Toyota Astra Mototr Indonesia - Mobil dengan ban bocor ? masih bisa dikendarai ?

Tips

16 Februari 2018

Mobil dengan ban bocor ? masih bisa dikendarai ?

By wanipus

Terkadang kala kita sering tak sadar kalau tekanan ban mobil yang kita kendarai berkurang. Kecuali mobil anda sudah dilengkapi dengan monitor tekanan ban. Monitor ini bisa memberi tahu berapa tekanan pada masing-masing ban mobil.

Lantas bagaimana kah jika tekanan ban mobil yang kita kendarai terus berkurang alias bocor. Apakah tetap akan menjalankan mobil dengan risiko ban rusak atau berhenti di bahu jalan lalu meminta mobil untuk dibantu derek? Jadi seberapa jauh ya mobil anda bisa dikendarai dengan bannya yang bocor?

Memang tidak ada jarak spesifik sejauh apa mobil dengan ban bocor bisa untuk dikendarai. Yang jelas anda juga harus terus memperhatikan tekanan nya kalau semakin berkurang jangan meneruskan perjalanan.


Mengendarai mobil dengan ban bocor bukan hanya bisa merusak ban tapi juga membahayakan. Ban bocor tidak mempunyai traksi yang sama dengan ban yang memiliki yang tekanan normal. Nah, hal itu tentu menyebabkan kita kehilangan kendali dan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Jika ban mobil anda masih memiliki tekanan ban atau bocornya halus, paling aman langsung membawa mobil ke bengkel untuk menambal atau mengganti bannya.

Tapi saat tekanan ban habis sembari mobil dikendarai menuju bengkel, jangan memaksakan untuk bisa melanjutkan perjalanan. Lebih baik Otolovers memanggil jasa derek.

Ban bocor pun menyebabkan mobil memberi tekanan lebih pada pelek ban. Ini juga bisa merusak ban dalam. Mengendarai mobil dengan ban bocor boleh-boleh saja asalkan memang keadaan di sekitar kurang aman bila kita berhenti.

Adapun efek buruk dalam mengemudikan mobil dalam keadaan ban kempes sangat mengganggu perjalanan anda. Seperti rasa kurang nyaman dan banyak juga lainnya. Yang pertama dirasakan pengemudi yakni laju kendaraan jadi berkurang, apalagi jika pada saat itu anda dalam keadaan gugup tentulah juga sangat mengganggu. Selain itu juga pengendalian kendaraan menjadi kurang stabil dan juga lah mengalami kurang respon sehingga sulit untuk dikendalikan.

Pada saat ban mobil anda kempes, tekanan yang ada pada ban yang kurang akan menyebabkan tapak ban mengalami perubahan di dinding ban serta akan membuat ban menjadi lebih menjejak di permukaan jalan. Dampak buruk lainnya dalam mengemudikan ban mobil dalam keadaan ban kempes bisa mengakibatkan rolling resistance atau juga hambatan yang diterima ban ketika berputar akan semakin tinggi serta banyak energi yang terbuang. Hal ini akan dapat membuat mesin bekerja lebih berat saat anda menjalankan mobil anda. Tentu saja penggunaan BBM juga akan semakin banyak serta akan dirasa semakin boros.

Selain itu juga mengemudikan ban mobil dalam keadaan ban kempes bisa juga mengakibatkan kerusakan di jalanan. Hal itu juga bisa meningkatkan resiko tinggi nya tingkat terjadinya kecelakaan. Ini bisa juga bisa terjadi karena ban yang kekurangan angin akan bisa menimbulkan banyaknya energi yang terbuang sia-sia serta meningkatkan panas pada ban mobil. Benang - benang pada ban mobil akan meleleh saat ban mobil sudah panas . Hal itu lah tentu saja sangat bahaya serta dapat mengakibatkan resiko kecelakaan dikarenakan ban mobil anda meledak.

