
30/08/2023
Servis Berkala 1 Bulan Pertama Setelah Beli Mobil Baru Toyota di GIIAS 2023, Banyak Untungnya
Servis Berkala 1 Bulan Pertama Setelah Beli Mobil Baru Toyota di GIIAS 2023, Banyak Untungnya
Setelah membeli mobil baru Toyota di GIIAS 2023, kamu wajib melakukan beberapa hal. Pertama adalah mempelajari buku manual kendaraan untuk kemudahan perawatan. Khusus kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota, kamu juga wajib mempelajari beberapa hal terkait baterai dan motor listrik.
Selanjutnya, kamu wajib menjalani servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama setelah pemakaian mengingat fungsinya yang penting dalam perawatan kendaraan. Servis berkala dapat dilakukan di bengkel resmi Toyota atau order layanan Toyota Mobile Service.
Sebab Servis Berkala 1 Bulan Pertama Penting
Servis berkala 1 bulan pertama memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu 1 bulan dari penyerahan. Servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama juga memastikan mobil baru dalam kondisi prima.
Karena dilakukan pengecekan seluruh komponen kendaraan, maka servis berkala ini merupakan deteksi dini kondisi mobil sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar. Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan kamu terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan.
Servis berkala 1 bulan pertama merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama warranty adalah rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota. Servis berkala 1 bulan pertama juga merupakan syarat disetujuinya program T-CARE.
Pemeriksaan pada Servis Berkala 1 Bulan Pertama
Bagian yang diperiksa meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC dan head unit. Inspeksi pindah ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.
Dilanjutkan pemeriksaan mesin meliputi oli mesin, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum. Setelah itu menuju sistem penggerak seperti transmisi dan kopling. Serta bagian sasis yakni fungsi shock absorber dan rem mobil.
Jika ada kerusakan, langsung dilakukan penggantian parts secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh pemilik mobil. Tidak ada biaya yang harus dibayar untuk pemeriksaan komprehensif tersebut.
Servis Berkala Semakin Mudah dengan Program T-CARE
Toyota menghadirkan program T-CARE dalam bentuk bebas biaya jasa (free labor) dan biaya suku cadang (free parts) sampai servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km). Ditambah keuntungan extended warranty 1 tahun / 20.000 km kalau pelanggan rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota.
Program T-CARE mulai berlaku untuk kendaraan tahun produksi 2022 dan unit yang di-delivery ke pelanggan mulai 1 Juli 2022. Program ini berlaku pada seluruh model kendaraan kecuali All New Agya, New Calya, Dyna, Transmover, Etios, dan Limo di seluruh bengkel resmi Toyota di Indonesia.
Keuntungan program T-CARE adalah gratis biaya servis berkala karena selama 3 tahun atau 60.000 km, kamu tidak perlu menyiapkan biaya servis berkala dan hanya biaya perbaikan mobil jika ada kerusakan. Program T-CARE juga memberikan peace of mind kepada pemilik xEV Toyota karena mendapatkan benefit yang sama.
Pemilik All New Agya dan New Calya mulai bulan Januari 2023, disediakan program T-CARE Lite yang merupakan program bebas biaya jasa (free labor) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km). Serta keuntungan extended warranty 1 tahun / 20.000 km kalau pelanggan rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota. Sedangkan All New Agya GR Sport tetap mendapatkan full benefit dari T-CARE.