New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp573.700.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.150.000.000

Explore Get Your Offer
All New GR Corolla

All New GR Corolla

Starting FromRp1.360.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.407.300.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.016.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp448.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp659.700.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp621.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp283.700.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp369.900.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp239.700.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp292.900.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp809.800.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp945.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.300.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

news_4854TIPS

Untung Rugi Mudik Siang atau Malam Hari, Perhitungkan Supaya Aman dan Nyaman di Jalan

Untung Rugi Mudik Siang atau Malam Hari, Perhitungkan Supaya Aman dan Nyaman di Jalan

Memutuskan mudik siang atau malam hari mungkin agak membingungkan buat Anda yang baru pertama kali mudik atau jarang bepergian jauh menggunakan kendaraan pribadi. Dikutip dari Detik.com, Anda dapat mempertimbangan kelebihan dan kekurangan mudik siang atau malam hari.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan

Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Berikut ini  pertimbangan untuk menentukan perjalanan mudik di siang atau malam.

1. Kondisi Lalu Lintas

Lalu lintas adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat mudik. Lalu lintas akan berpengaruh pada lamanya perjalanan, risiko kecelakaan, hingga kenyamanan berkendara. Di musim mudik, hampir sulit ditemukan jalan yang tidak macet sehingga Anda harus mempertimbangkan risiko ini.

2. Jarak Pandang

Jarak pandang penting dipertimbangkan oleh pengemudi. Faktor ini akan mempengaruhi kecepatan perjalanan dan juga keselamatan. Khususnya kalau turun hujan di jalan atau melewati wilayah pegunungan yang berkabut.

3. Faktor Kelelahan Pengemudi

Kelelahan bisa sama berbahaya dengan mengemudi dalam kondisi mabuk. Kelelahan bisa menyebabkan serangan kantuk saat mengemudi sehingga mengancam keselamatan jiwa. Maka dari itu, alangkah baiknya ada 2 driver dan istirahat tidur minimal 6 jam sebelum berangkat mudik.

4. Fasilitas Penunjang di Jalan

Perhatikan pula fasilitas penunjang saat melakukan perjalanan jauh. Fasilitas ini seperti SPBU atau pom bensin, rest area, kamar mandi, masjid, minimarket, tempat makan, dan sebagainya. Patut dicatat bahwa hampir semua faslitas umum bakal padat di musim mudik Lebaran.

5. Gangguan dalam Perjalanan

Gangguan dalam perjalanan bisa dalam beberapa bentuk, seperti penjahat, binatang, banyaknya perlintasan kereta dan jalan raya, pasar tumpah, dan aktivitas masyarakat lain yang menyita badan jalan sehingga menghambat kelancaran arus lalu lintas.

Kelebihan dan Kekurangan Mudik Siang Hari

Jika Anda ingin mudik di siang hari, berikut ini kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan

1. Jarak Pandang Lebih Baik

Jarak pandang di siang hari tentu lebih baik daripada di malam hari, bahkan ketika hujan maupun mendung. Dengan jarak pandang lebih jauh, Anda bisa melihat jalan dan kendaraan dengan lebih leluasa sehingga bisa lebih mudah menghindari risiko kecelakaan.

Anda juga bisa melihat rambu-rambu dengan mudah, sehingga lebih cepat mengetahui kapan ada persimpangan atau lampu merah. Termasuk pula langkah antisipasi kalau ada perubahan arus lalu lintas oleh polisi.

2. Fasilitas Umum Banyak yang Buka

Di siang hari, Anda tak perlu khawatir mengenai fasilitas umum, seperti SPBU, toko, dan restoran, karena banyak yang buka di siang hari. Berhenti di daerah manapun, akan mudah menemukan fasilitas ini. Sangat bermanfaat buat Anda yang jarang ke luar kota.

3. Sesuai Jam Biologis Manusia

Perjalanan siang hari sesuai jam biologis manusia yang aktif di siang hari sehingga terhindar dari risiko mengantuk dan lelah. Sinar matahari secara alami ikut membantu menjaga tubuh tetap terjaga dan waspada, sehingga kemungkinan mengantuk lebih kecil dibandingkan di malam hari.

4. Rambu dan Marka Jalan Terbaca Jelas

Tentu bukan perkara mudah jika harus melalui wilayah yang jarang dilewati. Memang ada peta digital, tapi Anda tetap harus memperhatikan rambu dan marka jalan supaya tidak salah arah dan tersesat. Berkendara di siang hari memudahkan proses di atas, termasuk bertanya ke warga sekitar kalau bingung.

