• Vehicles
  • Shopping Tools
  • After Sales
  • Others
Vehicles
MPV
Starting at
Rp 1.115.200.000
Starting at
Rp 1.284.050.000
Starting at
Rp 326.400.000
Starting at
Rp 146.190.000
Starting at
Rp 187.600.000
Starting at
Rp 260.100.000
Starting at
Rp 510.850.000
Sedan
Starting at
Rp 254.100.000
Starting at
Rp 594.600.000
SUV
Starting at
Rp 245.500.000
Starting at
Rp 517.300.000
Starting at
Rp 2.219.550.000
Hybrid
Hatchback
Starting at
Rp 262.500.000
Starting at
Rp 144.900.000
Commercial
Starting at
Rp 251.700.000
Starting at
Rp 323.650.000
Sport
Starting at
Unavailable
Starting at
Rp 2.013.820.000
Starting at
Rp 830.000.000

Tips

Belajar Paham Spooring dan Balancing Untuk Menjaga Performa Ban, Setir, dan Suspensi Mobil

By salsa

Kamu disarankan untuk melakukan spooring dan balancing untuk menjaga kinerja ban mobil karena merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. 

Tugas ban dibantu oleh sistem kemudi yang mengatur pergerakan ban di jalan, satu paket dengan sistem suspensi yang bertugas meredam guncangan.

Sinergi antara ban dan komponen di kolong mobil yang membuat kamu merasa nyaman saat berkendara, termasuk ketika mengendalikan mobil.

Supaya ban atau roda mobil tetap dapat bertugas dengan baik, ada proses revitalisasi yang disebut dengan spooring dan balancing. 

Arti Spooring dan Balancing

Spooring adalah proses pelurusan kembali sudut geometri empat roda mobil seperti setelan awal sesuai ketentuan pabrikan. 

Roda yang selaras membuat kaki-kaki mobil dapat bekerja dengan baik sehingga mobil mudah dikendalikan dan nyaman di jalan.

Sedangkan balancing menyeimbangkan keempat roda agar putarannya menjadi seimbang. 

Ini membuat ban mobil dapat berputar dengan baik dan menjaga kenyamanan penumpang.

Tanda Mobil Butuh Spooring

Tanda-tanda mobil harus di-spooring seperti terasa sulit saat dikendalikan dan hampa saat manuver. 

Gerakan setir seperti tidak terkoneksi dengan ban depan dan ban cukup liar saat terantuk lubang. 

Tanda lain yang kasat mata adalah keausan ban yang tidak merata, hanya disalah sisi luar atau dalam saja,

Untuk ini kamu juga mesti cek suspensi mobil karena bisa jadi shock absorber bermasalah sehingga tidak mampu bekerja dengan baik. 

Termasuk pula komponen setir yang pegang peran mengendalikan laju mobil.

Paling gampang, lepaskan kemudi saat kecepatan sekitar 40-60 km/jam. 

Jika kemudi menarik ke satu sisi, artinya mobil butuh spooring alias dikalibrasi ulang keselarasan kaki-kakinya.

Tanda Mobil Butuh Balancing

Balancing dibutuhkan agar ban tetap dapat berputar sempurna tanpa vibrasi karena vibrasi akibat ban tidak balans bisa mengurangi kenyamanan dan kestabilan ban.

Tanda paling mudah ketika ban butuh balancing adalah getaran ban di kecepatan tertentu yang hilang saat kecepatan ditambah atau dikurangi. 

Tapi untuk amannya, lakukan balancing ketika kamu melakukan spooring.

Keuntungan Spooring dan Balancing

Selain membuat mobil terasa stabil dan nyaman, kedua proses di atas juga bisa menjaga usia ban dan komponen kaki-kaki. 

Keausan telapak ban juga dapat terdistribusi rata.

Roda yang baik sudut keselarasannya membuat ban lebih mudah saat menggelinding dan secara tidak langsung bakal menghemat konsumsi bensin.

Yang tidak kalah penting, ketika proses spooring dan balancing, kamu juga bisa sekaligus melakukan pengecekan dan perawatan komponen setir dan suspensi karena semuanya merupakan satu paket komponen dimana kinerjanya saling mempengaruhi.

Roda yang dapat dikendalikan dengan baik membuat kamu merasa tenang ketika mengemudi dan mereduksi risiko kecelakaan.

Serahkan tugas spooring dan balancing pada bengkel resmi Toyota untuk memperoleh hasil yang optimal.

Privacy Policy | Legal Cookie | Contact Us
©2020 Toyota Astra Motor
All information applies to Indonesia vehicles only