New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.647.900.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_8491ELECTRIFIED

Power Split Device Sebagai Senjata Rahasia Mobil Hybrid Toyota, Minim Power Loss dan Tahan Lama, Sudah Dipatenkan oleh Toyota Global

Power Split Device Sebagai Senjata Rahasia Mobil Hybrid Toyota, Minim Power Loss dan Tahan Lama, Sudah Dipatenkan oleh Toyota Global

Salah satu keunggulan mobil hybrid Toyota adalah efisiensi mesin bensin yang sangat tinggi. Dengan semangat continuous improvement, Toyota mengambil pelajaran dari cara pelanggan di seluruh dunia ketika menggunakan mobil hybrid dalam mobilitasnya setiap hari.

Sebagai pengendali utama, Toyota Hybrid System (THS) terus berkembang hingga sekarang sudah memasuki generasi ke-5 pada Kijang Innova Zenix HEV. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi mesin supaya dapat menekan emisi semaksimal mungkin.

Rangkaian kerja Series Parallel Hybrid System Toyota terdiri atas: mesin bensin, motor listrik (MG1), generator listrik (MG2), Power Control Unit (PCU), dan Power Split Device (PSD) yang menggunakan girboks khusus dalam tugasnya membagi distribusi tenaga dari mesin bensin, motor listrik, dan generator listrik.

THS meningkatkan kolaborasi mesin bensin dan motor listrik dalam memperoleh efisiensi terbaik sehingga hemat BBM. Sepanjang kapasitas baterai hybrid masih memadai, sistem akan memaksimalkan operasional motor listrik, khususnya dalam kondisi stop and go di jalan perkotaan.

Power Split Device Sebagai Senjata Rahasia Mobil Hybrid Toyota

Dikutip dari Pressroom Toyota Indonesia, Power Split Device (PSD) adalah komponen penting yang mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan menghasilkan performa lebih baik. Dengan membagi dan mengalirkan tenaga antara mesin bensin dan motor listrik secara tepat, PSD membantu Toyota mencapai keunggulan teknologi hybrid.

Tenaga dari mesin bensin dan kedua generator listrik (MG1 dan MG2) dihubungkan oleh PSD. Komponen yang sekaligus bertindak sebagai transmisi ini, menggunakan girboks khusus dalam tugasnya membagi distribusi tenaga dari mesin bensin, motor listrik, dan generator listrik.

Ada sistem planetary gear di dalamnya yang menjaga supaya penyaluran tenaga dari berbagai sumber tersebut dapat berlangsung optimal dan tanpa jeda. Canggihnya sistem ini adalah tidak butuh campur tangan pengemudi dalam mengendalikannya.

Berbeda dengan sistem transmisi umumnya yang mengandalkan pelat kopling yang mudah aus atau torque converter yang berisi fluida, PSD memakai roda gigi yang dikenal ‘badak’ dan lebih sigap dalam menyalurkan tenaga. Ditambah kerugian mekanis yang lebih rendah.

Mekanismenya juga lebih awet dan tahan lama lantaran hanya mengandalkan roda gigi. Berbeda dengan CVT biasa yang masih mengandalkan sabuk baja, PSD tidak ada parts itu. Tidak ada pula deretan rasio gigi ala mobil matik biasa sehingga lebih kompak, efisien, dan minim perawatan.

Alhasil, tidak butuh penggantian parts seperti cairan transmisi atau pelat kopling. PSD hanya membutuhkan pelumas yang diganti secara berkala.

Toyota menyebutnya sebagai e-CVT, PSD mendistribusikan tenaga dengan pas dan sesuai skenario berkendara di jalan. Dengan penyaluran tenaga yang prima dari mesin bensin dan motor listrik yang minim power loss, konsumsi BBM menjadi sangat irit.

PSD Sudah Dipatenkan oleh Toyota Global

Karena PSD begitu berharga dan spesial, teknologi ini sudah dipatenkan oleh Toyota secara internasional. Ini alasan penting yang membuat mobil Hybrid Toyota unggul dibanding teknologi hybrid yang dikembangkan pabrikan dunia lainnya.

Hasilnya, efisiensi hybrid engine Toyota terus meningkat dari generasi ke generasi. Klaimnya, emisi mesin hybrid Toyota berkurang hingga 50% dari mesin konvesional dengan kapasitas yang sama. Pun dengan konsumsi bensin yang kian irit tanpa mengurangi performa di jalan. 

Hal tersebut dibuktikan dari pengujian beberapa media online. Seperti konsumsi bensin Yaris Cross HEV mencapai 31 km/liter berdasarkan pengujian media GridOto. Jauh lebih baik dari kebanyakan mobil non-hybrid yang berada di kisaran belasan km/liter.

Mobil hybrid Toyota yang memperoleh insentif PPnBM 3 persen adalah Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV tahun produksi 2025. Untuk informasi lebih lengkap, silakan sambangi dealer resmi Toyota terdekat atau browsing website Toyota Indonesia.


Back to top