Dari berbagai bahaya yang kemungkinan dapat terjadi bila mobil yang anda gunakan mengalami ban kempes seperti di atas, hal yang perlu di lakukan saat anda mengetahui bahwa mobil ban anda kempes yakni dengan segeralah menepi untuk mengganti ban mobil anda dengan ban serep. Bila anda tidak membawa ban serep atau pun anda tidak bisa  mengganti ban mobil anda sendiri, ada baiknya anda segeralah menghubungi jasa layanan bengkel yang sudah terpercaya.

Jika di daerah sekitar tersebut tidak ada bengkel satu pun yang bisa mengganti ban mobil anda, ada baiknya isilah ban mobil anda dengan angin untuk sementara waktu saja, kemudian bawalah mobil anda ke bengkel yang bisa mengganti ban mobil anda yang kempes tersebut. Ingat juga , jangan sekali kali bahayakan keselamatan nyawa anda dengan tetap mengendarai mobil yang sudah jelas bannya kempes sayangilah nyawa anda.

Sebagai salah satu komponen pelaju dan penopang berat beban kendaraan, ban memang lah cukup vital secara fungsi. Maka , disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi ban dengan memahami kode angka yang tertera pada dinding ban tersebut. Kami juga akan menyarankan Anda untuk lebih cermat saat memilih jenis ban untuk mobil Anda, agar sesuai dengan kebutuhan serta karakter medan yang sering di lalui.

Lantas bagaimana kah jika ban mobil Anda kempes di jalan? Yang pertama tentunya Anda jangan panik lah atas musibah tersebut. Tetap tenang rilex dan parkir mobil Anda pada tempat yang tidak mengganggu lalu lintas pengguna jalan lain.

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mencari bengkel tambal ban terdekat untuk meminta penggantian ban dengan montir di bengkel. Tetapiabila kondisi musibah jauh dari bengkel, maka satu-satunya cara ialah Anda harus mengganti ban sendiri atau dengan bantuan orang lain. Dan yang pasti yakni apabila masih awam, pastikan Anda dibantu orang lain untuk penanganan ini. Karena mengganti ban mobil ini juga membutuhkan ketelitian dan juga sedikit keahlian.

1. Pastikan rem tangan sudah terpasang terlebih dahulu, dan pastikan juga tongkat transmisi berada di posisi P untuk mobil bertransmisi otomatis, atau pada posisi N untuk mobil bertransmisi manual. Ganjal ban mobil anda secara diagonal supaya tidak bergerak saat didongkrak.

2. Siapkan lah perkakas untuk membantu proses penggantian ban mobil, seperti pada kunci roda, dongkrak, dan alat untuk menurunkan ban cadangan. Disarankan juga walau jarang digunakan, pastikan selalu membawa selalu alat-alat itu di dalam mobil.

3. Secara perlahan, turunkan ban mobil cadangan anda dari dudukan nya dan langsung letak kan di bawah bodi mobil anda, dekat posisi ban yang akan diganti.

4. Gunakan saja kunci ban untuk membuka baut pada pelek. Dengan memutar arah berlawanan jarum jam dengan cara menyilang, kendorkan lah baut/mur roda yang akan diganti. Lakukan pengendoran ini dengan cara hati - hati.

5. setelah mengendorkan baut pelek, lakukan juga pendongkrakan mobil secara hati-hati serta sesuai posisinya supaya tak merusak sasis mobil atau komponen penting lainnya. Anda juga bisa mengetahui titik dongkrak kendaraan dengan cara membaca buku pedoman pemilik kendaraan.

6. Secara bergantian, lepas baut/mur yang ada pada ban yang akan diganti. Setelah itu, lepaskan ban dari as roda, letakkan pada tempat yang aman dan juga terjangkau.

7. Pasang ban cadangan disertai juga dengan pemasangan baut atau pun mur roda. Kencangkan baut atau pun mur roda secara menyilang serta merata dengan arah sesuai jarum jam.

8. Setelah itu pastikan semua baut/mur pelek terkunci kencang, juga secara perlahan turunkan dongkrak. Untuk mengencangkan baut pelek, pastikan tingkat kekencangannya tak berlebihan karena baut roda akan bisa patah.

