
04/12/2024
Bedah Fitur Rem ABS dan EBD pada Toyota Hilux Rangga, Bikin Mobil Operasional Lebih Aman di Jalan
Bedah Fitur Rem ABS dan EBD pada Toyota Hilux Rangga, Bikin Mobil Operasional Lebih Aman di Jalan
Rem memegang peran penting untuk memastikan mobil dapat mengurangi kecepatan dengan aman di jalan. Sebagai fitur krusial, sistem pengereman mendapatkan pengembangan. Di antaranya adalah dengan menyematkan fitur tambahan.
Tujuannya, selain untuk mempermudah tugas sopir saat mengerem, juga untuk meningkatkan unsur safety. Di antaranya adalah fitur ABS (Anti-lock Brake System) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) pada Toyota Hilux Rangga.
Anti-lock Brake System
Urusan fitur safety menjadi penting bagi Hilux Rangga karena daya angkutnya mencapai 1,2 ton. Tanpa sistem rem yang andal, akan berisiko di jalan. Ditambah mobilitas mobil niaga ini yang sangat tinggi sehingga butuh dukungan rem yang memberikan rasa tenang.
Anti-lock Brake System (ABS) masuk dalam ketegori active safety features, atau komponen yang secara aktif bertugas untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan menyatu dalam sistem rem mobil. Tersedia pada semua tipe Hilux Rangga, fitur ABS akan aktif bekerja tanpa menunggu kondisi darurat.
ABS berfungsi untuk membuat seluruh roda mobil agar tidak terkunci ketika pengemudi mengerem terlalu dalam saat panik atau kondisi darurat. Rem yang mengunci membuat ban tidak bisa dikontrol dan digerakkan ke kiri maupun ke kanan, sehingga sulit menghindari objek yang ada di depan.
Prinsipnya seperti mengocok rem dengan menekan dan melepas kembali pedal rem seperti yang banyak dilakukan sebelum adanya teknologi ini. Hanya saja gerakannya dibuat sangat cepat, halus, dan tidak terasa ke kabin. Alhasil ban mobil tidak sampai terkunci dan masih bisa mencengkeram aspal sehingga tidak kehilangan traksi.
Ban masih bisa dikendalikan saat situasi darurat, seperti pindah lajur ketika mobil di depan tiba-tiba berhenti. Fitur ini juga sangat bermanfaat saat melakukan pengereman mendadak di jalan licin atau berpasir untuk mendapatkan jarak pengereman yang lebih dekat dan ban tidak tergelincir atau selip.
Electronic Brake-force Distribution
Hanya ada di Hilux Rangga tipe High, Electronic Brake-force Distribution (EBD) mengatur distribusi tekanan rem di setiap ban sesuai kebutuhannya. Dalam beberapa kondisi, setiap roda memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika mengerem. EBD bekerja dengan melihat beban yang dipikul oleh masing-masing roda.
Saat mobil hanya diisi 2 penumpang, distribusi pengereman lebih besar di depan karena merupakan bagian paling banyak menopang beban. Namun perbedaan perlakuan didapatkan saat mobil diisi penuh, misalnya pada Hilux Rangga yang sedang mengantarkan barang dagangan.
Roda belakang mendapatkan tambahan daya pengereman agar kemampuan berhenti bisa lebih baik untuk mencegah mobil sulit dikendalikan karena setiap roda mendapatkan daya rem sesuai kebutuhannya. Selain itu, bobot mobil yang bertambah membuat mobil kian membutuhkan daya pengereman yang lebih merata.
Daftar Kelebihan Toyota Hilux Rangga
Toyota Hilux Rangga merupakan Reliable Business Partner yang tangguh, lincah, dan produktif. Ada beberapa value yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan. Seperti engine power besar 149 PS untuk mesin diesel sehingga mesinnya mantap untuk berbagai keperluan, irit BBM, dan akselerasinya cepat.
Selain itu, radius putar 4,9 m untuk Standard grade membuat All New Hilux Rangga begitu incah dan gesit dibawa kemana saja. Bukaan bak 1 dan 3 arah memudahkan bongkar muat barang dan bak berkapasitas besar. Ditambah lebih aman dengan kap mesin, serta kabin nyaman dengan posisi duduk yang ergonomis.
Pelanggan akan merasa tenang karena dilengkapi dengan jaringan servis dan spare part yang tersebar di seluruh Indonesia. Terdiri atas 312 bengkel resmi Toyota, 37 bengkel OtoXpert, dan lebih dari 1.000 part shop partner, ditambah bebas biaya jasa dan suku cadang hingga 6 bulan/10.000 km.