All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.407.300.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.016.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp448.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp659.700.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp615.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp283.700.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp369.900.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp239.700.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp292.900.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp809.800.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp945.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.300.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4843TIPSAFTERSALES

Selain Brake Fading, Overheat dan Vapor Lock Bisa Bikin Rem Mobil Blong Saat Mudik Lebaran, Waspadalah!

Selain Brake Fading, Overheat dan Vapor Lock Bisa Bikin Rem Mobil Blong Saat Mudik Lebaran, Waspadalah!

Setelah dijelaskan mengenai brake fading, sekarang akan dibahas masalah rem mobil lainnya yakni overheat dan vapor lock yang, Kedua masalah ini sama berbahayanya karena sanggup memicu rem blong. Anda tentu tidak mau itu terjadi saat mudik Lebaran sebentar lagi.

Paham Overheat dan Vapor Lock pada Rem Mobil

Vapor lock merupakan kondisi dimana suhu rem menjadi terlalu panas karena diinjak terlalu lama sehingga menyebabkan cairan rem mendidih. Ketika cairan rem mendidih, akan menghasilkan uap air atau vapor lock yang bisa menyebabkan rem blong karena tidak bisa bekerja menekan kampas rem.

Sementara pada kampas rem juga ada masalah sendiri yakni overheat, yaitu kondisi dimana kampas rem mobil terlalu panas karena terus menerus melakukan pengereman. Akibatnya, kampas rem tidak bisa mengigit teromol atau cakram rem lantaran koefisien geseknya menurun drastis.

Kedua kondisi di atas akan membuat rem mobil malfungsi atau blong ehingga laju mobil tidak terkendali. Kunci dari masalah ini adalah Anda harus menjaga kondisi cairan rem beserta komponen pengereman lainnya.

Cek Cairan Rem

Periksa ketinggian cairan rem di dalam tabung penyimpanan minimal sebulan sekali atau ketika mencuci mobil. Tambah jika kurang dengan cairan rem yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Periksa sekitar tabung cairan rem akan potensi kebocoran, terutama sekitar sambungan selang. Apalagi jika isi ulang cairan rem cukup sering yang menandakan ada masalah yang harus segera ditangani.

Kuras Cairan Rem

Formula kimia dalam cairan rem juga ada masa pakainya. Kalau dipaksakan, kemampuannya dalam bekerja dan melepas panas jadi melemah. Akibatnya, tekanan cairan rem hilang dan rem mobil blong. Ganti cairan rem setiap 40.000 km atau 2 tahun sekali untuk menjaga kualitas formula kimia yang ada di dalamnya.

Bersihkan Tabung Cairan Rem

Meski tutup tabung selalu ditutup rapat, tetap ada potensi uap air masuk dan membuat cairan rem ‘masuk angin’ yang bisa membuat rem blong karena kehilangan tekanan. Selain itu, di dasar tabung mungkin timbul endapan lumpur bahkan lumut kalau Anda benar-benar tidak peduli kondisinya.

Bersihkan tabung cairan rem bersamaan dengan pengurasan cairan rem. Jangan lupa untuk membuang angin yang terperangkap di sistem rem saat proses pembersihan telah selesai. Pastikan pula selang dan pipa cairan rem dicek ulang, termasuk klem sambungan.

Jangan lupa pula cek pipa, selang dan sambungan yang menempel di booster rem. Ganti selang jika sudah getas dan ganti pipa bila ada risiko karat.

Cek Kampas Rem

Kalau sudah tidak layak, kampas rem akan kesulitan menggigit piringan cakram atau teromol. Bahkan di kondisi tertentu kampas rem bisa kehilangan koefisien gesek karena kepanasan (overheat) dan ini merupakan salah satu sumber utama rem blong.

Jangan tunda untuk mengganti kampas rem jika direkomedasikan untuk diganti. Sekaligus, periksa kondisi piringan cakram atau teromol rem karena bisa saja bagian ini rusak, seperti permukaan cakram bergelombang sehingga rem malfungsi.

Periksa Piston pada Sistem Rem

Fungsi piston pada rem mobil adalah untuk menggerakkan kaliper penjepit kampas rem ke piringan rem. Jika terjadi kemacetan pada piston, maka kaliper tidak dapat digerakkan. Hal ini berbahaya karena rem dapat mengunci seketika.

Kemacetan pada piston dapat diakibatkan oleh karat sekitar piston rem atau kerusakan di bagian karet–karet piston.

Poin tips di atas cukup sulit dilakukan sendiri karena membutuhkan keterampilan bongkar-pasang parts mobil. Salah satu solusi paling mudah dan aman adalah servis berkala di bengkel resmi Toyota. Namun jangan terlalu dekat Lebaran karena biasanya bengkel akan ramai pengunjung.

Setel Ketinggian Rem Tangan

Rem tangan bisa berfungsi sebagai rem darurat ketika rem utama blong lantaran tidak mengandalkan sistem yang sama dengan rem mobil. Masalahnya, posisi rem tangan yang terlalu rendah dapat mengakibatkan kemacetan di sistem rem mobil.

Pada umumnya, ketinggian rem tangan hanya diperbolehkan  5 hingga 8 klik. Semakin rendah posisinya, maka jarak kampas rem dengan piringan atau teromol rem menjadi terlalu dekat yang dapat mengakibatkan sistem rem mobil macet.

Servis Rem di Bengkel Resmi Toyota

Langkah paling mudah dan efektif untuk mencegah rem mobil blong adalah dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota karena teknisi akan mengecek kondisi sistem rem keseluruhan. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan service advisor yang bertugas kalau dirasa ada yang tidak beres dengan rem mobil.

Gunakan TMO Brake Fluid

Sifat cairan rem adalah dapat menyerap uap air, sehingga jika lama digunakan akan menghasilkan gelembung udara yang akan mengakibatkan vapor lock. TMO Brake Fluid dipastikan sesuai dengan spesifikasi mobil Toyota dan kondisi berkendara yang dinamis di Indonesia.

TMO Brake Fluid juga memiliki keunggulan untuk mengurangi risiko rem gagal berfungsi. Seperti dapat mencegah karat, tidak merusak karet atau logam, mempunyai viskositas yang tidak mudah terpengaruh suhu lingkungan yang kerap berubah, dan mempunyai sifat pelumasan yang baik.

Anda dapat membeli TMO Brake Fluid di bengkel resmi Toyota supaya terjaga kualitasnya dan dijamin orisinal.


Back to top