24/07/2024
Spesifikasi Mesin dan Direct Automatic Transmission 8-speed New GR Yaris, Berikan Racing Feeling yang Sangat Kuat
Spesifikasi Mesin dan Direct Automatic Transmission 8-speed New GR Yaris, Berikan Racing Feeling yang Sangat Kuat
Merupakan simbol produk TOYOTA GAZOO Racing (TGR), GR Yaris lahir melalui visi menghadirkan ever-better motorsports-bred cars. TGR terus berkompetisi di berbagai ajang motorsport khususnya WRC dengan menggunakan GR Yaris sejak model tersebut diluncurkan pada September 2020.
GR Yaris dikembangkan menggunakan metode reverse engineering. Cara ini memungkinkan engineer Toyota untuk membangun kendaraan rally yang cocok untuk kebutuhan motorsport dan kemudian disesuaikan lebih lanjut untuk versi produksi massal supaya dapat dipakai setiap hari.
Di awal tahun 2024, New GR aris hadir secara global dan mulai dipasarkan di Indonesi di ajang GIIAS 2024. Berikut beberapa sentuhan engineer TGR pada bagian mesin salah satu GR Pure ini dikutip dari Global Newsroom Toyota.
Peningkatan Performa Mesin yang Luar Biasa
Di awal, GR Yaris menggunakan mesin 1.600 cc 3-silinder segaris turbo direct-injection, unit powerful yang ringan dan baru dikembangkan. Toyota meningkatkan performa melalui komponen yang ringan, serta mengoptimalkan turbocharger dan elemen lain dari sistem intake dan exhaust mesin.
Alhasil, GR Yaris mampu melontarkan tenaga 272 PS dan torsi berlimpah 370 Nm di berbagai tingkat kecepatan mesin, menjadikannya mesin kompak 3 silinder dengan tenaga terbesar. Dikombinasikan transmisi manual 6-speed iMT (Intelligent Manual Transmission), memungkinkan penggantian gigi secara sigap dan akurat.
Pada versi terbaru GR Yaris ini, TGR memperoleh celah pengembangan dengan memaksimalkan kembali kinerjanya. Komponen piston dibuat lebih ringan dan kuat, optimasi sistem D-4ST, dan operasional turbo yang lebih efektif sanggup mengail daya lebih kuat lagi.
Power-nya meningkat menyentuh angka 305 PS pada 6.500 rpm, sementara torsinya naik menjadi 400 Nm pada 3.250-4.600 rpm. Salah satu dapur pacu paling powerful di dunia ini berhasil memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, serta mampu beradaptasi dengan berbagai gaya mengemudi di berbagai kondisi jalan.
Newly Developed 8-speed GR Direct AT
Permasalahan yang terjadi di lingkungan ekstrem seperti reli memberikan peluang untuk mengembangkan GR Yaris. TGR mengasah GR Yaris melalui penyempurnaan terus-menerus, menelusuri penyebab masalah dengan menganalisa data, meninjau driving feeling, dan memeriksa kondisi fisiknya.
TGR mengembangkan GAZOO Racing Direct Automatic Transmission 8-speed untuk memberikan kenikmatan maksimal dari Sport Hatchback ini. Kinerjanya bisa memaksimalkan penggunaan di track karena shifting lebih cepat untuk memperluas pengguna GR Yaris ke non pembalap profesional.
Hasilnya adalah sebuah mobil yang dirancang agar banyak pengemudi dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih sporty dan pushing this car to the limit. Sehingga, tidak hanya pembalap tetapi juga pengemudi umumnya dapat menikmati keandalan transmisi pintar ini.
Software kontrol transmisi otomatis dioptimalkan untuk berkendara sporty. Meskipun perpindahan gigi bergantung pada sensor kendaraan seperti deselerasi, g-force, kecepatan, dan lain-lain, perangkat lunak yang dioptimalkan secara cermat mampu mendeteksi cara pengemudi menginjak pedal gas dan rem.
