New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp582.200.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp630.300.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp410.800.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp243.000.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp297.200.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4412TIPS

Fungsi dan Cara Mengatur Sudut Kaca Spion Samping dan Tengah Mobil

Fungsi dan Cara Mengatur Sudut Kaca Spion Samping dan Tengah Mobil

Perkara mengatur spion mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Kamu harus memposisikan tampilan cermin tersebut sesuai dengan posisi duduk supaya bisa memantau situasi di sekeliling mobil. Dikutip dari kumparan.com, sudut spion yang ideal juga meminimalisir area blindspot.

Secara umum, fungsi spion mobil adalah untuk memudahkan dalam melihat area belakang mobil yang tidak bisa dipantau. Itupun tidak semua sudut di belakang mobil bisa dilihat via kaca spion. Saat akan melakukan pindah jalur, kamu wajib melihat spion untuk meminimalisir terjadinya tabrakan.

Kaca spion sangat penting fungsinya untuk manuver pada saat parkir kendaraan. Selain itu, dengan melihat spion, kondisi lalu lintas di belakang dapat diketahui dengan baik, termasuk memantau pergerakan mobil di belakang, seperti saat mereka ingin menyalip. Kamu bisa pula melihat bagian sisi kendaraan dengan memanfaatkan kaca spion saat berada di jalan sempit.

Cara Mengatur Sudut Kaca Spion Mobil

Blind spot pada kaca mobil biasanya terdapat pada pilar-pilar mobil, seperti pilar A, B, dan C. Mungkin terlihat sepele karena tebal tiang hanya 10-20 cm, tetapi kalau kamu tidak memperhatikan kaca spion atau mengaturnya tidak tepat, jelas sangat berbahaya.

Pertama yang harus dilakukan adalah mengatur posisi duduk pengemudi senyaman dan ideal mungkin. Karena ini akan mempengaruhi pandangan kamu terhadap kaca spion. Setelah posisi duduk dirasa sudah memadai atau enak, baru mengatur kaca spion.

Selanjutnya, atur spion samping. Jangan sampai pantulan visibilitas terlalu keluar sehingga badan mobil tidak terlihat. Sebaliknya, jangan sampai bodi mobil yang terlihat paling dominan karena mengurangi efektivitas memantau kondisi di sekitar mobil.

Perkiraannnya, kalau kamu menyetel spion bagian kiri, sekitar lima persen yang rerlihat adalah pilar B dan sisanya ke arah luar. Pilar B adalah tiang di sebelah pengemudi yang biasanya ada safety belt. Pengaturan spion kanan sama seperti di bagian kiri.

Mudahnya, perhatikan pantulan handle pintu depan mobil. Sesuaikan hingga sejajar dengan sisi bagian bawah kaca spion. Kemudian atur pada sisi terdalam, apabila spion kanan maka handle tadi diposisikan di sudut kiri.

Sudut ini memungkinkan area bodi samping mobil tetap terlihat. Walaupun tidak dominan, tetap bisa memantau posisinya, misalnya ketika berdekatan dengan kendaraan lain. Selain itu, pengaturan ini juga memaksimalkan visual ke arah samping diagonal.

Mengatur Sudut Spion Tengah

Untuk setelan spion tengah, kamu harus bisa melihat citra lurus ke area belakang. Caranya lebih mudah, cukup dengan menyesuaikan pantulan spion tengah hingga menampilkan keseluruhan area jendela belakang mobil.

Pastikan seluruh view jendela belakang mobil terlihat atau jendela bagian belakang keseluruhan masuk di dalam spion. Visibilitas harus utuh dan tidak boleh hanya sebagian saja.

Cobalah sapu pandangan dari depan ke spion tengah, perhatikan apakah sudutnya sudah pas dan nyaman di kepala. Lanjutkan pula dengan menengok spion samping kiri dan kanan secara bergantian karena menengok kaca spion bisa dilakukan puluhan bahkan ratusan kali saat di jalan

Saat parkir mundur, arahkan spion kiri sedikit ke bawah, sehingga posisi ban terhadap trotoar atau pembatas terlihat. Jangan memakai mode malam untuk siang hari pada spion tengah. Di jalan, biasakan 10-15 detik sekali mengecek keadaan sekitar lewat spion sebagai langkah antisipasi pergerakan mobil lain dari belakang.


Back to top