
Technology
19 Jun 2020
10 Keunggulan Mesin Legendaris 2JZ-GTE Yang Dipakai Oleh Toyota Supra A80
10 Keunggulan Mesin Legendaris 2JZ-GTE Yang Dipakai Oleh Toyota Supra A80
By santo
Mesin 2JZ-GTE merupakan mesin yang dipakai Supra dan beberapa mobil Toyota lainnya.
Di dunia balap, dalam maupun luar negeri, mesin ini sangat terkenal meskipun faktanya mesin ini sudah tua, kira – kira 26 tahun sejak pertama kali diluncurkan.
Namun mengapa mesin ini masih menjadi pilihan bagi sebagian kalangan untuk menunjang kegiatan balapnya?
1. Sangat Kuat
Blok mesin dari 2JZ-GTE sangatlah solid dan kokoh.
Material blok mesin yang sangat tebal membuatnya tahan menerima ledakan tenaga dari piston yang sudah dimodifikasi hingga 1.000 hp sekalipun. A
tas dasar itu mesin ini dapat disebut sebagai mesin yang ‘antipeluru’.
2. Mudah Naik Jadi 700 Dk
Meskipun standar pabrikan merekomendasi maksimal di 320 dk, namun nyatanya modifikasi hingga 700 dk tidak membuatnya rentan jebol.
Turbo, Intercooler, External Wastegate, High-Flow Pump dan modifikasi ECU-lah yang harus diubah tanpa harus merombak jeroan mesin lebih lanjut.
3. Tembus 2.000 Dk
Jangan salah, 2000 hp juga bisa dihasilkan mesin legendaris ini, namun kamu butuh turbo dan camshaft yang lebih besar, port and polish, pompa BBM yang lebih kuat dan sejumlah perubahan mayor lainnya.
Salah satu Supra 2.000 dk yang cukup terkenal ada di Qatar milik Al Anabi Performance.
Menurut pemiliknya, ia mengganti turbo raksasa berukuran 98 mm dengan tekanan 85 Psi (setara 5.8 Bar).
4. Internal Overkill
Jeroan dari 2JZ-GTE ini pada dasarnya sudah heavy-duty dimulai dari piston, blok mesin, serta bagian pendukung lainnya.
Jadi kamu tidak perlu swap engine secara keseluruhan maupun sebagian, cukup gunakan jeroan aslinya yang sudah badak.
Tercatat banyak sekali modifikator di seluruh dunia yang mencari mesin bekas 2JZ meskipun umurnya sudah tidak muda lagi.
5. Perfection in detail
Sepertinya Toyota ingin sekali mempertahankan mesin ini, setidaknya dalam kurun waktu 10 tahun sejak diluncurkan.
Terdapat fitur pada ruang mesinnya yakni mekanis penyemprot oli dari dinding silinder, fitur ini akan bekerja pada saat rpm tinggi dan hal ini bertujuan untuk mendinginkan piston.
Sampai hal detail seperti itu dipikirkan untuk mesin ini, apakah itu salah satu faktor yang membuat mesin ini awet sekali?
6. Square Cylinders
Banyak dari pabrikan yang memikirkan betul geometri dari mesinnya dan teruntuk 2JZ-GTE bore x stroke yang berukuran sama membuatnya memiliki bentuk ruang bakar yang kompak dan efisien dalam segi arsitektur mesin.
7. Perfect Balance
Mesin inline 6 silinder memungkinkan pergerakan angular yang lebih setara ketimbang V-engine karena vektor gaya yang berbeda sudut.
Hal ini membuat distribusi massa akibat ledakan saat terjadi pembakaran dapat lebih baik.
Susunan kubikasi yang besar, silinder sebanyak 6 dan konfigurasi segaris membuat mesin ini dapat berputar semakin halus saat digeber di putaran tinggi.
8. Bebas Gangguan Katup
Desain dari bukaan katup dan piston 2JZ-GTE sendiri memakai sistem no-interference.
Posisi ini menguntungkan karena bila kamu lupa mengganti timing belt dan akhirnya putus, mesin tidak akan rusak karena rancang mesin memungkinkan tidak adanya kontak pada katup dan piston.
Posisi terendah katup dan TMA (titik mati atas) piston tidak akan bertemu.
Dengan kata lain mau seburuk apapun maintenance kamu, desain dari mesin masih mendukung untuk tidak terjadi kerusakan.
9. Suku Cadang Original Tahan Banting
Timing belt dari 2JZ-GTE sendiri tidak akan slip selama kamu melakukan penggantian berkala sesuai anjuran Toyota.
Sementara itu oil pumps dan cooling system juga masih sanggup menahan 1.000 dk dalam keadaan standar.
10. Sequential Turbo
Standar dari turbo 2JZ-GTE adalah sepasang Turbo dari Hitachi yang bekerja secara sequential.
Turbo dengan skema kerja tekanan rendah akan bekerja di putaran bawah sedangkan mekanis untuk memainkan boost yang lebih tinggi akan bekerja saat putaran mulai tinggi.