
25/06/2025
Mobil Hybrid Toyota Punya Total Ownership Cost yang Menjanjikan, Insentif PPnBM Bikin Harganya Makin Bersaing dan Dukungan Ekosistem Lengkap Bikin Hati Pelanggan Tenang
Mobil Hybrid Toyota Punya Total Ownership Cost yang Menjanjikan, Insentif PPnBM Bikin Harganya Makin Bersaing dan Dukungan Ekosistem Lengkap Bikin Hati Pelanggan Tenang
Salah satu pertimbangan pembelian solusi mobilitas adalah Total Ownership Cost (TOC) sejak mulai pembelian, perawatan dan operasional, hingga menjualnya kembali di kemudian hari. TOC yang rendah diyakini mampu menekan pengeluaran keluarga sehingga memberikan rasa tenang.
Berdasarkan hasil penelitian Toyota, TOC Hybrid EV lebih rendah sekitar 36% ketimbang Battery EV. Ada beberapa hal penting yang membuat Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV memiliki daya saing tinggi terkait TOC.
1. Insentif PPnBM Meningkatkan Daya Saing
Pertimbangan pertama pembelian sebuah mobil tentunya adalah harga jual. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV memperoleh insentif PPnBM 3% yang membuat harga jualnya makin terjangkau. Padahal dengan harga normal sekalipun sudah kompetitif lantaran keduanya diproduksi lokal dengan local content yang tinggi.
2. Program Promo Penjualan Mobil Toyota
Berikan Total Mobility Solution, Toyota melalui jaringan dealer memiliki berbagai program promo yang menguntungkan pelanggan, termasuk untuk pembelian Hybrid EV. Hal tersebut membuat biaya kepemilikan makin rendah. Silakan browsing website Toyota.astra.co.id untuk informasi lebih lengkap.
3. Kualitas Produk yang Terbukti Andal
Toyota Indonesia telah memiliki pengalaman panjang sejak memasukkan Toyota Prius di tahun 2009. Dengan semangat continuous improvement, Hybrid EV Toyota belajar banyak dari kondisi jalan dan gaya berkendara masyarakat lokal sehingga kualitas dan daya tahannya terus meningkat sehingga biaya perawatan juga minim.
4. Dukungan Bengkel Resmi yang Luas
Jaringan bengkel resmi Toyota telah menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia sehingga kebutuhan perawatan dan perbaikan xEV dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Potensi kerusakan menjadi turun karena kondisi kendaraan selalu terjaga prima sehingga menekan biaya perbaikan.
5. Mesin Hybrid yang Hemat Bensin
Pembelian BBM merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi biaya kepemilikan kendaraan. Pengujian GridOto mencatatkan konsumsi bensin Yaris Cross HEV seirit 31 km/liter, sementara konsumsi bensin Kijang Innova Zenix HEV seirit 19,2 km/liter. Alhasil, biaya operasional dapat ditekan karena lebih irit dari mesin pembakaran dalam (ICE).
6. Program T-CARE Berikan Kemudahan Servis Berkala
Semua mobil hybrid Toyota dilengkapi layanan purna jual T-CARE yang memberikan kemudahan perawatan kendaraan. Pelanggan tidak perlu memikirkan biaya servis berkala sehingga biaya kepemilikan sanggup dikurangi.
T-CARE berikan Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 4 tahun/ 50.000 km), ditambah extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km. Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia.
7. Ada Warranty Toyota
Toyota melalui jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia, akan memberikan perbaikan atau penggantian komponen yang termasuk dalam skema garansi yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak secara gratis. Jaminan ini berlaku pula pada mobil hybrid Toyota yang membuat pelanggan tidak perlu banyak keluar biaya ekstra.
8. Garansi Baterai Hybrid Sampai 8 Tahun
Ada kekhawatiran terkait kualitas dan daya tahan baterai hybrid. Di sisi lain, Toyota sudah memiliki pengalaman panjang dalam menghadirkan HEV. Tidak heran jika komponen penting seperti baterai hybrid sudah mempertimbangkan kondisi berkendara di Indonesia.
Alhasil, komponen elektrifikasi yang dipakai, memiliki daya tahan yang baik untuk dipakai di berbagai kondisi jalan dan cuaca di Indonesia. Garansi baterai hybrid yang mencapai 8 tahun merupakan penegas kualitas baterai HEV dan komitmen Toyota dalam memberikan rasa tenang yang juga berimbas positif ke biaya kepemilikan.
9. Resale Value Tinggi
Karena andal dan tangguh, sejauh ini mobil hybrid Toyota dipercaya kondisinya oleh calon pembeli mobil bekas (mobkas) sehingga harga jualnya tidak anjlok. Keadaan ini jelas menguntungkan pelanggan. Pasalnya, mobil baru pasti akan mengalami penurunan (depresesiasi) harga jual setelah sekian lama.
OLX menyatakan bahwa resale value Kijang Innova Zenix HEV di tahun pertama pembelian adalah 88%. Selain itu, resale value Yaris Cross HEV di tahun pertama pembelian adalah 83%. Ketimbang rata-rata resale value mobil bekas di angka 80%, depresiasinya terbilang rendah dan menunjukkan kepercayaan masyarakat.
Catatan harga jual bekasnya ini juga lebih baik dari mobil listrik atau Battery EV yang turun hingga 23% di tahun pertama. Resale value mobil hybrid SToyota lebih tinggi dibandingkan benefit yang didapatkan dari pengguna mobil listrik dalam kurun waktu kepemilikan rata-rata yaitu 5 tahun.
Oleh karena itu, mobil hybrid Toyota masih menjadi pilihan yang tepat dan relevan terkait TOC. Selain tentunya keunggulan penting seperti bebas range anxiety dan tidak perlu mengubah kebiasaan berkendara setiap hari.