
Travel
21 May 2020
Cara Pegang Setir Mobil Yang Benar Untuk Mencegah Kecelakaan di Jalan
Cara Pegang Setir Mobil Yang Benar Untuk Mencegah Kecelakaan di Jalan
By IndriTraveller
Mengapa teknik pegang setir yang benar jadi krusial?
Memegang setir dengan baik dan benar merupakan salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat sedang mengemudikan mobil.
Mungkin banyak pengendara yang menyepelekan bahwa cara memegang setir ternyata bisa berpengaruh terhadap kecelakaan.
Kemudi merupakan pengendali arah mobil kamu.
Kalau kamu sigap mengendalikan kemudi, maka risiko celaka juga berkurang.
Contoh, ketika di depan ada kecelakaan dan kamu harus melakukan manuver menghindar.
Atau tiba-tiba ada orang menyeberang jalan.
Jika cara memegang kemudi kamu tidak tepat, sulit untuk melakukannya dengan cepat.
Bahkan di beberapa kasus malah bikin masalah baru dan membuat celaka.
Padahal bisa saja itu menentukan hidup dan mati kamu.
Lantas, seperti apa cara memegang setir yang benar?
Atur Posisi Duduk
Cari posisi duduk yang paling nyaman namun tanpa mengurangi kesigapan kamu dalam mengolah kemudi.
Cari semua setingan di kursi mulai dari headrest, kursi, kaca spion disesuaikan dengan ketinggian, dan juga menyesuaikan ketinggian setir.
Setelah merasa benar-benar nyaman pastikan juga kamu bisa melihat spion samping kanan kiri dan spion tengah bisa melihat pandangan di belakang untuk menghindari blind spot.
Arah Jam 9 dan Jam 3
Masuk ke menu utama, teknik memegang setir yang benar disarankan adalah seperti arah jam 9 dan jam 3.
Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3.
Posisi tersebut dianggap yang paling fleksibel dibanding posisi arah jam 10 dan jam 2 dan lebih mumpuni jika dibutuhkan kesigapan dalam bermanuver.
Posisi jam 10 dan jam 2 tak lagi disarankan karena bisa berbahaya bagi pengendara yang memiliki setir mobil berukuran kecil dilengkapi dengan airbags.
Posisi jam 9 dan jam 3 menjaga tangan pengendara agar tetap pada posisi yang benar dan mudah untuk mengendalikan setir dan mereduksi reduksi terkena airbag saat mengembang.
Sudut Tangan 120 Derajat
Selain itu, tangan kamu juga harus punya keleluasaan bergerak.
Parameternya adalah tangan ditekuk sekitar 120 derajat saat memegang setir.
Metode lain untuk mengukur adalah dengan meletakkan tumit tangan di sisi paling atas batang kemudi.
Badan kamu harus tetap menempel pada sandaran bangku dan tidak bergerak maju.
Kalau masih maju, artinya kamu harus lebih menegakkan sandaran atau memajukan kursi sopir.
Cara Memegang Setir
Usahakan tidak memegang setir dengan posisi menggenggam atau seperti tangan mengepal.
Buka jari jempol ke arah atas setir.
Selain membuat kamu merasa rileks, ini juga membuat kamu lebih mudah saat memutar setir dan mereduksi risiko cidera saat setir berputar sendiri.
Setelah itu, cobalah untuk memutar setir ke kanan dan ke kiri.
Apakah kemudi dapat bergerak optimal tanpa membuat tangan kamu kesulitan.
Cobalah untuk mengoperasikan tuas transmisi dan tuas rem parkir.
Adakah kesulitan seperti terlalu jauh saat digapai?
Jika ya, berarti kamu harus mengulang semua proses di atas sampai mendapatkan posisi memegang setir yang pas agar dapat mengendalikan mobil dengan sigap dan cekatan, namun tetap nyaman di jalan.