
29/10/2021
Pakai Mesin Boxer Baru, TOYOTA GAZOO Racing Hadirkan Sportscar All New Toyota GR86 di Jepang
Pakai Mesin Boxer Baru, TOYOTA GAZOO Racing Hadirkan Sportscar All New Toyota GR86 di Jepang
TOYOTA GAZOO Racing (TGR) memulai penjualan all-new GR86 di GR Garage dan dealer Toyota di Jepang mulai 28 Oktober 2021.
Sportscar GR86 dikembangkan bersama dengan Subaru Corporation (Subaru). Pada bulan September 2019, Toyota dan Subaru memasuki aliansi bisnis dan modal baru.
Keduanya telah mempromosikan tujuan bersama making ever-better cars di bidang baru, seperti mengembangkan battery electric vehicle (BEV) Toyota bZ4X.
Namun kedua perusahaan juga memiliki keinginan yang sama untuk terus menghadirkan kegembiraan dan sensasi berkendara mobil sport.
Untuk tujuan ini, mereka juga terlibat dalam pengembangan bersama sebuah sportscar yang mewujudkan kualitas unik dari kedua perusahaan.
GR86 berbagi basis yang sama dengan Subaru BRZ. Namun, Toyota fokus untuk menghadirkan nuansa berkendara yang unik ala GR, dengan penanganan intuitif dan respons alami, dan kelincahan luar biasa di batas atas kinerja.
Sambil menjalankan tradisi 86 dan terlibat dalam persaingan dengan tim pengembangan BRZ, TGR berusaha mengembangkan kendaraan yang akan mewujudkan evolusi khas produk GR.
Hasilnya, GR86 terlahir kembali sebagai mobil yang dirancang dengan nuansa berkendara luar biasa yang memuaskan pecintanya.
Untuk menandai peluncurannya, TGR akan memamerkan GR86 di FUJI 86 STYLE bersama dengan BRZ 2021 (86 Style), yang diselenggarakan oleh Fuji International Speedway Co., Ltd.
Acara ini akan memberikan kesempatan kepada penggemar untuk mengendarai GR86 baru di kesempatan awal dan membandingkan pengalamannya dengan Subaru BRZ.
Profil Toyota GR86
Dimensi GR 86 baru hampir identik dengan model sebelumnya.
Membatasi tinggi keseluruhan dan hip point kendaraan membantu menurunkan pusat gravitasi dan meningkatkan kinerja manuver sehingga memberikan kelincahan yang dibutuhkan dari sebuah GR 86.
Penggunaan aluminium untuk panel atap menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, sementara spatbor aluminium dan jok depan serta muffler yang diperbarui berkontribusi pada pengurangan bobot.
Kekakuan bodi telah ditingkatkan dengan tujuan menawarkan handling yang menyenangkan di semua rentang kecepatan, dari mengemudi di perkotaan hingga performa maksimal.
Kekakuan torsi telah ditingkatkan sekitar 50% dibandingkan model sebelumnya untuk stabilitas kemudi yang lebih baik.
Dengan bagian atas spatbor yang memanjang secara horizontal ke bahu samping, GR 86 menawarkan penampilan yang khas dari sportscar mesin depan dan penggerak roda belakang.
Bagian bawah bodinya yang horizontal dan bagian belakang kabin yang sempit berpadu untuk menciptakan tampilan pusat gravitasi rendah yang luas.
Bagian depan kendaraan dilengkapi dengan GR-specific Functional MATRIX Grille yang memadukan kinerja serta nuansa sporty dan agresif.
Interior Fokus pada Pengemudi
Sistem operasi GR86 mencakup panel instrumen beraksen horizontal dan berbagai sakelar ditempatkan secara optimal untuk memungkinkan pengemudi fokus mengemudi.
Dilengkapi dengan BOXER Meter, terdiri dari layar warna 7 inci dan LCD meter, urutan animasi opening mobil ini terinspirasi oleh gerakan piston dari mesin GR86 yang berlawanan secara horizontal, menumbuhkan kegembiraan bahkan sebelum berkendara.
Tampilan panel instrumen mewujudkan kinerja sport GR86, berubah sesuai dengan mode mengemudi yang digunakan.
Mode NORMAL menunjukkan kecepatan arus dalam jumlah besar di dalam takometer melingkar; mode SPORT (hanya tersedia pada transmisi otomatis AT), tepi dan cincin pengukur takometer berubah menjadi merah; Mode TRACK mengambil inspirasi dari tampilan mobil balap dan menunjukkan putaran mesin dalam skala besar.
Bangku sport GR86 menghadirkan sensasi menyatu dengan kendaraan. Bangku depan yang ringan menggunakan bantalan independen untuk menopang bodi serta menahan gaya lateral g dan longitudinal yang dihasilkan selama berkendara.
Mesin Baru 2.400 cc Boxer
Bermodalkan mesin yang ringan dan kompak dengan pusat gravitasi rendah sejalan dengan DNA-nya, GR 86 meningkatkan kapasitas mesin dari 2.000 cc menjadi 2.400 cc 4-silinder boxer berteknologi Direct fuel injection and port injection system (D-4S).
Tenaga yang dihasilkan mencapai 235 PS di 7.000 rpm dan torsi 250 Nm di 3.700 rpm, dimana tenaga dialirkan melalui opsi transmisi 6-speed manual atau 6-speed otomatis ke roda belakang.
Hasilnya, mesin memberikan performa berkendara yang superior, dengan catatan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,3 detik atau lebih baik dari model sebelumnya yang hanya 7,4 detik.
Daya tanggap mesin juga telah ditingkatkan sehingga memberikan sensasi mulus dan bebas stres dari rpm rendah hingga tinggi.
GR 86 menampilkan komponen aerodinamika yang terlihat pada 86 versi balap, termasuk air outlets, side sill spoilers, dan bagian lain yang meningkatkan respons dan stabilitas kemudi.
Versi AT dari GR 86 menggunakan Subaru's EyeSight Driver Assist Technology yang memberikan dukungan keselamatan berkendara sehari-hari, pre-collision safety technologies yang membantu menghindari atau mengurangi dampak tabrakan, dan emergency rescue support and secondary collision avoidance support jika terjadi kecelakaan.