MPV
Card image cap
All New Voxy

Starting From
Rp562.700.000

Find Out More
Card image cap
All New Veloz

Starting From
Rp286.000.000

Find Out More
Card image cap
All New Avanza

Starting From
Rp233.100.000

Find Out More
Card image cap
New Alphard

Starting From
Rp1.147.200.000

Find Out More
Card image cap
New Vellfire

Starting From
Rp1.317.400.000

Find Out More
Card image cap
New Venturer

Starting From
Rp485.200.000

Find Out More
Card image cap
New Kijang Innova

Starting From
Rp359.800.000

Find Out More
Card image cap
New Calya

Starting From
Rp151.600.000

Find Out More
Card image cap
New Sienta

Starting From
Rp312.700.000

Find Out More
SEDAN
Card image cap
New Corolla Altis

Starting From
Rp471.900.000

Find Out More
Card image cap
New Vios

Starting From
Rp289.500.000

Find Out More
Card image cap
New Camry

Starting From
Rp682.400.000

Find Out More
SUV
Card image cap
Land Cruiser

Starting From
Rp2.345.300.000

Find Out More
Card image cap
New Rush GR Sport

Starting From
Rp277.600.000

Find Out More
Card image cap
All New Raize GR Sport

Starting From
Rp249.200.000

Find Out More
Card image cap
New Fortuner GR Sport

Starting From
Rp530.800.000

Find Out More
Card image cap
All New Corolla Cross

Starting From
Rp463.510.000

Find Out More
HYBRID
Card image cap
New Corolla Altis Hybrid

Starting From
Rp521.100.000

Find Out More
Card image cap
All New C-HR Hybrid

Starting From
Rp566.000.000

Find Out More
Card image cap
New Camry Hybrid

Starting From
Rp813.500.000

Find Out More
HATCHBACK
Card image cap
New Agya GR Sport

Starting From
Rp155.500.000

Find Out More
Card image cap
New Yaris GR Sport

Starting From
Rp292.400.000

Find Out More
COMMERCIAL
Card image cap
New Dyna

Starting From
Rp354.600.000

Find Out More
Card image cap
New Hiace Commuter

Starting From
Rp539.200.000

Find Out More
Card image cap
New Hiace Premio

Starting From
Rp621.700.000

Find Out More
Card image cap
New Hilux D Cab

Starting From
Rp495.300.000

Find Out More
Card image cap
New Hilux S Cab

Starting From
Rp262.800.000

Find Out More
CORPORATE INFORMATION
TECHNOLOGY
OWNERSHIP
PRESSROOM
MOBILE INFO

Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol yang Wajib Dipenuhi oleh Pengelola Jalan Tol

Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol yang Wajib Dipenuhi oleh Pengelola Jalan Tol

Jalan tol adalah jalan bebas hambatan yang bisa dimanfaatkan dengan cara membayar tarif sesuai aturan yang berlaku.

Makanya, kamu juga harus paham standar pelayanan yang wajib dipenuhi oleh pengelola jalan tol.

Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol terus terlaksana secara rutin khususnya pada ruas jalan tol yang sudah beroperasi.

SPM jalan tol terdiri dari 8 unsur yang wajib dipenuhi oleh Badan Usaha Jalan Tol.

Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri PU No. 16/PRT/M/2014 dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol.

SPM jalan tol juga bertujuan untuk memberikan kepastian pelayanan kepada kamu sebagai pengguna jalan tol.

Ada beberapa unsur yang menjadi standar pelayanan jalan tol, termasuk Tempat Istirahat dan Pelayanan atau Rest Area, kualitas jalan, hingga kecepatan tempuh rata-rata jalan tol.

Dikutip dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, berikut 8 unsur standar pelayanan jalan tol yang harus dipenuhi oleh pengelola jalan tol.

1. Kondisi Jalan Tol

A. Perkerasan Jalur Utama (kekesatan, ketidakrataan, tidak ada lubang, rutting, dan retak pada jalan).

B. Drainase (fungsi dan manfaat drainase 100%).

C. Median (Fungsi dan Manfaat Median Jalan 100%).

D. Bahu Jalan (Lubang, rutting, dan retak).

E. Rounding (Permukaan rata lebar minimal 0,5 meter rumput maksimal 5 cm dan tidak masuk bahu jalan).

2. Kecepatan Tempuh Rata-rata

A. Jalan tol dalam kota (kecepatan ≥ 40 Km/Jam).

B. Jalan Tol Luar Kota (kecepatan ≥ 60 Km/Jam).

3. Aksesibilitas

A. Kecepatan transaksi rata-rata

- GT Sistem Terbuka (maksimal 6 detik/kendaraan).

- GT Sistem Tertutup (maksimal 5 detik/kendaraan).

- GTO (Gardu Tol Otomatis) - (maksimal 4 detik/kendaraan di gardu tol ambil kartu, dan 5 detik/kendaraan di gardu tol transaksi).

B. Jumlah antrean kendaraan

Maksimal 10 kendaraan pergardu dalam kondisi normal.

4. Mobilitas

A. Kecepatan penanganan hambatan lalu lintas: maksimal 30 menit setiap unit layanan yang diperlukan.

B. Kecepatan penanganan Partoli Jalan Raya: waktu penanganan, dan penindakan

C. Kecepatan penanganan kendaraan derek: durasi 30 menit sejak informasi diterima.

5. Keselamatan

A. Petunjuk Jalan: Perambuan, marka jalan reflektor, patok kilometer dan patok hektometer.

B. Fasilitas lainnya: Penerangan jalan umum (PJU) wilayah perkotaan anti silau, pagar rumija dan pagar pengaman.

C. Penanganan kecelakaan: Evakuasi korban ke rumah sakit terdekat dan penderekan gratis.

D. Pengamanan dan penegakan hukum: Tolok ukur keberadaan Patroli Jalan Raya (PJR) 24 Jam.

6. Unit pertolongan/penyelamatan dan bantuan pelayanan

A. Ambulance.

B. Kendaraan Derek.

C. Polisi Patroli Jalan Raya (PJR).

D. Patroli Jalan Tol (Petugas Tol).

E. Kendaraan Rescue.

F. Sistem Informasi.

7. Lingkungan

A. Kebersihan: Tidak ada sampah, terawat, dan bersih di seluruh ruas Jalan Tol.

B. Tanaman: Tidak mengganggu fungsi jalan tol.

C. Rumput: Tinggi maksimal 5 cm

8. Tempat Istirahat (TI) dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)

A. Kondisi jalan tidak ada lubang, retak, dan pecah.

B. On/Off Ramp.

C. Toilet Gratis dan Bersih.

D. Parkir Kendaraan teratur, bersih, gratis, dan tidak parkir di on/off ramp.

E. Penerangan.

F. Stasiun Pengisian Bahan Bakar (BBM).

G. Bengkel Umum.

H. Tempat Makan dan Minum.


Privacy Policy | Legal Cookie | Contact Us
©2020 Toyota Astra Motor
All information applies to Indonesia vehicles only

Konsultasi
Pembelian

Pricelist

Booking
Service

Credit
Simulation