Toyota Astra Mototr Indonesia - Jika bahan bakar kendaraan anda habis jangan panik dulu kenapa??

Tips

13 Juli 2018

Jika bahan bakar kendaraan anda habis jangan panik dulu kenapa??

By irmafit

melihat panel bensin di dashboard mengarah pada tanda 'E' alias habis kalian akan merasa panik. Apa lagi jika kalian berada dalam sebuah kemacetan panjang. Atau kalian sedang jauh dengan daerah SPBU tentunya akan merasa panik dan takut kehabisan bahan bakar ketika di tengah jalan yg sedang macet. Tentunya kalian akan merasa kesal kan nah berikut ulasanya ketika kalian takut kehabisan bahan bakar.

Jangan panik!

panel di di indikator kendaraan kalian menunjukan ke arah E ?? jangan panik dulu karena biasanya itu belum tentu habis , sebenarnya  bensin di kendaraan kalian belum habis total , biasanya tangki mobil masih memiliki cadangan sekitar 5 sampai 8 liter bahan bakar.

Ketika panael berwarna merah, seperti yang dikutip dari Toyota Astra (6/10)

Kalian masih memiliki waktu untuk mengisi bahan bakar di SPBU. Semakin besar mesin kendaraan kalian, maka semakin besar pula tangki mobil kalian untuk mengisi bahan bakarnya dan semakin kemukinan besar menyimpan cadangan bahan bakar makin besar ketika tulisan di panel berada di tulisan E .

cara paling mudah melihat bahan bakar bensin atau BBM kendaraan mobil kalian adalah dengan cara melihat data MID, MID adalah suatu fungsi indikator untuk mengetahui informasi tambahan bagi pengemudi supaya dapat mengetahui penggunaan konsumsi bahan bakar beserta informasi jarak antar titik daerah tujuan satu dengan titik jarak daerah tujuan lainnya, namun ini hanya perkiraan saja dan tidak bisa dijadikan patokan pasti.

Misalnya, mobil kalian menyisakan bahan bakar sebanyak 5 liter saat indikator menyala, perhatikan konsumsi BBM rata-rata di MID, Misalnya 10 km/l. Maka, hitungannya mobil Anda masih bisa melaju hingga sekitar 50 km lagi, mobi bisa melaju lebih jauh ketika sisa bahan bakar masih banyak.

Namun hal itu juga bisa memicu timbulnya kerusakan mobil, Dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil yang pertama apabila kalian membiarkan bahan bahan bakar kalian hampir habis dan belum di isi juga, maka akan menimbulkan terjadinya kondensasi pada mesin mobil kalian.

Tangki bahan bakar yang tidak penuh terisi atau bahkan nyaris habis akan menyebabkan adanya ruang kosong di dalamnya semakin luas sehingga menyebabkan terjaidnya proses kondensai, yaitu terdapatnya air pada tangki mobil anda yang nantinya akan berpengaruh pada akselerasi mobil kalian tersebut sehingga mesin mobil brebet saat dingin atau pun mesin mobil brebet saat panas, apalagi jika tangki dari bahan bakar kalian terbuat dari materal besi.

Dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil yang kedua apabila anda membiarkan bahan bakar hampir habis tetapi belum di isi, dapat menyebabkan atau menimbulkan endapan kotoran dalam tangki bahan bakar kalian tersebut. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap mesin kalian , biasanya ketika anda akan menyalakan mesin maka seolah – olah tersendat, kemudian seringkali tenaga mesin mobil jadi mengempos karena tersumbat oleh endapan kotoran yang terdapat apda tangki bahan bakar anda.

Dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil yang ketiga adalah dapat menyebabkan korosi pada tangki bahan bakar tersebut. Hal ini terjadi karena kondisi tangki bahan bakar berada di kondisi E ( empty ). Dalam kondisi seperti ini, maka akan lebih banyak ruang kosong yang terdapat pada tangki tersebut yang bia menyebabkan karat atau korosi

Selain ketiga hal tersebut di atas, pengisian bahan bakar yang tidak full atau bahkan hanya seperempat saja bisa membuat bahan bakar anda lebih boros dari yang seharusnya. Selain itu kondisi mesin anda juga akan terbiasa dengan bahan bakar yang pas –  pas an, sehingga mengurangi akselersi ataupun performanya.

Pastikan anda juga melihat jenis bahan bakar apa saja yg cocok dengan jenis mobil kalian

Ada juga jenis-jenis bhan bakar mobil misalnya dengan jenis masing-masing ini dia jenis bahan bakar mobil:

Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Pertamax Plus adalah bahan bakar minyak produksi Pertamina. Pertamax Plus, seperti halnya Pertamax dan Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi, dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax Plus merupakan bahan bakar yang sudah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pertamax Plus adalah bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi minimal 10,5, serta menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.

Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium di Indonesia dipasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah karena memperoleh subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88. Pada umumnya, Premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin.

