19/09/2019
TOYOTA FUN CODE JAKARTA
TOYOTA FUN CODE JAKARTA
Roadshow Toyota Fun/Code Digelar di Jakarta Untuk Mempelajari Pentingnya Big Data dan AI
Setelah dua kegiatan serupa dilakukan di Yogyakarta dan Bandung, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar roadshow Toyota Fun/Code di Jakarta, Kamis (19/8/2019), di Ibis Hotel Harmoni.
Sejak kompetisi pemograman digital ini dicanangkan pada pertengahan Agustus 2019 lalu, peserta Toyota Fun/Code yang sudah terdaftar hingga kini mencapai lebih dari 200 peserta dan melebihi target TAM.
Pada roadshow Toyota Fun/Code sebelumnya, sesi talkshow yang menampilkan para profesional di bidang IT mendapat antusiasme tinggi dari para peserta. Total peserta yang hadir saat roadshow di Yogyakarta dan Bandung mencapai hampir 200 orang.
Tema-tema talkshow yang disajikan diharapkan dapat membantu para peserta menciptakan program aplikasi atau produk digital unggulan untuk dilombakan, khususnya yang terkait dunia otomotif.
“Terima kasih atas kehadiran para peserta workshop yang telah digelar dalam rangkaian roadshow Toyota Fun/Code di Yogyakarta dan Bandung,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM,) Anton Jimmi Suwandy.
“Kami berharap, tema-tema kerangka acuan materi yang disajikan dalam acara ini makin memotivasi para jagoan IT dari kalangan muda millennial yang mengikuti kompetisi ini, guna menciptakan produk digital yang mampu memberikan solusi lebih khususnya di dunia otomotif dalam upaya meningkatkan pengalaman berkendara terbaik untuk masyarakat,” lanjutnya.
Roadshow Toyota Fun/Code di Jakarta menghadirkan Vice President Product and Engineering Kata.ai Pria Purnama dan Chief Product Officer Kitabisa.com Vikra Ijas.
Kedua profesional yang juga expert di bidang IT tersebut tampil sebagai keynote speaker dalam workshop yang mengulas kerangka acuan materi lomba berjudul “Dari Data Jadi Produk”.
Dalam presentasi tersebut, dibahas mengenai pentingnya para IT developer memahami Big Data dan Artificial Intelligence (AI), serta mengelolanya dengan tepat untuk dapat menjadi informasi dan problem solver bagi pengguna aplikasi digital yang dihadirkan.
Tujuannya agar aplikasi digital yang dibuat itu bisa benar-benar dibutuhkan atau menjadi product-market fit melalui kompetisi ini dalam sebuah proses pengembangan produk yang matang.
Selain tema materi “Dari Data Jadi Produk”, dalam dua workshop Toyota Fun/Code sebelumnya juga telah dibahas materi lainnya dengan judul “Bikin MVP ala Raksasa Teknologi” dan “Pentingnya Mengembangkan Ide Produk Solutif”.
Tema-tema materi tersebut sengaja dibahas dalam workshop karena menjadi dasar yang penting dalam pembuatan sebuah aplikasi digital tepat guna yang tak hanya mampu memberikan solusi bagi penggunanya namun dapat menjaga keberlanjutan sebagai sebuah bisnis rintisan (startup).
Pendaftaran peserta Toyota Fun/Code akan ditutup pada 3 Oktober. Setelah seluruh kegiatan roadshow Toyota Fun/Code selesai dilakukan, TAM akan menggelar Hackaton Day yang akan berlangsung selama 1 x 24 jam pada 2-3 November 2019 di Jakarta.
Di Hackaton Day tersebut, para peserta individu dan tim akan diuji kemampuannya sebagai IT Developers, dan aplikasi sesuai tema yang mereka pilih.
Untuk menjadi IT Developers andal, peserta akan diuji keahliannya di bidang programmer, graphic designers, interface designers, project manager. Peserta ditantang mengerahkan potensinya agar aplikasi yang mereka bangun bisa selesai sesuai harapan.
“Melalui berbagai subtema dalam Toyota Fun/Code diharapkan akan lahir aplikasi-aplikasi unggulan yang menjadi inovasi bisnis otomotif,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.
Kami juga berharap melalui ajang kompetisi ini akan lahir startup-startup baru untuk menginspirasi generasi muda lainnya menjadi IT Developers andal Indonesia dalam menghadapi tantangan era Industry 4.0,” tutupnya.