Kekurangan

1. Lalu Lintas Lebih Padat

Kekurangan mudik siang adalah lalu lintas yang lebih padat. Ditambah, lokasi keramaian seperti pasar tumpah. Ada kemungkinan macet di beberapa titik yang membuat perjalanan semakin lama, bahkan macet total kalau banyak yang tidak sabaran. Selain itu, banyaknya kendaraan juga meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Banyak Gangguan di Jalan

Karena aktivitas lebih tinggi di siang hari, otomatis potensi gangguan seperti sepeda motor atau becak yang jalan sembarangan akan lebih banyak. Termasuk risiko orang menyeberang dan kegiatan masyarakat di pinggir jalan yang kalau tidak hati-hati dapat memicu kecelakaan.

3. Suhu Lingkungan Tinggi

Meskipun sekarang masih musim hujan, tapi di siang hari suhu lingkungan cukup tinggi sehingga dapat membuat Anda dan penumpang kurang nyaman. Memang ada AC, namun di tengah kondisi jalan macet dan penumpang mobil penuh, tetap akan mengurangi kenyamanan.

Kelebihan dan Kekurangan Mudik Malam

Jika Anda ingin mudik di malam hari, berikut ini kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan:

Kelebihan

1. Jalanan Lebih Sepi

Lalu lintas di malam hari biasanya jauh lebih sepi dibandingkan siang hari. Hal ini berpengaruh pada waktu tempuh yang lebih singkat, bahan bakar lebih efisien, dan berkendara lebih nyaman tanpa harus stop and go seperti saat macet. Jumlah kendaraan yang sedikit turut berpotensi mengurangi risiko kecelakaan.

2. Anak-anak Bisa Tidur dengan Tenang

Jika mudik bersama anak-anak, akan lebih mudah jika dilakukan malam hari. Mereka kemungkinan akan tidur nyenyak, khususnya kalau berangkat setelah makan malam. Tidak ada anak yang rewel atau minta ke kamar kecil sewaktu-waktu.

3. Lebih Fokus Mengemudi

Karena pandangan terbatas, pengemudi akan lebih fokus melihat jalan dan jarang menoleh ke kanan dan kiri. Selain itu, Anda akan lebih waspada karena suasana yang sepi. Kondisi lingkungan yang tidak sepanas siang hari juga membuat suasana kabin lebih nyaman.

Kekurangan

1. Jarak Pandang Terbatas

Di malam hari, jarak pandang Anda akan terbatas, meskipun lampu kendaraan sudah maksimal dan banyak dipasang lampu di jalan. Bagaimanapun, lampu jalan tidak sebaik penerangan matahari. Hal ini diperburuk jika cuaca sedang hujan dan Anda kurang mengenal medan jalan.

2. Silau Lampu Mobil Lain

Pengemudi mobil di malam hari mungkin akan terganggu oleh silaunya lampu kendaraan lain. Ketika silau membuat mata rabun sesaat, maka akan berisiko menimbulkan masalah.

3. Banyak Fasilitas Umum Tutup

Di malam hari, banyak fasilitas umum yang tutup, seperti toko dan restoran. SPBU mungkin masih banyak yang buka, namun ada beberapa yang tidak beroperasi 24 jam. Sementara di rest area jalan tol, tidak semua toko buka di malam hari.

4. Risiko Kelelahan Lebih Tinggi

Manusia normal akan mengantuk dan tidur di malam hari. Ketika tubuh dipaksa berkendara jauh di malam hari, maka ada risiko kelelahan yang lebih tinggi. Kelelahan ini bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan akibat terkena microsleep yang berbahaya.

5. Pengemudi Cenderung Ngebut

Jalanan yang sepi membuat Anda cenderung mengebut dan tidak menyadari kecepatan mobil yang sedang dipacu. Padahal daya pandang terbatas dan ada risiko mengantuk yang menurunkan refleks dan respons tubuh dalam situasi darurat.

6. Potensi Ada Hewan di Jalan

Di malam hari, ada hewan-hewan yang mungkin mengganggu, seperti serangga atau kelelawar yang terbang di depan jalan. Atau binatang lain seperti tikus yang tiba-tiba menyeberang jalan. Jangan melakukan manuver menghindar atau rem mendadak karena akan sangat berbahaya.

7. Potensi Tersasar di Jalan Non Tol

Banyak jalan antar kota yang belum Anda kuasai, apalagi kalau diarahkan oleh peta digital atau polisi untuk melewati jalur alternatif karena jalan utama macet total. Daya pandang terbatas dan kesulitan bertanya kepada penduduk akan merepotkan, khususnya kalau sampai ke pelosok wilayah atau masuk hutan.


Back to top