All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1124

Sebab dan Ciri-ciri Alternator Mobil Kamu Rusak

Sebab dan Ciri-ciri Alternator Mobil Kamu Rusak

Alternator atau dinamo ampere pada mobil perlu dirawat mengingat perannya cukup penting sebagai pembangkit listrik untuk kelistrikan mobil.

Jika alternator mobil rusak, penggunaan daya bisa menjadi lebih besar dari pemakaian, dan mengakibatkan aki “tekor”.

Jika ini terjadi, suplai tenaga dari aki bisa habis dalam kurun waktu kurang dari 30 menit.

Mobil menjadi bermasalah dan bisa mogok secara tiba-tiba.

Sebab Alternator Rusak

Perlu kamu ketahui, dinamo ampere mobil dikenal sebagai komponen yang jarang mengalami kerusakan.

Namun begitu, umumnya penyebab kerusakannya diakibatkan oleh beberapa hal di bawah ini.

1. Output energi alternator tidak sesuai (terlalu tinggi).

Hal ini biasanya diakibatkan oleh pemasangan komponen elektrik yang tidak standar dan dengan beban yang besar.

2. Kondisi yang tidak baik pada kontak antara carbon brush dengan rotor slip rings sehingga arus listrik ke rotor coil pada alternator jadi terhambat.

3. Belt yang kendur hingga lepas dari putarannya dapat membuat alternator tidak berjalan dengan baik.

Supaya hal ini tak terjadi, kenalilah ciri yang menunjukkan kondisi rusaknya alternator.

1. Tercium Bau Terbakar

Kerusakan pada dinamo ampere mobil bisa kamu tangkap dari indera.

Pertama, biasanya bila tercium bau karet terbakar, bisa jadi kabel alternator terbakar akibat gesekan karena belt yang tidak terpasang dengan baik.

Pastikan dari mana bau tersebut berasal, jika dari alternator, segera bawa ke bengkel resmi Toyota.

2. Terdengar Decitan

Hal kedua adalah bila terdengar bunyi mendecit dari ruang mesin.

Umumnya bila muncul suara seperti itu, berarti ada posisi puli pemutar alternator yang tidak sejajar.

Kondisi ini membuat belt alternator menjadi melintir sehingga suara decitan pun keluar.

Atau tali atau fan belt pemutar alternator sudah aus karena pemakaian bisa menyebabkan bunyi berdecit.

Segera ganti dengan fan belt batu untuk menghindarinya dari putus dan menyebabkan mobil mogok total.

3. Lampu Mobil Meredup

Suplai listrik yang mulai melemah akibat rusaknya alternator pun dapat kamu ketahui dari intensitas cahaya lampu mobil.

Saat tengah berkendara di malam hari, cahaya lampu tersebut akan makin kelihatan terangnya.

Bila makin meredup, cobalah lakukan pengecekan pada komponen alternator mobil kamu.

4. Lampu Indikator di Dasbor Menyala

Energi listrik dari baterai yang kian menurun, akan ditunjukkan sistem mobil melalui lampu indikator yang menyala.

Lampu ini dapat kamu temui pada panel indikator mobil dengan gambar berbentuk baterai atau aki.

Selain karena kondisi baterai yang melemah, bisa jadi hal ini pun menunjukkan terjadinya masalah pada dinamo ampere.

Bila lampu tersebut menyala, namun tidak ada masalah pada aki, segera lakukan pengecekan pada komponen alternator.

5. Aki Tidak Berfungsi Normal

Saat suplai energi listrik tak lagi maksimal, banyak orang yang cenderung menyimpulkan letak masalah pada aki.

Agar aki kembali berfungsi normal, mereka pun melakukan pengisian daya ulang atau bahkan hingga menggantinya.

Bila sudah melakukan kedua hal tersebut namun berbagai bagian mobil tidak berfungsi baik, bisa jadi masalah yang terjadi terletak pada dinamo ampere.


Back to top