All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.407.300.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp615.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp369.900.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp239.700.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp292.900.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp809.800.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp945.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.300.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_3903GAZOO RACING

Sempurnakan GR010 HYBRID, TOYOTA GAZOO Racing Siap Cetak Rekor Baru di Edisi 100 Tahun Le Mans 24 Jam

Sempurnakan GR010 HYBRID, TOYOTA GAZOO Racing Siap Cetak Rekor Baru di Edisi 100 Tahun Le Mans 24 Jam

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) akan menjadi bagian dari sejarah balapan legendaris Le Mans 24 Jam untuk memecahkan rekor World Endurance Championship (WEC) di kelas bergengsi Hypercar. Mereka siap berlaga di depan penonton yang tiketnya sold out untuk edisi 100 tahun balap ketahanan paling terkenal di dunia pada 10-11 Juni 2023.

Setelah lima kemenangan Le Mans 24 Jam berturut-turut sejak 2018, TGR menargetkan gelar juara melawan 62 mobil balap, termasuk 16 Hypercar dari merek legendaris lainnya seperti Cadillac, Ferrari, Peugeot dan Porsche. Hanya dua pabrikan lain yang menang selama enam tahun berturut-turut di Le Mans; Ferrari dari tahun 1960 hingga 1965 dan Porsche dari tahun 1981 hingga 1987.

Balapan tahun ini lebih bergengsi dari sebelumnya, dengan 300.000 penggemar diharapkan hadir untuk balapan ulang tahun ke-100 dari gelaran yang dimulai pada tahun 1923 sebagai pameran teknologi otomotif terbaru dan telah memelopori inovasi terkait performa kendaraan di jalan raya sejak saat itu.

TOYOTA GAZOO Racing telah menjalankan awal yang luar biasa di ajang WEC 2023, berkat tiga kemenangan dari tiga balapan pembuka, terakhir podium satu-dua di Spa-Francorchamps 6 Jam. Dengan poin ganda yang ditawarkan, tim dapat mengambil langkah besar menuju gelar juara dunia kelima berturut-turut di Le Mans.

Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López dengan GR010 HYBRID #7, menjadi yang teratas di Spa pada bulan April lalu. Prestasi itu merupakan persiapan yang sempurna untuk Le Mans, di mana mereka mencari kemenangan kedua bersama-sama, menyusul kemenangan mereka di tahun 2021 di awal era Hypercar.

Sébastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa memenangkan Le Mans setahun yang lalu di GR010 HYBRID #8. Tim memasuki edisi 1 abad sebagai pemimpin Kejuaraan Dunia setelah berjuang kembali untuk finish kedua di Spa, meskipun harus memulai dari grid paling belakang.

Sébastien adalah pembalap tim TGR paling sukses di La Sarthe, dengan empat kemenangan atas namanya, sementara lima pole position Kamui telah berkontribusi pada rekor pole position enam kali berturut-turut yang menyamai rekor tim sejak 2017.

Tahun ini menandai partisipasi ke-25 Toyota di Le Mans sejak debutnya pada tahun 1985, dan yang ke-12 dengan kekuatan Hybrid. Kehadiran TGR didedikasikan untuk meningkatkan teknologi Hybrid dalam balap ketahanan, serta menciptakan ever-better cars bagi pelanggannya melalui motorsport.

Meskipun GR010 HYBRID memulai debutnya di Le Mans dua tahun lalu, mobil tersebut terus berevolusi sejak menjadi pemenang Hypercar pertama dan tiba di La Sarthe setelah pengembangan lebih lanjut selama musim dingin.

Powertrain Racing Hybrid berperforma tinggi yang terdiri dari mesin 3.500 cc 520 kW (707 PS) dan motor listrik 200 kW (272 PS), mendapatkan rombakan untuk mengurangi bobot dan meningkatkan keandalan dengan memanfaatkan pengetahuan unik yang diperoleh dari pengalaman lebih dari satu dekade dengan mesin Hybrid di Le Mans.

GR010 HYBRID spesifikasi 2023 yang ditenagai oleh 100% bahan bakar bio terbarukan, menampilkan peningkatan aerodinamika dan perubahan detail lainnya untuk memperkuat handling, performa, dan konsistensi di trek balap selama 24 jam.

Pembaruan tersebut telah divalidasi dalam kompetisi selama tiga balapan WEC pertama tahun 2023 yang berakhir positif. Tetapi, evolusi terbaru GR010 HYBRID akan melakukan uji coba pertamanya di Circuit de la Sarthe pada hari Minggu.

Sesi resmi dimulai dengan dua sesi latihan pada hari Rabu dan dilanjutkan sesi kualifikasi pertama. Nantinya 8 mobil tercepat dari setiap kelas akan maju ke babak Hyperpole selama 30 menit yang berlangsung pada hari Kamis pukul 8 malam CEST. Dua sesi latihan lebih lanjut menyelesaikan event pada hari Kamis.

Tim akan menghabiskan hari Jumat untuk membangun kembali dan mempersiapkan mobilnya sebelum putaran ke-91 Le Mans 24 Jam dimulai pada Sabtu 10 Juni pukul 16:00 CEST. Lomba akan berakhir 24 jam kemudian ketika bab baru ditambahkan ke sejarah dari ajang balap ketahanan paling bergengsi di dunia LeMans 24 Jam.

Sempurnakan GR010 HYBRID, TOYOTA GAZOO Racing Siap Cetak Rekor Baru di Edisi 100 Tahun Le Mans 24 JamSempurnakan GR010 HYBRID, TOYOTA GAZOO Racing Siap Cetak Rekor Baru di Edisi 100 Tahun Le Mans 24 JamSempurnakan GR010 HYBRID, TOYOTA GAZOO Racing Siap Cetak Rekor Baru di Edisi 100 Tahun Le Mans 24 Jam

 


Back to top