New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1069

Belajar Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga Mesin

Belajar Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga Mesin

Pada data spesifikasi mobil di brosur, atau membaca pemberitaan otomotif, kamu akan menemukan istilah tenaga dan torsi.

Keduanya digunakan untuk menggambarkan kemampuan dari mesin kendaraan.

Naik turun torsi masih bisa dimanipulasi atau diubah oleh girboks, sedangkan besaran tenaga murni dari hasil kinerja mesin.

Torsi bisa semakin melonjak berdasarkan hitungan gigi rasio pada transmisi.

Misalnya torsi sebesar 50 Nm dengan angka perbandingan gigi rasio transmisi 3,0, maka dihasilkan torsi 150 Nm atau tiga kali lipat dari torsi awal dari mesin.

Ternyata, semakin besar tenaga berdampak pada waktu akselerasi yang makin singkat karena torsi puncak berdampak pada kemampuan maksimal saat akselerasi.

Inilah yang dirasakan oleh pengemudi yang semakin terdorong mundur ke sandaran kursi saat menginjak gas.

Beda Torsi dan Tenaga

Agar mudah memahaminya, tenaga adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi).

Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai bergerak

Mesin dengan torsi besar cocok untuk mobil yang butuh tenaga besar saat mulai bergerak, seperti mobil barang dengan muatan penuh.

Torsi besar yang dihasilkan cukup untuk membuat mobil bergerak di jalan.

Kendalanya adalah, mobil dengan torsi besar umumnya punya putaran mesin yang terbatas.

Alhasil untuk urusan akselerasi yang lebih panjang dan cepat, mobil dengan torsi besar akan kehabisan nafas.

Apalagi biasanya untuk memperkuat torsi, rasio gigi transmisi juga diperbesar.

Ini membuat mesin cepat kehabisan momentum tenaga dan mengharuskan transmisi untuk segera pindah gigi.

Di lain pihak, mesin yang mengutamakan tenaga pasti punya akeselerasi lebih kuat karena putaran mesin yang lebih tinggi dan beban yang dipikul tidak seberat mesin bertorsi besar.

Di awal start, bisa saja mesin bertorsi besar mengimbangi, namun saat mulai pindah ke gigi lebih tinggi, mesin dengan tenaga lebih besar akan semakin cepat karena bisa menjaga momen putaran mesin tetap tinggi.


Back to top