
Automotive
10 Nov 2022
Kenal Lebih Jauh Platform e-TNGA Khusus Untuk BEV yang Dipakai Oleh All New Toyota bZ4X
Kenal Lebih Jauh Platform e-TNGA Khusus Untuk BEV yang Dipakai Oleh All New Toyota bZ4X
By salsa
All New bZ4X adalah mobil listrik pertama yang dibangun di atas arsitektur Battery Electric Vehicle (BEV) yang memanfaatkan platform e-TNGA.
Platform e-TNGA merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA), namun dioptimalkan dan didedikasikan untuk Battery EV.
Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.
Arsitektur yang benar-benar baru ini memiliki fleksibilitas untuk digunakan pada model bZ lainnya dan dirancang dalam produksi skala besar.
Desain Modular e-TNGA Untuk Berbagai Jenis BEV
Desain modular e-TNGA membuatnya dapat dengan mudah beradaptasi pada berbagai jenis dan ukuran kendaraan.
Selain dapat menampung baterai dengan ukuran dan output yang berbeda, serta opsi penggerak roda depan atau 4-roda.
Sebagai elemen tetap adalah motor depan dan belakang, kap mesin, posisi pengemudi relatif terhadap roda depan, dan lebar unit baterai.
Elemen yang dapat diubah adalah wheelbase, jumlah sel baterai, dan overhang depan-belakang.
Dengan demikian, platform canggih ini dapat diterapkan guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda.
eTNGA memungkinkan bZ4X untuk memiliki wheelbase sepanjang 2.850 mm dalam mendapatkan interior yang sangat baik terkait kenyamanan dan kelegaan, ditambah lantai datar dan ruang kaki yang luas.
Secara ukuran, SUV bertenaga listrik ini juga terbilang besar.
Dimensinya adalah panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.600 mm, sedangkan beratnya hanya 2.195 kg.
Perlindungan Khusus Pada Baterai
Toyota melakukan langkah khusus untuk melindungi baterai jika terjadi benturan di depan, belakang, atau samping.
Diperkuat dengan pemasangan penutup aluminium yang memberikan perlindungan saat berjalan di atas permukaan jalan kasar.
All New bZ4X mengadopsi suspensi depan MacPherson strut dan double wishbone di bagian belakang yang digabungkan dengan anti-roll bar.
Targetnya adalah untuk mencapai tingkat kontrol dan kinerja keselamatan yang ideal, dengan memanfaatkan karakteristik eTNGA dalam menghadirkan kenyamanan berkendara, stabilitas, dan kemampuan handling terbaik.
Sistem pengereman dikendalikan secara elektronik menggunakan cakram berventilasi depan dan belakang.
Konsep Activity Hub pada All New bZ4X
Toyota berusaha untuk memberikan inovasi di semua aspek teknis All New bZ4X.
Seperti pada eksterior, interior, style, kualitas berkendara, performa, hingga kinerja motor lsitrik dan baterai.
Tujuannya untuk menciptakan mobil yang menarik, di mana semua penumpang dapat berbagi waktu dan ruang bersama yang menyenangkan.
Platform khusus BEV dikembangkan berdasarkan filosofi e-TNGA untuk mencapai performa berkendara yang atraktif, mulus, dan intuitif.
Tidak hanya untuk BEV, tetapi juga untuk mobil jenis lain dengan mengusung DNA SUV yang kokoh.