9. Selesai mengganti ban kempes dengan ban cadangan tadi, tempatkan ban yang telah diganti di tempat ban cadangan. Segera ganti ban yang kempes atau bocor langsung ditambal supaya ban cadangan siap kembali bisa pakai ketika dibutuhkan.

Tips Merawat Ban Mobil

Image result for ban mobil bocor

Sudah dipastikan ban mobil pastilah memiliki peranan penting serta karena peranan pentingnya tersebut maka akan di perlukan perawatan khusus dalam merawatnya. Perawatan ban nya pun yang harus anda lakukan tak hanya dengan pergi ke bengkel atau pun sentra penjualan ban untuk melakukan proses pemasangan ban ke velg, balancing atau pun spooring saja.

Tapi anda juga harus ikut ambil bagian dalam perawatan ban mobil anda setiap saat dan anda harus mengetahui cara untuk menjaga performa ban tetap mumpuni serta agar usia pemakaiannya bisa panjang, dibawah ini ialah beberapa tips merawat ban mobil yang mungkin bisa membantu anda.

1. Selalu Memeriksa Tekanan Angin

Tips yang satu ini sangat lah penting sekali apalagi jika anda akan bepergian jauh menggunakan mobil anda. Tekanan angin pada ban mobil harus stabil agar tetap aman jika tidak ban mobil anda bisa cepat rusak.

Jika tekanan angin yang ada pada ban mobil anda kurang maka akan mengakibatkan penggunaan BBM yang semakin meningkat karena tarikan mobil juga akan meningkat. Beda halnya kalau tekanan pada ban mobil anda terlalu keras, hal ini juga bisa mengakibatkan masalah pada ban mobil anda.

Masalah yang biasa ditimbulkan karena kelebihan tekanan angin pada ban mobil anda yaitu ban akan bisa mengeras sehingga mengakibatkan permukaan ban akan menjadi halus sehingga sangat akan membahayakan pengendara danjuga  ban harus cepat diganti.

Pemeriksaan tekanan angin harus dilakukan juga secara rutin, selain demi keselamatan anda, juga demi memperpanjang usia ban mobil anda.

2. Menggunakan Ban Sesuai Standar

Jenis mobil ini sangat lah bermacam-macam, dan ban yang digunakan juga lah bermacam-macam. Ban mobil jenis city car akan berbeda juga dengan ban untuk jenis MPV karena bobot serta ukuran mobilnya pun juga berbeda maka bagian bannya juga berbeda. Menggunakan ban yang sesuai standar ialah cara yang bisa anda lakukan untuk merawat ban mobil anda.

3. Merotasi Ban Mobil

Tips merawat ban mobil dengan cara merotasi ban mobil ialah cara yang perlu bahkan wajib dilakukan supaya ban mobil anda awet. Caranya yakni dengan cara menukar posisi ban mobil secara berkala.

Ban depan akan sering terjadi gesekan rem ekstra ketika mobil berbelok, sehingga ban depan akan cepat gundul. Sebelum permukaan ban ada baiknya jika ban depan anda sering ditukar dengan ban belakang karena ban belakang hanya mengalami gesekan ringan hanya akan mengikuti laju mobil saja.

Tukarlah posisi ban belakang dengan ban mobil depan anda setiap 5000 km sekali, agar ban mobil anda panjang umur dan tidak terlalu sering membeli ban.

4. Menghindari Lubang Saat Berkendara

Jalanan tidak selamanya mulus, kadang kala banyak juga jalan yang rusak akan ada lubang di beberapa bagian jalan. Disaat melintasi jalanan yang telah rusak dan berlubang, anda disarankan untuk mengurangi kecepatan kendaraan karena kalau jalanan yang rusak dihantam saja akan mengakibatkan ban mobil anda akan cepat rusak.

Jalanan yang rusak dan berlubang tidak hanya akan dapat merusak ban mobil anda tapi jika anda sembarangan dalam mengendarai mobil anda akan menjadi korbannya juga.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

Shopping Tools