• Vehicles
  • Shopping Tools
  • After Sales
  • Others
Vehicles
MPV
Starting at
Rp 1.115.200.000
Starting at
Rp 1.284.050.000
Starting at
Rp 326.400.000
Starting at
Rp 146.190.000
Starting at
Rp 187.600.000
Starting at
Rp 260.100.000
Starting at
Rp 510.850.000
Sedan
Starting at
Rp 254.100.000
Starting at
Rp 594.600.000
SUV
Starting at
Rp 245.500.000
Starting at
Rp 517.300.000
Starting at
Rp 2.219.550.000
Hybrid
Hatchback
Starting at
Rp 262.500.000
Starting at
Rp 144.900.000
Commercial
Starting at
Rp 251.700.000
Starting at
Rp 323.650.000
Sport
Starting at
Unavailable
Starting at
Rp 2.013.820.000
Starting at
Rp 830.000.000

Automotive

Arti Bulatan Warna Kuning dan Merah pada Dinding Ban Mobil

By salsa

Sebagai satu-satu komponen penting pada mobil, ban memiliki banyak informasi yang dipasang di dindingnya.

Seperti catatan ukuran ban agar kamu paham saat ingin menggantinya dengan yang baru. 

Informasi lain yang terbilang unik adalah adanya bulatan berwarna kuning dan merah yang dilekatkan di dinding ban. 

Tanda ini terlihat jelas lantaran ban berwarna hitam dan tanda tersebut berwarna cerah.

Setiap pabrikan ban bisa saja warnanya berbeda, tapi umumnya dua warna tadi.

Lalu apa sebenarnya arti dari bulatan berwarna kuning dan merah ini?

Bulatan Berwarna Kuning

Bulatan berwarna kuning menandakan titik paling ringan yang ada di ban mobil kamu.

Pertama untuk bulatan kuning bertujuan ketika memasang pelek ke ban, titik paling ringan yang ada di ban disesuaikan dengan titik terberat yang ada di pelek. 

Biasanya titik terberat di pelek juga diberi tanda berupa dot atau bulatan berwarna. 

Atau disejajarkan dengan posisi pentil pada pelek jika posisi paling berat pada ban ada di pentil. 

Jika sudah sesuai, penyesuaian ini akan meminimalkan pemakaian timah balance saat roda di-balance.

Bulatan Berwarna Merah

Sedangkan bulatan berwarna merah menandakan nilai Radial Force Vibration (RFV) yang paling tinggi.

Posisi bulatan berwarna merah ini akan disesuaikan dengan run out dari pelek yang paling rendah ketika dipasang.

Run out adalah tingkat kebulatan benda yang bulat karena proses manufaktur tidak akan menghasilkan benda yang bulat sempurna.

Semakin kecil nilai run out, makin bulat sempurna kebulatan benda yang dimaksud dan berarti kian minim getarannya.

Pemasangan ini akan menghasilkan kebulatan ban yang optimum dan efek vibrasi bisa diminimalkan.

Privacy Policy | Legal Cookie | Contact Us
©2020 Toyota Astra Motor
All information applies to Indonesia vehicles only