All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1115

Cara Pegang Setir Mobil Yang Benar Untuk Mencegah Kecelakaan di Jalan

Cara Pegang Setir Mobil Yang Benar Untuk Mencegah Kecelakaan di Jalan

Mengapa teknik pegang setir yang benar jadi krusial?

Memegang setir dengan baik dan benar merupakan salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat sedang mengemudikan mobil.

Mungkin banyak pengendara yang menyepelekan bahwa cara memegang setir ternyata bisa berpengaruh terhadap kecelakaan.

Kemudi merupakan pengendali arah mobil kamu.

Kalau kamu sigap mengendalikan kemudi, maka risiko celaka juga berkurang.

Contoh, ketika di depan ada kecelakaan dan kamu harus melakukan manuver menghindar.

Atau tiba-tiba ada orang menyeberang jalan.

Jika cara memegang kemudi kamu tidak tepat, sulit untuk melakukannya dengan cepat.

Bahkan di beberapa kasus malah bikin masalah baru dan membuat celaka.

Padahal bisa saja itu menentukan hidup dan mati kamu.

Lantas, seperti apa cara memegang setir yang benar?

Atur Posisi Duduk

Cari posisi duduk yang paling nyaman namun tanpa mengurangi kesigapan kamu dalam mengolah kemudi.

Cari semua setingan di kursi mulai dari headrest, kursi, kaca spion disesuaikan dengan ketinggian, dan juga menyesuaikan ketinggian setir.

Setelah merasa benar-benar nyaman pastikan juga kamu bisa melihat spion samping kanan kiri dan spion tengah bisa melihat pandangan di belakang untuk menghindari blind spot.

Arah Jam 9 dan Jam 3

Masuk ke menu utama, teknik memegang setir yang benar disarankan adalah seperti arah jam 9 dan jam 3.

Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3.

Posisi tersebut dianggap yang paling fleksibel dibanding posisi arah jam 10 dan jam 2 dan lebih mumpuni jika dibutuhkan kesigapan dalam bermanuver.

Posisi jam 10 dan jam 2 tak lagi disarankan karena bisa berbahaya bagi pengendara yang memiliki setir mobil berukuran kecil dilengkapi dengan airbags.

Posisi jam 9 dan jam 3 menjaga tangan pengendara agar tetap pada posisi yang benar dan mudah untuk mengendalikan setir dan mereduksi reduksi terkena airbag saat mengembang.

Sudut Tangan 120 Derajat

Selain itu, tangan kamu juga harus punya keleluasaan bergerak.

Parameternya adalah tangan ditekuk sekitar 120 derajat saat memegang setir.

Metode lain untuk mengukur adalah dengan meletakkan tumit tangan di sisi paling atas batang kemudi.

Badan kamu harus tetap menempel pada sandaran bangku dan tidak bergerak maju.

Kalau masih maju, artinya kamu harus lebih menegakkan sandaran atau memajukan kursi sopir.

Cara Memegang Setir

Usahakan tidak memegang setir dengan posisi menggenggam atau seperti tangan mengepal.

Buka jari jempol ke arah atas setir.

Selain membuat kamu merasa rileks, ini juga membuat kamu lebih mudah saat memutar setir dan mereduksi risiko cidera saat setir berputar sendiri.

Setelah itu, cobalah untuk memutar setir ke kanan dan ke kiri.

Apakah kemudi dapat bergerak optimal tanpa membuat tangan kamu kesulitan.

Cobalah untuk mengoperasikan tuas transmisi dan tuas rem parkir.

Adakah kesulitan seperti terlalu jauh saat digapai?

Jika ya, berarti kamu harus mengulang semua proses di atas sampai mendapatkan posisi memegang setir yang pas agar dapat mengendalikan mobil dengan sigap dan cekatan, namun tetap nyaman di jalan.


Back to top