
17/06/2025
Urusan Perawatan Mobil Hybrid Toyota Itu Mudah, Berikut Daftar Layanan Aftersales Bengkel Resmi Toyota yang Bisa Dimanfaatkan, Plus Dukungan Suku Cadang Asli
Urusan Perawatan Mobil Hybrid Toyota Itu Mudah, Berikut Daftar Layanan Aftersales Bengkel Resmi Toyota yang Bisa Dimanfaatkan, Plus Dukungan Suku Cadang Asli
Memasuki tahun 2025, Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan perubahan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), termasuk untuk kendaraan bermotor. Insentif khusus diberikan untuk mobil hybrid sehingga pelanggan mendapatkan peluang membelinya dengan harga lebih terjangkau.
Mobil hybrid Toyota yang memperoleh insentif PPnBM 3 persen adalah Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV tahun produksi 2025. Ke depan, diharapkan stimulus yang diberikan lebih besar lagi mengingat keandalan HEV dalam menekan emisi.
Selain harga yang makin bersaing, keandalan lain mobil hybrid Toyota adalah urusan layanan pascapembelian atau aftersales. Seperti diketahui, setiap kendaraan termasuk hybrid membutuhkan perawatan berkala supaya selalu dalam kondisi optimal.
Dijelaskan oleh Aftersales Toyota Indonesia, layanan pascapembelian mobil baru Toyota dengan kualitas servis terjamin karena kendaraan akan ditangani oleh teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat. Termasuk menggunakan Toyota Genuine Parts yang mengedepankan kualitas dan telah dirancang sesuai spesifikasi dan kebutuhan kendaraan.
Layanan aftersales memberikan perawatan dan perbaikan mobil secara menyeluruh dan terpercaya, termasuk mobil hybrid Toyota. Secara garis besar ada 3 layanan bengkel resmi Toyota: General Repair (GR), Body & Paint (BP), Toyota Mobile Service (TMS), dan Express Maintenance (EM).
1. General Repair
General Repair (GR) merupakan layanan servis berkualitas prima agar mobil hybrid Toyota selalu optimal. Layanan general repair atau perbaikan umum, adalah layanan purna jual dari Toyota yang mencakup berbagai jenis perbaikan dan perawatan kendaraan, termasuk servis berkala dan perbaikan yang lebih mendalam.
Baik servis berkala ataupun perbaikan, kendaraan akan ditangani oleh teknisi berpengalaman dan bersertifikat, serta menggunakan suku cadang asli Toyota. Selama proses servis, para teknisi didukung dengan peralatan yang lengkap dan modern sesuai standar kualitas Toyota.
Karena kepuasan Anda adalah prioritas Toyota, masalah pada kendaraan akan didiagnosa oleh master technician dan ditunjang oleh special tools untuk menyelesaikan setiap permasalahan kendaraan Anda dengan tepat dan akurat dengan jaminan hasil perbaikan (warranty).
2. Body & Paint
Namanya juga di jalan, ada risiko mobil hybrid Toyota milik Anda mengalami serempetan dengan kendaraan lain. Solusinya, tersedia layanan Body & Paint (BP) profesional untuk membantu menjaga tampilan mobil tetap menawan. Dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan cat berkualitas tinggi, dipastikan hasil yang presisi dan tahan lama.
Proses pengecatan dilakukan dengan cermat, mulai dari persiapan bodi hingga finishing, untuk hasil yang memuaskan dan memberikan perlindungan maksimal. Dengan dukungan peralatan modern dan metode pengecatan terkini, mobil hybrid Toyota akan kembali tampil elegan dan siap menghadapi berbagai kondisi cuaca.
Keunggulan fasilitas perbaikan bodi dan cat Toyota:
1. Fasilitas bengkel dan tools yang lengkap untuk menunjang kualitas perbaikan.
2. Estimasi waktu dan biaya yang akurat serta transparan.
3. Teknisi yang telah tersertifikasi oleh Toyota Astra Motor.
4. Jaminan suku cadang orisinal dari Toyota.
5. Penggunaan material perbaikan dan cat sesuai standar.
6. Garansi hasil perbaikan bodi dan cat.
3. Toyota Mobile Service
Toyota Mobile Service (TMS) adalah layanan perawatan dan perbaikan mobil Toyota yang siap mengunjungi Anda. Padatnya pekerjaan dan tuntutan mobilitas keseharian, terkadang menyebabkan pelanggan tidak sempat meluangkan waktu untuk melakukan servis di bengkel resmi Toyota.
Jangan biarkan mobil hybrid Toyota Anda tidak terawat karena dapat menyebabkan penurunan performa kendaraan dan mesin tidak bekerja secara optimal. Selain tentunya risiko kerusakan lebih parah yang makin mempersulit di jalan dan butuh biaya perbaikan.
Toyota menghadirkan layanan Toyota Mobile Service (TMS) untuk memberikan kemudahan servis berkala dan perbaikan ringan seperti penggantian aki, wiper, brake pad, v-belt, dan lampu, di lokasi dan waktu yang Anda inginkan, seperti di rumah ataupun di kantor.
Tidak hanya kemudahan waktu dan lokasi, kualitas pengerjaan TMS terjamin sama baiknya dengan pengerjaan di bengkel Toyota tanpa adanya biaya tambahan.
4. Express Maintenance
Jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk servis berkala Toyota, tidak perlu lagi khawatir harus menunggu lama. Gunakan layanan Express Maintenance (EM) di bengkel resmi Toyota, yaitu servis cepat (60 menit) yang dikerjakan lebih dari 1 teknisi.
Selain cepat, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dan Toyota menjamin kualitas layanan EM seperti halnya servis regular di fasilitas GR. Untuk mendapatkan layanan ini, Anda dapat melakukan booking servis terlebih dahulu di bengkel resmi Toyota yang telah memiliki fasilitas EM.
5. Jaminan Suku Cadang Asli Toyota
Spare part mobil hybrid Toyota di bengkel resmi bukanlah sparepart biasa. Komponen ini dirancang dan diproduksi sesuai kebutuhan mobil Toyota dan spesifikasi teknisnya. Hal ini menjamin kesesuaian spare part dengan mobil, sehingga performa mesin, handling, dan keselamatan terjaga optimal.
Tersedia jaminan ketersediaan parts, baik slow moving maupun fast moving. Toyota memiliki jaringan distribusi yang luas dan stok suku cadang yang lengkap, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir kesulitan memperoleh suku cadang.
Setiap parts mobil hybrid Toyota dilengkapi garansi resmi sebagai jaminan bahwa sparepart tersebut telah melalui proses quality control yang ketat dan memenuhi standar kualitas Toyota. Jika dalam masa garansi mengalami kerusakan, Anda akan mendapatkan penggantian atau perbaikan gratis.
Penggunaan suku cadang asli Toyota dapat meningkatkan nilai jual mobil bekas hybrid Toyota. Calon pembeli potensial akan lebih percaya dengan mobil yang menggunakan suku cadang asli pabrikan. Mereka yakin bahwa mobil tersebut terawat dengan baik dan memiliki performa yang optimal.