muda untuk mencapai level tertinggi di WRC.
Oliver Solberg, yang bertarung dengan Pajari untuk gelar juara dunia WRC2, beralih ke mobil GR Yaris Rally2 bersama tim Printsport dalam upayanya meraih gelar tahun 2025. Mereka memiliki kesempatan untuk mengenal mobil tersebut di Rallye Monte-Carlo sebelum kampanye WRC2 tujuh rondenya dimulai.
Pembalap TGR WRC Challenge Program Hikaru Kogure dan Yuki Yamamoto turut serta dalam GR Yaris Rally2 dalam debut mereka di Monte Carlo, mengumpulkan pengalaman baru menjelang musim kedua mereka di WRC2.