24/05/2024
Persiapan Menuju Le Mans 24 Hours, TOYOTA GAZOO Racing Tampil Maksimal di Spa-Francorchamps 6 Jam
Persiapan Menuju Le Mans 24 Hours, TOYOTA GAZOO Racing Tampil Maksimal di Spa-Francorchamps 6 Jam
TOYOTA GAZOO Racing (TGR) tampil maksimal di ajang 6 Hours of Spa-Francorchamps yang menantang dan penuh drama untuk mendapatkan hasil yang solid di putaran ketiga World Endurance Championship (WEC) 2024 di Belgia.
Dalam balapan terakhir sebelum Le Mans 24 Hours, TGR berjuang melawan kontak dengan mobil lain, penalti, dan defisit performa untuk mengamankan poin dalam mempertahankan gelar juara dunia berkat upaya keras dari pembalap, engineer, dan mekanik.
Juara Dunia Sébastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa dengan GR010 HYBRID #8, finish di urutan keenam. Mike Conway, Kamui Kobayashi dan Nyck de Vries melanjutkan kemenangan mereka di Imola, memperoleh posisi ketujuh di GR010 HYBRID #7.
Meskipun hasil tersebut mengakhiri tujuh kemenangan beruntunnya di Spa, tim tetap kokoh dalam persaingan balap ketahanan dunia dengan berada di urutan kedua WEC dan hanya tertinggal 23 poin dari pemimpin klasemen.
Rekor 88.100 penonton akhir pekan datang ke Spa di hari yang hangat dan cerah untuk start saat 19 Hypercar berebut posisi sekitar lap pertama dengan beberapa insiden terjadi.
Sébastien menempati posisi keenam tetapi ditabrak mobil lain di tikungan pertama dan turun ke posisi kesembilan. Dia turun lebih jauh ke belakang karena penalti stop-go lima detik karena melebihi penggunaan energi yang diizinkan pada putaran formasi.
Mike membuat kemajuan dari peringkat 14 ke peringkat 12 dan mencoba menembus 10 besar.
Kedua mobil TGR hanya mengisi bahan bakar pada pit stop pertama yang membantu Mike naik ke posisi kedelapan. Dia berjuang untuk mempertahankan posisi tersebut di bawah tekanan dari rivalnya dengan ban baru, sebelum merosot ke posisi 10.
Tepat setelah 90 menit, kedua mobil memanfaatkan periode safety car untuk masuk pit untuk mengganti ban baru, sehingga kehilangan waktu lebih sedikit dibandingkan saat kondisi bendera hijau.
Setelah periode safety car yang panjang, Nyck kembali berada di posisi kesembilan, dan Ryo mengambil alih posisi ke-11. Kesenjangan dengan kelompok terdepan berkurang tetapi perolehan waktu itu hilang untuk #7 ketika turun ke posisi 15 menyusul penalti drive-through karena pelanggaran virtual safety car.
Nyck dan Ryo berjuang keras untuk mendapatkan posisi menjelang paruh kedua balapan dan terlibat dalam pertarungan empat mobil untuk posisi ketujuh di akhir jam keempat. Nyck menyalip Ryo untuk posisi kelima, hanya beberapa detik sebelum kecelakaan di tempat lain menyebabkan bendera merah selama dua jam untuk memperbaiki track barrier.
Balapan dilanjutkan dengan waktu tersisa satu jam 44 menit dan Kamui sempat menempati posisi ketiga setelah putaran berikutnya untuk mengisi bahan bakar sebelum kalah dari Ferrari. Memasuki satu jam terakhir, Kamui memberikan tekanan untuk podium dari posisi keempat, sementara Brendon mengincar posisi enam besar.
Selama setengah jam terakhir, Kamui tidak mampu mempertahankan posisi keempat saat dua rivalnya memanfaatkan keunggulan performa untuk melewatinya. Kamui kemudian mendapat penalti lima detik karena bersentuhan dengan mobil LMGT3.
Artinya, ketika dia melewati garis finish kurang dari dua detik di depan Brendon, GR010 HYBRID #8 diklasifikasikan finish di posisi keenam dan #7 di urutan ketujuh.
Fokus tim kini beralih ke laga puncak WEC yakni Le Mans 24 Hours yang legendaris. GR010 HYBRID spesifikasi 2024 akan memasuki Sirkuit de la Sarthe untuk pertama kalinya pada Minggu 9 Juni di sesi tes resmi, sebelum balapan pada 15-16 Juni.