New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_6611TIPS

Manfaatkan Diskon PPnBM Mobil Hybrid Toyota, Pelajari Cara Kerja Series-Paralel Hybrid System Toyota yang Sanggup Menekan Emisi Semaksimal Mungkin

Manfaatkan Diskon PPnBM Mobil Hybrid Toyota, Pelajari Cara Kerja Series-Paralel Hybrid System Toyota yang Sanggup Menekan Emisi Semaksimal Mungkin

Pemerintah memberikan diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) mobil hybrid sebesar 3% untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap mobil ramah lingkungan tersebut. Saat ini, mobil hybrid atau Hybrid Electric Vehicle (HEV) merupakan xEV yang paling populer dan relevan di Indonesia.

Dikutip dari Pressroom Toyota Indonesia, HEV merupakan solusi mobilitas yang paling mudah diterima masyakarat. HEV memanfaatkan keunggulan motor listrik yang zero emission bersama mesin bensin dengan efisiensi tinggi.

Saat ini, Hybrid EV dianggap paling sesuai di Indonesia karena tidak membutuhkan charging station untuk mengisi ulang baterai penggerak motor listrik, di mana infrastrukturnya masih terbatas. Anda tetap dapat merasakan benefit mobil listrik yang hening dan zero emission saat mode EV bekerja penuh.

Selain semakin hemat bensin dan rendah emisi karena operasional mesin bensin yang berkurang signifikan, pelanggan tidak perlu khawatir dalam mobilitas jarak jauh karena tugas isi ulang baterai akan dikerjakan oleh mesin bensin dan energi regeneratif dari rem mobil.

Series-Paralel Hybrid System Toyota

Rangkaian kerja HEV Toyota sering disebut sebagai Series-Parallel Hybrid System. Teorinya, mesin bensin memiliki dua fungsi: sebagai sumber tenaga penggerak roda dan mengisi daya baterai hybrid. Kedua tugas tersebut dikerjakan bergantian atau serempak sesuai kebutuhan di lapangan.

Secara garis besar, sistemnya terdiri atas beberapa komponen utama, yaitu mesin bensin, motor listrik, generator listrik, Power Control Unit PCU), dan Power Split Device (PSD) yang menggunakan girboks khusus dalam tugasnya membagi distribusi tenaga dari mesin bensin, motor listrik, dan generator listrik.

Toyota Hybrid System (THS) merupakan pengendali hybrid engine Toyota. THS menggunakan teknologi penghematan konsumsi bensin yang secara halus dan tanpa jeda berpindah antara penggerak mesin bensin dan motor listrik, serta menggabungkan performa keduanya saat dibutuhkan.

THS meningkatkan sinergi keduanya dalam memperoleh efisiensi dan performa terbaik. Obyektifnya utamanya adalah mereduksi emisi dan konsumsi BBM semaksimal mungkin tanpa mengurangi performa mobil di jalan.

THS mengurangi peran mesin bensin dan menambah kontribusi motor listrik semaksimal mungkin dalam berbagai skenario berkendara. Klaimnya, baik konsumsi bensin dan emisi dapat ditekan sekitar 50% ketimbang mesin konvensional dengan kapasitas sama.

Cara Kerja Series-Paralel Hybrid System Toyota

Asalkan kapasitas baterai hybrid masih memadai, mesin bensin dalam posisi off ketika mobil berhenti seperti di lampu merah. Pada kondisi stop and go, sistem canggih ini memberikan peluang kepada motor listrik untuk bekerja lebih banyak agar menghemat bensin dan menekan emisi.

HEV dipastikan sangat efektif untuk mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan. Begitu membutuhkan akselerasi lebih kuat atau kapasitas baterai hybrid berada di titik pengisian, mesin bensin akan bekerja.

Mesin bensin dan motor listrik bahu-membahu menyalurkan tenaga sehemat mungkin tapi tetap optimal ketika mobil membutuhkan tenaga penuh, seperti akselerasi kuat atau menghadapi jalan menanjak.

Saat cruising di jalan tol, kedua motor penggerak kembali berkolaborasi menggerakkan roda. Tenaga dari motor listrik yang dianggap berlebih akan disalurkan untuk mengisi baterai.

Fitur Energy Regenerative Brake System dan EV Mode

Fitur Energy Regenerative Brake System berfungsi untuk mengubah tenaga kinetik saat pengereman menjadi energi listrik untuk mengisi daya baterai lewat motor listrik. Sehingga, pengisian daya baterai dapat berlangsung lebih cepat tanpa melewati mesin bensin yang pastinya menggunakan BBM.

EV Mode membuat pengemudi dapat merasakan pengalaman unik khas BEV (Battery Electric Vehicle) yang berlimpah torsi, senyap, dan zero emission. Dengan semakin canggihnya teknologi hybrid Toyota, mode EV semakin efektif dan memiliki jarak tempuh yang semakin jauh.


Back to top