New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_7339TIPS

Jangan Injak Pedal Rem Mobil Ketika Menghadapi Situasi Darurat Berikut Ini, Wajib Tenang dan Kendalikan Arah Mobil

Jangan Injak Pedal Rem Mobil Ketika Menghadapi Situasi Darurat Berikut Ini, Wajib Tenang dan Kendalikan Arah Mobil

Salah satu komponen penting mobil adalah rem. Tugas utamanya adalah mengurangi kecepatan mobil hingga berhenti jika dibutuhkan. Karena penting, maka Anda harus menjaga kondisinya supaya dapat bekerja ketika dibutuhkan.

Namun begitu, justru ada beberapa situasi dimana Anda sebaiknya tidak menginjak pedal rem. Bahkan ada kemungkinan masalah lebih besar kalau dipaksakan tetap melakukan pengereman. Kedua situasi tersebut adalah saat mobil mengalami aquaplaning dan pecah ban.

Aquaplaning

Di musim hujan, Anda harus waspada aquaplaning saat menyetir mobil. Dilansir dari Kompas.com, berbagai faktor bisa jadi penyebabnya, mulai dari genangan air yang dalam, ban mobil botak, sampai mengemudi terlalu kencang sehingga tidak dapat memantau situasi sekitar mobil. 

Kalau mobil sudah sampai mengalami aquaplaning, sulit sekali buat bisa diselamatkan. Pasalnya, tidak ada satupun pengemudi yang bisa mengontrol mobilnya ketika terjebak aquaplaning di kecepatan tinggi. Kalaupun pernah berhasil, lebih karena faktor keberuntungan. 

Lantas, bagaimana kalau sampai mobil Anda mengalami aquaplaning? Tindakan yang paling bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko kecelakaan adalah dengan menjaga setir tetap lurus dan jangan berusaha menginjak pedal rem. 

Mobil yang terkena aquaplaning cenderung akan melintir atau berputar karena ban selip. Bahkan kondisi dapat lebih parah jika tekanan udara ban beda, kembangan sudah habis, dan suspensi tidak dalam keadaan prima. 

Jadi tindakan paling benar hanya dengan menahan setir agar tetap lurus dan jangan menginjak pedal baik gas atau rem. Biarkan mobil meluncur hingga momentum habis dan mobil melaju pelan. Coba gerakkan kemudi, kalau mobil sudah bisa dikendalikan, artinya sudah terlepas dari serangan aquaplaning.

Pecah Ban

Dikutip dari Kompas.com, tidak sedikit pengemudi yang panik dan langsung menginjak pedal rem dengan keras supaya bisa menghentikan laju mobil yang pecah ban. Padahal, menginjak langsung pedal rem saat ban mobil pecah dan posisi kendaraan melaju kencang bisa mengakibatkan kecelakaan yang lebih serius. 

Paling penting dan wajib diingat, tidak boleh langsung injak pedal rem karena sudah ada engine brake yang akan memperlambat laju mobil. Seiring momentum, kecepatan mobil akan berkurang dengan sendirinya. Sehingga, Anda hanya perlu memastikan pedal gas, kopling, dan rem tidak diinjak. 

Selain tidak menginjak pedal rem bagaimanapun situasinya, tahan kemudi lurus ke arah depan. Biasanya, mobil akan meluncur ke arah ban yang pecah sehingga pengemudi cenderung ingin menginjak pedal rem supaya dapat mengendalikan mobil.

Karena itu, perhatikan ban yang pecah. Termasuk pula perhatikan jenis mobil apa yang dikendarai. Mobil jenis MPV dan SUV dengan tubuh dan ground clearance tinggi lebih sulit dikendalikan. Karena itu, selalu patuh batas kecepatan maksimal supaya tidak overspeed ketika ban pecah.

Jika ban depan, kemudi harus ditahan lurus ke depan lebih kuat karena mobil akan tertarik ke arah ban yang pecah. Ban belakang yang pecah relatif dapat dikendalikan karena kontrol tetap ada di ban depan. Jangan pernah membelokkan setir ke arah berlawanan yang akan membuat mobil terpelanting dan berisiko terbalik.

Ketika pedal rem diinjak, maka roda akan cenderung mengunci sementara karakter ban mobil lunak sehingga dapat menyebabkan mobil terguling dan memperparah risiko. Ketika situasi mulai terkendali, aktifkan lampu sein kiri dan arahkan kendaraan ke lajur kiri jalan tol secara perlahan.

Saat mobil sudah berada di kecepatan sekitar 40 km/jam dan bisa dikendalikan, pelan-pelan arahkan kemudi ke arah bahu jalan. Terus pantau kondisi di belakang untuk memastikan tidak ada mobil lain yang melaju kencang. Ketika sudah cukup lambat, masuk ke bahu jalan dan biarkan mobil berhenti dengan sendirinya.

 


Back to top