Toyota Astra Mototr Indonesia - Sejarah Singkat Toyota di Dunia Balap

Lifestyle

30 November 2019

Sejarah Singkat Toyota di Dunia Balap

By IndraKeren

Sejarah Toyota di dunia balap sudah terukir jauh di tahun 1950an.

Ajang balap Mobilgas Round Australia Rally di bulan Agustus 1957 menjadi titik awal keikutsertaan Toyota di dunia balap dengan menggunakan Toyoped Crown Deluxe yang baru saja diluncurkan di Jepang.

Meski tidak meraih podium, tapi sedan ini sanggup menuntaskan reli keliling benua Australia sejauh 17.000 km selama 19 hari ini, dengan start dan finish di Melbourne.

Toyota memiliki rekam jejak menakjubkan di ajang reli dunia WRC dengan capaian 4 gelar juara dunia pembalap dan 3 gelar juara dunia konstruktor di era 1990an.

Di era Toyota Gazoo Racing (TGR), raihan paling fenomenal ketika menyandingkan gelar juara pembalap dan konstruktor lomba balap ketahanan dunia (WEC) tahun 2018.

Dari ajang reli, prestasi tidak kalah membanggakan diraih saat menyandingkan gelar juara pembalap dan konstruktor di ajang reli dunia WRC tahun 2016, setelah resmi mengikuti di tahun 2015.

Di tahun 2019, TGR juga mampu merebut kembali gelar juara pembalap WRC.

Di Indonesia, tim balap Toyota sudah lama malang melintang di lintasan balap sirkuit Sentul dan menjuarai berbagai gelar lomba balap turing.

Tahun ini, mengandalkan Toyota Yaris, tim balap Toyota Team Indonesia (TTI) siap untuk merebut kembali gelar kejurnas balap turing,

Sementara di ajang Gymkhana, pembalap TTI merajai klasemen utama dengan menggunakan Toyota Agya.

Ada satu benang merah menarik terlihat dari track record Toyota di lintasan balap, yaitu hampir semuanya mengandalkan kendaraan produksi masal, termasuk Hilux yang memiliki rekor bagus di Reli Dakar dan Camry di Nascar Amerika Serikat.

Itu karena Toyota melihat, pengembangan pada mobil balap yang mengandalkan production car, teknologinya dapat diturunkan ke kendaraan masal.

Memang ajang balap ketahanan menggunakan mobil prototipe, namun teknologi hybrid yang dipakai dapat diturunkan pada kendaraan elektrifikasi Toyota yang saat ini sedang giat dipasarkan di Indonesia.

Comments 0

Please login or register to comment.

    There are no comments

top article

Shopping Tools