New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4574TIPS

Sebab Dilarang Menyalip di Jalan Menanjak, Waspada Blind Spot dan Tenaga Mobil Kurang

Sebab Dilarang Menyalip di Jalan Menanjak, Waspada Blind Spot dan Tenaga Mobil Kurang

Mengemudi di jalan menanjak atau tanjakan membutuhkan ketenangan dan skill mengemudi yang memadai, khususnya di wilayah pegunungan dengan kontur jalan dinamis. Dikutip dari Kompas.com, tanjakan merupakan salah satu kondisi jalan yang kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Adanya titik buta di balik tanjakan menyebabkan Anda tidak tahu apa yang akan terjadi setelah mencapai ujung tanjakan. Maka dari itu, jalan menanjak biasanya sudah diberi rambu-rambu berupa petunjuk atau dari garis marka jalan tidak putus yang berarti dilarang mendahului.

Namun, masih ada pengguna jalan yang mengabaikan tanda serta risiko menyalip kendaraan di tanjakan. Di jalan lurus saja, Anda harus melakukan perhitungan matang sebelum mendahului, apalagi kalau harus menyalip di jalur tanjakan.

Anda bisa melihat adanya garis marka jalan lurus tidak terputus yang artinya dilarang untuk mendahului. Khususnya di lajur mendaki karena mobil membutuhkan tenaga besar untuk menanjak. Jelas berbahaya jika malah dipaksakan menyalip di tengah kebutuhan tenaga untuk melaju naik.

Selain itu, Anda akan memotong mobil di depan yang sedang menanjak saat dari arah berlawanan ada mobil lain. Hal ini akan mengganggu konsentrasi pengemudi mobil di depan dan membuatnya kehilangan momentum yang dapat berakhir gagal menanjak.

Anda wajib melihat kondisi arus lalu lintas kendaraan yang berjalan dari arah berlawanan. Bila tidak memungkinkan, sebaiknya menunggu hingga kondisi benar-benar aman yang ditandai dengan marka jalan garis putus-putus.

Bagaimana kalau ternyata marka jalan di tanjakan tersebut putus-putus?

Anda dibolehkan menyalip namun wajib memastikan tidak ada mobil dari arah atas yang melaju kencang dan tenaga mobil memadai untuk menanjak sekaligus menyalip. Perhitungkan pula muatan kendaraan, kalau full sebaiknya urungkan niat untuk mendahului meskipun memungkinkan.


Back to top