All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_308

Ini Alasannya Baterai Hybrid Diposisikan di Kolong Mesin

Ini Alasannya Baterai Hybrid Diposisikan di Kolong Mesin

Selain mesin, mobil hybrid memiliki elemen yang sangat vital, yaitu baterainya. Ini karena kinerja motor listrik ditopang keberadaan baterai yang dayanya terisi saat mobil mengurangi kecepatan atau mengerem. Pada salah satu kondisi macam itu, motor listrik bekerja sebagai alternator, alias mengganti kerja yang dilakukan mesin bensin.

Tidak hanya fungsi, baterai listrik juga merupakan satu kesatuan hubungan antara mesin dan baterai sehingga menjadi sangat penting. Pada penerapannya, baterai dari hybrid secara tidak langsung akan memengaruhi produktivitas kendaraan, mengingat kemampuannya untuk menjalankan perintah dari ECU.

Secara umum, ada perbedaan rumusan peletakan baterai listrik dan mesin bensin bisa jadi berbeda di antara setiap mobil hybrid. Rumus peletakan baterai tidak hanya berkaitan dengan penempatan baterai, tetapi juga jenis dan ukuran baterainya. Ini agar posisinya tidak tumpang tindih sehingga mengganggu sistem kelistrikan. Berikut beberapa studi kasus yang akan menjelaskan peletakan posisi mesin dan baterai listrik pada mobil hybrid.

  • Kenapa Baterai Listrik Diletakkan di Kolong Mesin?

Alasan pertama adalah ukurannya yang memanjang dan berbentuk persegi. Kalau memeriksa posisi mesin dan motor listrik pada mobil hybrid, Anda juga akan melihat keberadaan sambungan baterai listrik.

Posisi baterai listrik dan mesin pada mobil hybrid tidak diletakkan berdampingan. Ukuran baterai listrik yang panjang tidak memungkinkan benda tersebut diletakkan sejajar dengan mesin. Ini yang menjadikan baterai diletakkan di bagian kolong mesin.

  • Amankah Baterai Hybrid saat Melewati Genangan Air?

Saat proses pengembangan, Mobil hybrid biasanya memiliki rancangan pengamanan untuk genangan air. Jadi di dalam ruang mesin dan beterai mobil hybrid, Toyota memberikan pengaman khusus untuk menangani masalah kelistrikan. Dari segi peletakan kabel, mobil hybrid biasanya menempatkan kabel-kabel di bagian khusus yang tak mudah tersentuh air. Lalu kabel-kabel listrik yang terpasang disertai pengaman.

Sensor dengan sensitivitas tinggi juga dipasang di bagian mobil dan akan berbunyi bila benda itu menilai kondisi sekeliling mobil sudah berbahaya bagi jalur kelistrikan. Sederhananya, bila sampai terkena air, sensor akan mengirim sinyal dan memutus aliran listrik.

  • Bisakah Posisi Baterai Dipindah?

Posisi baterai listrik tidak selamanya di kolong mesin. Terkadang baterai listrik juga diletakkan di bawah kursi penumpang bagian belakang. Baterai yang diletakkan di posisi tersebut bertujuan menjaga distribusi berat mobil supaya tetap seimbang di bagian depan dan belakang. Jadi, bila mesin bensin sudah diletakkan di bagian depan, tak mungkin baterai listrik diletakkan di bagian yang sama. Atas alasan tersebut, baterai listrik umunya diletakkan di bagian belakang.

Pada mobil tipe hybrid, antara mesin berbahan bakar minyak dan motor dan baterai listrik berjalan berdampingan untuk menghasilkan performa berkendara yang lebih handal dan irit bahan bakar. Saat ini, Toyota merupakan salah satu pelopor mobil hybrid terbesar di dunia. Berkat teknologi Hybrid Synergy Drive (HSD) yang cerdas, penggunaan mesin bensin dan mesin listrik bisa bergantian secara otomatis.

Dengan kata lain, teknologi HSD mampu beradaptasi di kondisi mengemudi yang berbeda. Daya dorong mobil diperoleh dari dua sumber daya yang berbeda (mesin listrik mesin bensin), sistem HSD secara otomatis akan memberitahu bagaimana memadukan keduanya secara benar untuk memperoleh performa dan efisiensi maksimal. Yuk, beralih ke mobil ramah lingkungan produksi Toyota, dan ciptakan lingkungan hidup yang lebih bersih dan ramah lingkungan dengan menghemat lebih banyak bahan bakar selama berkendara.


Back to top