Berikut adalah bahan bakar mobil-mobil toyota menurut jenis mobil dan bahan bakarnya

Starlet XL 1.000 cc 9,3:1 Premium/Pertamax
Starlet SE 1.3 9,5:1 Pertamax
Twin Cam 9,5:1 Pertamax
Great Corolla 9,5:1 Pertamax
Avanza 11:1 Pertamax Plus
Yaris 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Innova 2.0 9,8:1 Pertamax
Innova 2.7 9,7:1 Pertamax
Rush 10:1 Pertamax/Plus
Alphard 2400 cc 9.8 : 1 Pertamax
Alphard 3500 cc 10.8 : 1 Pertamax Plus

ada pula cara agar tangki mobil tidak gampang rusak, adanya kerusakan tangki bahan bakar mobil yg di sebabkan karena keteledoran sipengguna mobil ada pula pemilik mobil yg tidak bisa menjaga ke awetan tangki mobil di karenakan sibuk dengan pekerjaanya dan sampai lupa menjaga dan merawat mobilnya sendiri dan ini dia beberapa cara merawat mobil agar tangki bahan bahar mobil tidal rusak:

1. Menjaga Keberadaan Bahan Bakar

Cara merawat tangki bahan bakar mobil yang pertama adalah menjaga bahan bakar. Bahan bakar memang sangat mempengaruhi awet tidaknya bagian tangki bahan bakar mobil. Kebiasaan kehabisan bahan bakar saat sedang berkendara akan menyebabkan kerusakan pada bagian mesin atau pun tangki bahan bakar jika hal itu dibiarkan terus terjadi pada jangka waktu yang lama.

2. Melakukan Pengurasan Tangki Secara Berkala

Cara merawat tangki bahan bakar mobil yang kedua adalah dengan cara . Melakukan pengurasan tangki bahan bakar memang wajib untuk dilakukan. Hal ini untuk menjaga kebersihan dari tangki bahan bakar itu sendiri. Selain itu juga sangat efektif digunakan untuk mendeteksi lebih dini jika terjadi pengkaratan atau masalah lainnya.

Jangan sampai kondisi tangki bahan bakar bocor anda sampai tidak tahu. Hal tersebut sangat berbahaya apabila digunakan untuk berkendara. Bisa – bisa ban mobil menjadi selip karena tidak sengaja terkena bahan bakar yang berceceran di jalanan. Baca juga mengenai tenaga mobil mesin ngompos

3. Gunakan Bahan Bakar yang Bervariasi

Cara merawat tangki bahan bakar mobil selanjutnya yakni dengan mengisi bahan bakar yang bervariasi. Jika anda sering dan senang menggunakan bahan bakar premium, saya sarankan untuk mengkombinasikannya dengan pertalite atau pun pertamax yang mempunyai nilai oktan lebih baik dari premium. Kombinasi disini maksudnya adalah sesekali mengisi bahan bakar dengan pertalite atau pun pertamax, jangan terus terusan menggunakan bahan premium.

Karena premium menimbulkan endapan kotoran yang lama – kelaman akan memicu pengkeroposan pada tangki bahan bakar mobil anda tersebut. Seringkali ditemuka banyak pemilik mobil yang shock meihat tangki bahan bakarnya bocor, sedangkan umur mobil masih tergolong muda.

Itulah akibat pemakaian bahan bakar premium secara terus menerus yang banyak orang belum mengetahui dampak jangka panjangnya sobat. Jadi anda perlu memperhatikan poin yang satu ini ya sobat, demi terjaganya kondisi mobil anda tetap baik.

4. Jangan Biarkan Mesin Off Dingin Dalam Jangka Waktu Lama

Cara merawat tangki bahan bakar mobil berikutnya yakni melakukan pemanasan mesin secara rutin. Saat anda sedang pulang kampung atau pun bepergian jauh dalam beberapa hari, pasti mobil anda yang ditinggal di rumah mesin nya akan dingin dalam beberapa tersebut.

Usahakan untuk menitipkannya pada saudara atau pun orang yang anda percaa untuk melakukan pemanasan setiap harinya. Namun jika terpaksa tidak ada orang yang bisa dipercayakan tidak menjadi masalah.

Yang terpenting saat anda sedang di rumah, meskipun mobil jarang digunakan, usahakan untuk selalu melakukan pemanasan, agar mesin, tangki bahan bakar dan komponen lainnya tetap dalam kondisi peforma yang baik ya sobat. Pemanasan memang menjadi salah satu faktor dalam upaya perawatan tangki bahan bakar mobil anda.

Pengalaman di lingkungan sekitar saya tinggal, banyak orang yang hanya ingin punya – punyaan saja, padahal mobil tersebut hanya terparkir digarasi dan tentu saja sangat jarang digunakan. Sesekali digunakan hanya untuk bepergian jauh seperti halnya pulang ke kampung halaman. Kesehariannya juga jarang sekali dilakukan pemanasan. Faktor seperti inilah yang wajib diberikan perhatian khusus.

5. Melakukan Service Secara Berkala

Cara merawat tangki bahan bakar mobil yang terakhir adalah melakukan service. Melakukan service secara berkala memang sangat diperlukan dalam upaya perawatan komponen – komponen mobil secara keseluruhan. Cara ini memang sangat tepat untuk dilakukan, karena pengecekan secara keseluruhan oleh orang yang berpengalaman di bidangnya (montir) akan memberikan informasi terupdate mengenai bagaimana kondisi mobil saat itu.

Jika diperlukan penanganan lebih lanjut, maka bisa segera dilakukan penanganan. Coba saja anda bayangkan, jika anda malas untuk melakukan service, padahal anda tidak mengerti mengenai perawatan mobil, dampak buruk seperti halnya kerusakan pada komponen – komponen mobil, pastinya akan menghantui anda.

Alasan tidak mempunyai budget lebih yang bisa difungsikan untuk melakukan perawatan bukanlah alasan yang tepat. Dengan memutuskan mempunyai mobil, sudah pasti anda sangat paham terhadap konsekuensi yang akan dihadapi setiap waktunya.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools