New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1543

Arti Oversteer serta Cara Mengatasi dan Menghindarinya

Arti Oversteer serta Cara Mengatasi dan Menghindarinya

Setelah sebelumnya ada konten mengenai understeer, kini saatnya kamu ketahui soal yang sama-sama terjadi karena ban kehilangan traksi.

Oversteer terjadi ketika ban belakang kehilangan traksi yang menyebabkan ujung belakang mobil tergelincir tidak terkendali atau ngepot.

Situasi ini terjadi saat menikung tajam dengan kecepatan tinggi dan lebih sering dialami mobil penggerak roda belakang (RWD).

Sebab Oversteer

Oversteer terjadi karena kecepatan mobil terlalu kencang saat masuk tikungan sehingga berakibat ban kehilangan traksi.

Ada dua penyebab utama kendaraan mengalami oversteer.

Pertama kondisi ban yang sudah botak atau aus dan kedua tenaga yang disalurkan ke ban belakang terlalu kuat atau besar.

Telapak ban belakang yang sudah aus membuatnya kehilangan traksi sehingga pantat mobil tidak mau diajak belok.

Mobil akan kehilangan kendali dan bodi belakang ngepot karena bagian belakang bergerak liar ke arah luar.

Ban yang kehilangan traksi akhirnya menyebabkan buritan mobil terlempar ke samping seperti hendak mendahului bagian depan.

Cara Mengatasi Oversteer

Jika sudah terlanjur oversteer, kurangi injakan pedal gas secara lembut untuk memungkinkan ban belakang mendapatkan traksi kembali.

Sembari itu, lakukan counter putaran kemudi ke arah berlawanan atau minimal lurus kembali.

Dengan begitu, ada kesempatan bagi roda belakang untuk bergerak lurus kembali searah dengan bagian depan mobil.

Selanjutnya kamu bisa segera kembali mengarahkan kemudi ke sudut belok untuk dapat manuver kembali.

Semua proses di atas dilakukan dalam hitungan sepersekian detik saja supaya mobil tetap bisa dikendalikan dan tidak sampai spin keluar dari jalan.

Cara Menghindari Oversteer

Adapun cara terbaik menghindari oversteer adalah memperlambat laju mobil ketika mendekati tikungan

Perhatikan sudut tikungan sehingga kamu bisa memperkirakan kecepatan yang pas ketika masuk tikungan.

Hindari terlalu dalam menginjak pedal gas saat keluar tikungan agar ban belakang tidak “mendahului” ban depan.

Terakhir, cek kondisi telapak ban agar selalu dalam kondisi prima sehingga memiliki daya cengkeram yang baik ke permukaan jalan.


Back to top