New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_5527TIPS

Teknik Memutar Setir yang Benar, Memudahkan Manuver Mobil dan Menjaga Safety di Jalan

Teknik Memutar Setir yang Benar, Memudahkan Manuver Mobil dan Menjaga Safety di Jalan

Mengemudi mobil bukan sekadar menginjak pedal gas dan rem. Ada hal lain yang wajib dipelajari yakni teknik memutar setir atau kemudi. Dikutip dari Kompas.com, masih sering ditemui pengemudi mobil memutar setir sembarangan.

Teknik yang salah bisa berdampak buruk pada sistem kemudi mobil. Misalnya, kebiasaan memutar setir sampai mentok. Meskipun aman karena sudah ada stopper pada power steering, namun mempercepat kerusakan pada sistem kemudi.

Sehingga, Anda harus menggunakan teknik saat memutar setir mobil agar terhindar dari kerusakan dan mengurangi risiko cidera bila ada kejadian yang tidak diinginkan. Dalam dunia keselamatan berkendara, hanya ada dua teknik memutar setir mobil.

Pertama adalah teknik cross atau hand over hand, dan kedua adalah teknik push and pull. Anda tidak boleh menggunakan satu tangan ketika mengemudi mobil terkait safety di jalan. Khususnya banyak kejadian tidak terduga yang wajib diantisipasi dengan cepat.

Teknik Push and Pull

Pada teknik ini, tangan terletak di luar kemudi dan tidak menyilang. Saat belok ke kanan, tangan kanan pindah ke jam 12 dan menarik kemudi ke arah jam 6, sedangkan tangan kiri mendorong kemudi dari jam 6 ke arah jam 12. Pun sebaliknya saat ingin belok ke kiri.

Sesuaikan sudut putar dan tenaga dengan arah berbelok mobil. Itulah mengapa teknik ini disebut sebagai tarik dan dorong yang umum dipakai saat manuver ringan seperti belok di perempatan jalan. Untuk pindah lajur atau menikung, selama tidak butuh banyak putaran setir, tangan masih tetap di posisi jam 9 dan jam 3.

Anda disarankan untuk menggunakan teknik ini karena dari sisi safety, lingkar kemudi selalu digenggam dan menghindari tangan menyilang. Ketika dihadapkan dengan posisi genting, Anda akan cepat mengkondisikan manuver dari setir.

Hand Over Hand

Teknik hand over hand cocok untuk manuver yang butuh radius putar luas sekaligus pada kecepatan rendah, seperti putar balik atau parkir seri. Ambil contoh saat ingin berbalik arah, posisikan tangan kanan di arah jam 10 dan tangan kiri di arah jam 4 secara bersamaan.

Selanjutnya, putar secara bersamaan kedua tangan ke arah belok mobil. Karena jangkauan tangan yang luas, putar setir sekaligus untuk mendapatkan sudut belok yang besar. Bahkan kadang kala cukup dengan sekali putar, mobil sudah mendapatkan sudut belok yang diinginkan.

Anda tinggal menahan setir agar tidak berbalik arah sebelum waktunya. Kalaupun belum cukup, bisa mengembalikan tangan ke arah awal. Namun jangan sekaligus karena harus ada tangan yang menahan setir. Sesuaikan sudut putar kemudi dengan sudut belok yang diinginkan.

Tetap ambil contoh saat balik arah ke kanan, pindahkan dulu tangan kiri kembali ke posisi jam 9 untuk menahan kemudi. Setelah itu, pindahkan tangan kanan ke posisi jam 10. Sejenak tangan kanan sudah bisa menahan kemudi agar tetap berada di sudut yang diinginkan, segera pindahkan tangan kiri ke posisi jam 4.


Back to top