All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_3407

Sejarah Singkat Toyota Kijang, dari Gen-1 Tahun 1997 Hingga All New Kijang Innova Zenix

Sejarah Singkat Toyota Kijang, dari Gen-1 Tahun 1997 Hingga All New Kijang Innova Zenix

Sejarah Kijang tidak dapat dipisahkan dari program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS) di awal tahun 1970-an.

Saat itu pemerintah menginginkan sebuah kendaraan dengan harga terjangkau yang bisa dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat, dalam rangka menunjang pembangunan di masa itu.

Di saat bersamaan, Toyota sudah mengidentifikasi adanya kebutuhan kendaraan komersil serbaguna berharga terjangkau di negara berkembang dengan menginisiasi project Basic Utility Vehicle (BUV) di tahun 1972. Hingga pada 9 Juni 1977.

Toyota Kijang Generasi Pertama

Toyota Kijang lahir dengan konsep BUV yang tangguh dan dapat diandalkan, yang dibangun secara spesifik sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan program KBNS.

Di era tersebut, Kijang memiliki “hidung” alias bonnet yang menjadi ciri khas tersendiri.

Peletakkan mesin di bagian depan didasari oleh riset dan kepedulian Toyota pada faktor safety.

Karena mesin depan dinilai lebih aman dibandingkan jika mesin berada di bawah tempat duduk depan yang umum diaplikasikan pada masa itu.

Termasuk, memberikan kenyamanan lebih baik karena tidak ada gangguan panas dan suara dari mesin.

Keputusan yang terbukti tepat ini terus diaplikasikan dan menjadi salah satu keunggulan Kijang hingga saat ini.

Keunggulan tersebut memungkinkanToyota Indonesia untuk memproduksi Kijang tipe cab sebagai platform dasar karoseri minibus.

Sambutan positif langsung diberikan oleh masyarakat yang mendambakan kendaraan minibus dengan harga terjangkau, praktis, perawatannya mudah, daya angkut besar, dan aman.

Bahkan, penerimaan baik ini berlanjut hingga generasi kedua Kijang pada tahun 1981 yang menjadi tonggak bersejarah dimulainya era Kijang sebagai mobil penumpang.

Full Pressed Body ala Kijang Super

Generasi ketiga Kijang atau ‘Kijang Super’ hadir di tahun 1986 dengan peningkatan kenyamanan.

Kijang Super tampil lebih modern, dengan proses manufaktur lebih canggih yang diberi nama Full Pressed Body (FPB) sehingga memiliki kualitas lebih baik.

Kijang Super kembali mendapatkan improvement terkait proses perakitan bebas dempul dengan nama Toyota Original Body (TOB) pada tahun 1992.

Kijang Kapsul Hadir di Indonesia

Semangat Genchi Genbutsu membuat Toyota selalu ingin memberikan produk terbaik sesuai kebutuhan keluarga Indonesia dan tuntutan zaman yang selalu berkembang secara dinamis.

Survey dan riset langsung ke lapangan membawa kesimpulan untuk menghadirkan Kijang baru dengan fokus kepada kendaraan penumpang.

Alhasil, desain membulat dan modern di eranya membuat keluarga Indonesia kian mencintai generasi keempat Kijang atau “Kijang Kapsul” yang hadir di tahun 1997, di samping kenyamanan berkendara yang semakin premium.

MPV Premium Kijang Innova

Generasi kelima Kijang atau Kijang Innova hadir di tahun 2004 bersamaan dengan program IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle), di mana Indonesia mendapatkan kepercayaan sebagai pusat pengembangan model MPV.

Kijang Innova menjadi Kijang pertama yang fokus hanya sebagai kendaraan penumpang, dilengkapi dengan berbagai inovasi dan teknologi canggih.

Citra sebagai kendaraan premium mulai terbentuk dalam memenuhi kebutuhan mobilitas kalangan menengah.

Setelah itu, Kijang kembali berevolusi hingga menjadi generasi ke-6 yang kita kenal sebagai Kijang Innova “Reborn”.

Premium 7-seater MPV ini meluncur pada tahun 2015 dan mulai mengubah tampilan serta posisinya sebagai kendaraan keluarga premium, namun tetap mempertahankan DNA Kijang yakni durable, comfortable, dan peace of mind.

Pada 2017, Kijang Innova bertambah satu varian dengan hadirnya Innova Venturer yang dilengkapi dengan tambahan aksesori di beberapa sisi eksterior, yang menguatkan karakter sebuah sporty MPV.

Setiap generasi Kijang memberikan pengembangan mendasar yang dilatih oleh perubahan kebutuhan dan trend masyarakat serta menghadirkan inovasi terbaik di eranya.

Setiap generasi Kijang memiliki signatured khas sebagai mobil yang sesuai kebutuhan keluarga Indonesia di masanya.

Sebagai karya anak bangsa, Toyota Kijang berhasil tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia.

Dengan penjualan melampaui 2 juta unit, membuktikan bahwa Kijang dapat diterima oleh keluarga Indonesia berkat kemampuannya memahami kebutuhan pasar dan beradaptasi dengan perubahan trend dan teknologi, sehingga menghadirkan inovasi terbaik di setiap eranya.

All New Kijang Innova Zenix, An Innovative Car for The New Era

Berkomitmen untuk terus menghadirkan ever-better cars yang ramah lingkungan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menambah pilihan model elektifikasi di Indonesia dengan meluncurkan All New Kijang Innova Zenix.

Kendaraan ini menekankan komitmen Toyota terhadap mobilitas inklusif dengan terus mengembangkan kendaraan Hybrid EV yang terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Mengusung tagline Cross Into The New Energy, All New Kijang Innova Zenix menjajikan performa berkendara yang superior dengan mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

All New Kijang Innova Zenix dirancang sebagai An Innovative Car for The New Era untuk mewujudkan mobilitas yang nyaman dan aman.

Sekaligus mendukung visi Toyota untuk menciptakan mobil yang lebih baik untuk dunia yang lebih sustainable dan inklusif, serta untuk mencapai target pengurangan emisi karbon.


Back to top