Sistem ini mengantisipasi kapan perpindahan gigi diperlukan, bahkan sebelum perubahan perilaku kendaraan terjadi, untuk selanjutnya mewujudkan pemilihan gigi yang mencerminkan keinginan pengemudi. Karakter yang didapat mengarah pada cara pengemudi profesional memindahkan gigi yang cekatan dan presisi.
Transmisi pintar ini dites oleh TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team di berbagai lintasan balap, serta peserta TGR Rally Challenge supaya memperoleh masukan berharga. Toyota juga mengujinya di jalan yang tertutup salju di Finlandia, serta dites oleh pereli profesional yang berkompetisi di Rally Jepang.
Penggunaan material gesekan yang sangat tahan panas pada kopling dan penyempurnaan perangkat lunak kontrol transmisi telah menghasilkan kecepatan perpindahan gigi kelas dunia. Aplikasi close-ratio gears berfungsi memaksimalkan power di setiap rentang RPM.
Sistem 4WD GR-FOUR
Sistem 4WD GR-FOUR yang baru dikembangkan, menggunakan sistem penggerak depan dan belakang variabel yang diaktifkan oleh kopling multi-pelat. Sistem ini membuat New GR Yaris sanggup mentransfer daya mesin ke empat roda dengan friksi minimal namun daya maksimal secara independen.
Pembagian distribusi tenaga roda depan dan belakang dilakukan berdasarkan kebutuhan masing-masing roda sehingga memungkinkan kontrol optimal yang sesuai dengan berbagai kondisi jalan. Aplikasi Limited Slip Differential memastikan kinerja yang optimal ketika manuver di tikungan.
Drive Mode Select Meningkatkan Kenikmatan Berkendara
Selain pemilihan mode 4WD, mode berkendara baru juga tersedia untuk berkendara sporty dan mobilitas sehari-hari. Sistemnya sanggup mengatur karakter Electric Power Steering beserta respons throttle dan transmisi sehingga pengemudi dapat merasakan pengalaman berkendara yang memacu adrenalin.
Power steering elektrik, AC, dan mesin dapat diatur sesuai preferensi pengguna dan karakteristik berkendara dimana mobil tersebut akan digunakan. Termasuk pula tampilan pada display panel instrumen yang memberikan gairah tersendiri dan menonjolkan nuansa fun to drive.
Circuit Mode Untuk Berkendara di Sirkuit Balap
Berkendara di sirkuit bisa dinikmati dengan fitur-fitur yang menonjolkan potensi GR Yaris, termasuk kontrol anti-lag dan pengaturan batas kecepatan saat memasuki area paddock. Circuit Mode dapat diaktifkan berpatokan pada lokasi GPS. Selain itu, setiap fungsi dapat dikustomisasi menggunakan aplikasi smartphone.
Toyota resmi membuka keran pemesanan New GR Yaris secara regular di Indonesia. Harga New GR Yaris OTR Jakarta adalah Rp 1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp 1,198 miliar untuk transmisi otomatis. Ada tambahan 1 warna baru yaitu Precious Metal menemani warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red.
Informasi lebih lengkap dapat dilihat di website Toyota Indonesia.
Spesifikasi Teknis New GR Yaris
Panjang x Lebar x Tinggi : 3.995 x 1.805 x 1.455 mm
Wheelbase : 2.560 mm
Berat : 1.280 kg (MT) & 1.300 kg (AT)
Kapasitas mesin : 1.618 cc 3-silinder
Tenaga maksimum : 305 PS pada 6.500 rpm
Torsi maksimum : 400 Nm pada
Transmission : 6-speed manual iMT & 8-speed GAZOO Racing Direct AT
Sistem penggerak : 4WD
Differential : GR-FOUR Sports 4WD system, Torsen® limited-slip differential x 2 (front, rear) + Electronically controlled multi-plate clutch center differential / 4WD
Mode berkendara : NORMAL / SPORT / ECO / CIRCUIT
Suspensi : MacPherson Strut / Double wishbone (depan/belakang)
Rem : Ventilated disc 18 inch 4 pot calipers / Ventilated disc 16 inch 2 pot calipers (depan/belakang)
Velg : BBS forged aluminum wheels 8J inset 45 mm
Ban : 225/40ZR18 / 225/40ZR18 (depan/belakang)