
Tips
30 Nov 2020
Syarat dan Ketentuan serta Cara Klaim Warranty atau Garansi Mobil
Syarat dan Ketentuan serta Cara Klaim Warranty atau Garansi Mobil
By salsa
Pada dasarnya, warranty atau garansi mobil, termasuk Toyota, adalah jaminan tertulis atas kualitas produk dan pernyataan tanggung jawab produsen untuk memperbaiki atau mengganti produk yang rusak secara cuma-cuma untuk setiap masalah desain atau produksi yang ditemukan pada kendaraan pelanggan.
Berlakunya masa garansi atau warranty adalah sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam buku servis, atau permintaan dan pemberitahuan khusus produsen kendaraan.
Toyota, melalui jaringan dealer yang mencapai 333 outlet di seluruh Indonesia, akan memberikan perbaikan atau penggantian atas komponen yang termasuk dalam skema garansi yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak secara gratis.
Pengecualian untuk garansi adalah untuk komponen yang habis karena terpakai, kerusakan yang diakibatkan karena kesalahan pemakaian, atau karena faktor eksternal.
Lingkup perbaikan garansi hanya meliputi biaya perbaikan yang terdiri atas suku cadang dan jasa yang dikeluarkan dengan sepatutnya untuk memperbaiki kerusakan yang ditanggung oleh Toyota.
Masa Berlaku Garansi
Ada masa berlaku garansi yang bisa ditanggung oleh Toyota, yaitu 36 bulan atau 100.000 KM, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, terhitung dimulai tanggal penyerahan mobil ke pelanggan.
Khusus untuk baterai, masa berlaku garansi adalah 12 bulan atau 20.000 KM, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
Sedangkan untuk baterai mobil hybrid Toyota, masa berlaku garansi adalah 3 tahun atau 100.000 KM dan ditambah garansi dari distributor selama 2 tahun atau 50.000 KM, mana yang tercapai lebih dahulu.
Khusus untuk ban mobil, warranty diatur tersendiri dengan jaminan yang disediakan oleh produsen ban.
Syarat Berlakunya Garansi
Kamu harus mengemudikan, menangani, dan merawat mobil Toyota miliknya dengan baik dan benar sesuai buku pedoman pemilik kendaraan dan buku warranty Toyota.
Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk melaksanakan servis berkala di bengkel resmi Toyota yang terdiri atas servis berkala 1.000 KM atau 1 bulan pertama dan setiap kelipatan 10.000 KM atau 6 bulan.
Servis berkala adalah perawatan rutin yang dilakukan pada mobil pelanggan di jaringan bengkel resmi Toyota agar tetap dalam kondisi prima.
Terkait warranty, servis berkala memastikan klaim garansi tidak gugur jika suatu saat terjadi kerusakan karena catatan kondisi mobil dan rekaman perbaikan tercatat dengan baik.
Oleh karenanya, pelanggan wajib menyimpan bukti pelaksanaan servis berkala dalam masa warranty, yang sewaktu-waktu dapat diperlihatkan sebagai bukti dilaksanakannya servis berkala.
Cara Klaim Garansi
Kamu cukup membawa mobil Toyota dan buku warranty ke bengkel resmi Toyota terdekat atau langganan untuk mengklaim kerusakan yang terjadi.
Service advisor akan melakukan evaluasi klaim garansi.
Jika sesuai dengan ketentuan warranty, maka pihak bengkel resmi Toyota akan memulihkan kerusakan dengan cara perbaikan atau mengganti komponen yang rusak.