ELECTRIFIED
MPV
Card image cap
New Calya

Starting From
Rp164.700.000

Find Out More
Card image cap
All New Voxy

Starting From
Rp592.700.000

Find Out More
Card image cap
All New Veloz

Starting From
Rp288.700.000

Find Out More
Card image cap
All New Avanza

Starting From
Rp233.100.000

Find Out More
Card image cap
New Alphard

Starting From
Rp1.229.400.000

Find Out More
Card image cap
New Vellfire

Starting From
Rp1.399.800.000

Find Out More
Card image cap
New Kijang Innova

Starting From
Rp422.900.000

Find Out More
SEDAN
Card image cap
All New Vios

Starting From
Rp322.900.000

Find Out More
Card image cap
New Corolla Altis

Starting From
Rp538.900.000

Find Out More
Card image cap
New Camry

Starting From
Rp799.300.000

Find Out More
SUV
Card image cap
New C-HR Hybrid

Starting From
Rp601.000.000

Find Out More
Card image cap
All New Raize GR Sport

Starting From
Rp235.000.000

Find Out More
Card image cap
New Fortuner GR Sport

Starting From
Rp556.300.000

Find Out More
Card image cap
New Rush GR Sport

Starting From
Rp280.200.000

Find Out More
Card image cap
All New Land Cruiser

Starting From
Rp2.453.500.000

Find Out More
HATCHBACK
Card image cap
All New Agya GR Sport

Starting From
Rp167.900.000

Find Out More
Card image cap
New Yaris GR Sport

Starting From
Rp326.100.000

Find Out More
COMMERCIAL
Card image cap
New Hilux Box

Starting From
Rp309.200.000

Find Out More
Card image cap
New Hilux GR Sport

Starting From
Rp764.900.000

Find Out More
Card image cap
New Dyna

Starting From
Rp377.300.000

Find Out More
Card image cap
New Hiace Commuter

Starting From
Rp551.200.000

Find Out More
Card image cap
New Hiace Premio

Starting From
Rp636.900.000

Find Out More
Card image cap
New Hilux D Cab

Starting From
Rp520.800.000

Find Out More
Card image cap
New Hilux S Cab

Starting From
Rp277.200.000

Find Out More
PURE SPORTS
Card image cap
New GR Supra

Starting From
Rp2.188.400.000

Find Out More
Card image cap
All New GR 86

Starting From
Rp956.900.000

Find Out More
CORPORATE INFORMATION
TECHNOLOGY
OWNERSHIP
PRESSROOM
MOBILE INFO

Jangan Dilepas, Ini Fungsi Penting Thermostat pada Sistem Pendingin Mesin Mobil

Jangan Dilepas, Ini Fungsi Penting Thermostat pada Sistem Pendingin Mesin Mobil

Ada sebagian kalangan yang menganggap thermostat tidak penting dan sebaiknya dicopot. Mereka melihat bahwa thermostat kurang dibutuhkan mengingat fungsinya yang lebih cocok dipakai di negara yang ada musim dinginnya.

Padahal, melepas thermostat justru membuat suhu kerja ideal mesin sulit tercapai, sehingga sistem pada mobil injeksi akan menyuplai BBM lebih banyak. ECU akan membaca suhu mesin masih dingin sehingga menambahkan semprotan bensin ke ruang bakar.

Fungsi Thermostat pada Pendingin Mesin

Sebelumnya, kamu harus paham fungsi dari thermostat dalam sistem pendingin mesin mobil. Thermostat berguna untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin dari radiator sehingga tetap berada pada suhu ideal supaya tidak overheat maupun over cooling.

Tugasnya sebagai katup buka-tutup aliran air dari radiator yang masuk ke ruang mesin untuk mendinginkan mesin. Thermostat akan membuka aliran cairan dari mesin ke radiator jika mesin sudah mencapai suhu panas yang ditentukan sehingga mesin dapat menjaga suhu ideal.

Namun, thermostat akan menutup ketika suhu ideal belum tercapai seperti saat mesin mobil baru dinyalakan. Di sini, cairan pendingin mesin akan bersirkulasi di sekitar mesin dan tidak dialirkan masuk ke dalam radiator sampai suhu kerja ideal mesin didapatkan.

Suhu ideal mesin berada di antara 80-90 derajat celcius, namun ada kalanya derajat temperatur mesin bisa berbeda tergantung dari desainnya. Pada suhu tersebut, mesin akan menghasilkan proses pembakaran yang paling optimal sehingga memperoleh performa terbaik, konsumsi bensin paling hemat, dan emisi gas buang rendah.

Dilarang Melepas Thermostat

Tidak sedikit pemilik mobil yang melepas thermostat dengan anggapan mesin akan dingin terus. Aplikasi ini keliru lantaran mesin sudah didesain dengan panas tertentu agar tercapai efisiensi. Mesin yang terlalu dingin justru akan membuatnya boros bensin dan tenaganya turun.

Dalam jangka panjang malah akan merusak mesin karena tidak bisa bekerja pada suhu idealnya. Kalau begini malah kamu yang rugi sendiri.

Selain itu, tidak ada perawatan khusus untuk thermostat. Kamu harus memastikan bahwa cairan pendingin pada tangki cadangan tetap cukup. Kamu juga wajib memperhatikan cairan radiator yang dipakai karena harus sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh Toyota dengan membelinya di bengkel resmi Toyota.


©2023 Toyota Astra Motor
All information applies to Indonesia vehicles only

Konsultasi
Pembelian

Pricelist

Booking
Service

Simulation