New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_6670TIPS

Pengetahuan Dasar Mengemudi Toyota Hilux Rangga Transmisi Otomatis, Nyaman Untuk Dukung Bisnis Pelanggan

Pengetahuan Dasar Mengemudi Toyota Hilux Rangga Transmisi Otomatis, Nyaman Untuk Dukung Bisnis Pelanggan

Mesin yang tangguh dan andal, memegang peran sangat penting dalam operasional usaha. Pelanggan pasti tidak mau mesin mobilnya bermasalah di jalan. Atau tidak kuat membawa muatan sesuai daya angkut mobil serta terjebak macet di jalan. Mesin yang irit juga dapat mereduksi biaya operasional seoptimal mungkin.

Diesel engine 2.393 cc 4-silinder VNT Intercooler bertenaga 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi sangat besar 343 Nm pada 1.400–2.800 rpm untuk transmisi manual, di mana transmisi otomatis 6-speed lebih kuat lagi yakni 400 Nm pada 1.600–2.000 rpm.

Selain itu, konsumsi bahan bakar Hilux Rangga juga menawarkan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Pengujian internal menunjukkan konsumsi bensin sehemat 14,2 km/l untuk model diesel manual. Hal ini membantu meningkatkan produktivitas bisnis pelanggan.

Pengetahuan Dasar Transmisi Otomatis atau Matik Hilux Rangga

Walau menjadi andalan utama mobilitas perkotaan, sayangnya masih banyak yang lupa pengoperasian mobil dengan transmisi otomatis. Sehingga ada potensi masalah, seperti tidak nyaman, mempercepat kerusakan komponen, hingga menyebabkan kecelakaan.

Padahal, pengetahuan dasar tersebut tidak berganti meskipun sekarang teknologi transmisi otomatis semakin canggih dan modern. Berikut beberapa aturan dasar menggunakan mobil matik yang wajib Anda ketahui, termasuk pada Hilux Rangga:

1. Tuas di P (Parkir) adalah posisi yang dianjurkan saat ingin menyalakan mesin, bahkan beberapa mobil tidak bisa dinyalakan jika tidak di P seperti di mobil matik Toyota. Aturan ini untuk menghindari risiko mobil melompat saat mesin dinyalakan.

2. Anda juga wajib menginjak pedal rem saat menyalakan mesin untuk menghindari risiko mobil bergerak karena alpa meletakkan tuas di P. Prosedur ini baku di semua mobil matik Toyota sehingga mesin tidak bisa dinyalakan jika diabaikan.

3. Biasakan untuk menginjak pedal rem ketika memindahkan tuas transmisi matik untuk menghindari risiko mobil melompat karena mobil jenis ini langsung menyalurkan tenaga begitu posisi gigi di D atau R. Ada kasus mobil matik terjun dari gedung parkir lantaran pengemudinya tidak paham pengetahuan ini.

4. Saat berhenti dalam waktu lama dan mesin nyala, seperti ketika menunggu lampu merah, posisikan tuas transmisi di N (Netral) dan tarik tuas rem parkir. Perlakuan ini sebagai pengaman supaya mobil tidak jalan sendiri dan mengistirahatkan transmisi karena tidak terhubung dengan mesin.

5. Jangan menaruh tuas di D (Drive) dan menginjak pedal rem saat berhenti dalam waktu lama, seperti ketika menunggu di lampu lalu lintas. Pasalnya, rem jadi cepat panas dan ada kemungkinan Anda mengangkat kaki dari pedal rem sehingga mobil bergerak maju.

6. Saat parkir, posisikan tuas di P dan tarik rem parkir. Ketika tuas transmisi di P, parking pawl atau roda gigi parkir akan mengunci output shaft matik sehingga roda tidak bisa berputar. Selain itu, mobil matik sudah dilengkapi fitur keamanan untuk mencegah Anda meninggalkan mobil dalam posisi tidak aman.

7. Sedikit tutorial saat parkir paralel, Anda harus menekan tombol Shift Lock untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa memindahkannya ke posisi N. Dengan begitu, mobil dapat didorong seperti ketika memberi ruang bergerak mobil lain di dekatnya.

8. Ketika berhenti di jalan menanjak karena macet, jangan menekan pedal gas untuk menahan mobil karena akan membuat transmisi panas. Cukup posisikan gigi di N dan tarik rem parkir. Kebiasaan menahan putaran mesin juga berbahaya kalau terlalu dalam menekan pedal gas.

9. Usahakan untuk tidak mengandalkan posisi D saat menghadapi turunan, apalagi yang curam atau panjang. Meski tidak seefektif transmisi manual, Anda bisa memanfaatkan efek engine brake dengan memindahkan tuas ke gigi 3, 2, atau L sesuai kebutuhan.

10. Posisi gigi lebih rendah bisa Anda pakai saat membutuhkan power dalam tempo cepat, seperti ketika menyalip atau di jalan menanjak. Beberapa mobil Toyota seperti Kijang Innova Zenix memiliki mode Manual (M) sehingga dapat memanfaatkan gigi secara manual sesuai kebutuhan.

11. Perlakukan mobil secara halus, seperti sedikit mengangkat pedal gas saat gigi otomatis pindah atau tidak menginjak pedal gas ketika tuas digeser untuk menjaga transmisi otomatis agar tidak mudah rusak akibat gesekan berlebih.

12. Meski sudah hapal, sesekali tengok posisi tuas transmisi supaya tidak salah memposisikan gigi. Pastikan letaknya tepat, seperti ketika Anda ingin memindahkan ke gigi R yang dapat berbahaya jika ternyata ke D dan sebaliknya. Atau mau ke P namun ternyata baru sampai ke R.

13. Rem menjadi perangkat penting di mobil transmisi otomatis karena banyak diandalkan di berbagai situasi, khususnya di medan jalan menurun panjang. Jaga kondisi rem mobil dengan rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota.

Keunggulan Toyota Hilux Rangga

Secara produk, ada beberapa value utama yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan. Seperti engine power besar 149 PS untuk mesin diesel sehingga mesinnya mantap untuk berbagai keperluan dan akselerasinya cepat.

Selain itu, radius putar 4,9 m untuk Standard grade membuat Hilux Rangga begitu lincah dan gesit dibawa kemana saja. Bukaan bak 1 dan 3 arah memudahkan bongkar muat barang dan bak berkapasitas besar. Ditambah lebih aman dengan kap mesin, serta kabin nyaman dengan posisi duduk yang ergonomis.

Hilux Rangga membuat pelanggan merasa tenang karena dilindungi jaringan servis dan spare part yang tersebar dimana-mana di seluruh Indonesia. Terdiri atas 312 bengkel resmi, 37 bengkel OtoXpert, lebih dari 1.000 part shop partner, juga bebas biaya jasa dan suku cadang hingga 6 bulan/10.000 km.


Back to top