
07/06/2022
TOYOTA GAZOO Racing Siap Tampil di Le Mans 24 Jam Untuk Meraih Gelar Juara Kelima Berturut-turut Sejak 2018
TOYOTA GAZOO Racing Siap Tampil di Le Mans 24 Jam Untuk Meraih Gelar Juara Kelima Berturut-turut Sejak 2018
TOYOTA GAZOO Racing (TGR) mempertaruhkan rekor tak terkalahkan yang panjang untuk meraih kemenangan kelima berturut-turut di Le Mans 24 Jam, 11-12 Juni 2022.
Sejak merebut mahkota Le Mans pertama pada tahun 2018, TOYOTA GAZOO Racing telah memenangkan setiap balapan berikutnya di La Sarthe.
TGR membuat sejarah dalam prosesnya dengan menambahkan rekor waktu balapan dan kualifikasi tercepat, serta menjadi pemenang perdana Hypercar dengan GR010 HYBRID.
Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López Kembali berlaga untuk mempertahankan podium juara Le Mans menggunakan GR010 HYBRID #7, menyusul kemenangan pertama yang emosional tahun lalu.
Mereka tiba di Prancis dalam keadaan segar dari kemenangan pertama musim 2022 ajang FIA World Endurance Championship (WEC) dalam 6 Hours of Spa yang dramatis pada awal Mei.
Menggunakan GR010 HYBRID #8, Sébastien Buemi dan Brendon Hartley adalah para jawara Le Mans, dengan masing-masing tiga dan dua kemenangan.
Untuk tahun 2022, mereka berlomba bersama Ryo Hirakawa yang telah berkompetisi dua kali di kelas LMP2 di Le Mans dan selanjutnya melakukan debutnya di kelas atas.
Le Mans 24 Jam tahun ini merupakan yang pertama bagi Kazuki Nakajima dalam peran barunya sebagai Wakil Ketua TOYOTA GAZOO Racing Europe.
Pemenang Le Mans tiga kali dan Juara Dunia 2018-2019 memainkan peran penting dalam manajemen tim di dalam dan di luar lintasan, memperkuat operasi, dan membina suasana profesional dalam keluarga TGR mengikuti semangat Pendiri Tim Akio Toyoda.
Sebagai putaran ketiga musim WEC 2022, Le Mans menawarkan poin ganda dan kesempatan bagi TGR untuk melompat ke depan klasemen pabrikan dan pembalap menyusul awal tahun yang ketat di kelas Hypercar melawan rival kuat dari Alpine dan Glickenhaus.
Balapan tahun ini menandai tonggak penting bagi keterlibatan Toyota dalam balap ketahanan; mobil hibrida pertama tim LMP1 yakni HYBRID TS030 membuat debut WEC di Le Mans pada tahun 2012.
Selama dekade berikutnya, tim telah berpartisipasi dalam 72 balapan WEC, memenangkan delapan Kejuaraan Dunia (empat pabrikan dan empat pembalap), 36 balapan dan meraih 31 pole position.
Warisan Toyota di Le Mans dimulai pada tahun 1985. Sejarah dirayakan ketika Kazuki Nakajima berada di belakang kemudi mobil 85C Grup C TOYOTA TOM untuk membawa piala juara di kelasnya.
Ayah Kazuki, Satoru mengendarai mobil di posisi 12 pada 37 tahun yang lalu.
Sebelum itu, tim menghadapi minggu persiapan yang intens, yang dimulai dengan hari tes resmi pada Minggu 5 Juni 2022.
Itulah satu-satunya kesempatan sepanjang tahun bagi para pesaing untuk menguji mobil mereka di Circuit de la Sarthe sepanjang 13,626 km, yang merupakan perpaduan unik antara jalan umum dan sirkuit permanen.
Pelajaran dari hari tes akan memandu tim saat mereka membangun kembali dan menyempurnakan mobil selama lima jam latihan dan sesi kualifikasi 60 menit pada hari Rabu.