• Vehicles
  • Shopping Tools
  • After Sales
  • Others
Vehicles
MPV
Starting at
Rp 339.600.000
Starting at
Rp 145.390.000
Starting at
Rp 200.200.000
Starting at
Rp 1.210.650.000
Starting at
Rp 279.850.000
Starting at
Rp 227.250.000
Starting at
Rp 505.150.000
Starting at
Rp 1.058.250.000
Sedan
Starting at
Rp 311.950.000
Starting at
Rp 648.250.000
SUV
Starting at
Rp 516.400.000
Starting at
Rp 2.213.450.000
Starting at
Rp 257.700.000
Hybrid
Hatchback
Starting at
Rp 143.800.000
Starting at
Rp 266.250.000
Commercial
Starting at
Rp 316.350.000
Starting at
Rp 245.850.000
Sport
Starting at
Rp 2.185.220.000
Starting at
Rp 828.800.000

Tips

4 Tanda Kompresor AC Mobil Minta Diperiksa

By AndriGaul

Terik sinar matahari dan panasnya udara perkotaan membuat setiap pengendara tidak bisa lepas dari AC.

Oleh karena itu, AC menjadi komponen penting dari mobil yang tidak bisa dikesampingkan.

Namun, bagaimana jika di saat berkendara, tiba-tiba kamu merasa bahwa ada yang tidak beres dengan AC mobil?

Jika kamu merasa ada yang tidak biasa pada kinerja AC mobil, kecurigaan pertama patut ditujukan kepada kompresor AC.

Berikut 4 tanda kompresor AC bermasalah dan minta diperiksa.

1. Bunyi

Pada saat tombol AC diubah ke posisi “1-2-3” (tanda AC mulai bekerja), terdengar suara agak kasar, atau bisa diartikan sebagai suara ngorok mirip gesekan.

Begitu tombol digeser lagi ke posisi OFF, suara di balik kap kembali normal.

Penyebab suara kasar atau ngorok bisa karena oli kompresor kurang atau habis, piston aus, bearing longgar, hingga as kurang presisi.

2. Kompresi Turun

Untuk tahap awal, embusan udara AC terasa kurang dingin apabila mesin berada di rpm rendah.

Ketika digas atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, embusan mulai lebih dingin.

3. Bocor

Embusan udara AC tidak dingin secara bertahap, tergantung seberapa besar kebocoran itu.

Semakin besar kebocorannya, semakin cepat freon habis dan semakin cepat terasa tidak dingin udara dalam kabin.

Tapi rata-rata kebocoran pada kompresor biasanya memerlukan waktu satu hingga enam minggu, sampai freon habis total.

4. Magnetic Clutch Rusak

Kebanyakan kasus ini terjadi apabila mobil sedang kena macet atau jalan merayap.

Udara kabin yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali.

Setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, kinerja AC kembali normal, dan biasanya diiringi RPM mesin tinggi di atas angka 1.000 rpm.

Jika kamu sudah menemukan ciri-ciri kompresor bermasalah seperti di atas, segera kunjungi bengkel resmi Toyota untuk diperiksa.

Karena, kalau diabaikan kerusakan tadi bisa merembet ke komponen lain yang membuat kompresor jebol.

Privacy Policy | Legal Cookie | Contact Us
©2020 Toyota Astra Motor
All information applies to Indonesia vehicles only