New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_2696

Aturan dan Cara Rotasi Ban Mobil yang Benar Supaya Aman dan Nyaman Ketika Mengemudi di Jalan

Aturan dan Cara Rotasi Ban Mobil yang Benar Supaya Aman dan Nyaman Ketika Mengemudi di Jalan

Salah satu perawatan ban yang seringkali luput dari perhatian pemilik mobil adalah merotasi ban.

Padahal, ini perlu dilakukan agar kendaraan tetap terasa nyaman dan aman ketika dikendarai.

Merotasi ban depan dengan belakang perlu dilakukan karena ban bagian depan biasanya akan lebih cepat habis dari pada ban belakang.

Misalnya kamu melakukan pengereman, otomatis rem depan bekerja lebih keras karena bobot mobil pindah ke depan.

Belum lagi ban depan dimanfaatkan untuk berbelok dan menyalurkan tenaga saat akselerasi untuk mobil dengan penggerak roda depan.

Oleh karena itu, rotasi ban dilakukan untuk menyamakan tingkat keausan selurun ban mobil.

Namun masih banyak pemilik mobil suka melupakan perawatan ini.

Padahal secara fungsi perannya yang cukup penting dan butuh pengetahuan yang tepat untuk melakukannya sendiri.

Aturan Rotasi Ban Mobil

Sebagai contoh ban bias, cukup melakukannya dengan cara crossing atau menyilang.

Misalnya, ban depan sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban belakang sebelah kiri.

Begitu juga pada ban belakang sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban depan sebelah kiri.

Beda dengan ban radial yang umumnya punya pola telapak ban searah atau directional.

Ban seperti ini pemasangannya harus mengikuti arah putaran ban dan tidak boleh dibalik dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Jika dipaksakan, tidak hanya membuat ban jadi berisik karena alur telapak ban terbalik.

Namun juga bisa membahayakan karena pola telapak terbalik mereduksi traksi dan tidak akan optimal dalam membuang genangan air.

Ban seperti ini cukup dirotasi antara ban depan dan belakang yang sejajar saja, misal antara depan kiri dan belakang kanan.

Ban Serep Full Size

Untuk mobil yang memiliki ban serep full size seperti Toyota Calya dan Kijang Innova bisa diikutsertakan dimulai dengan mengganti ban belakang kanan dengan ban serep,

Selanjutnya ban serep pindah ke depan kiri untuk ban bias dan depan kanan untuk ban radial.

Pada giliran rotasi berikutnya, ban serep menggantikan ban belakang kiri untuk kemudian dirotasi sesuai jenis ban.

Waktu Rotasi Ban

Disarankan untuk melakukan rotasi ban setiap 6 bulan atau 10.000 km ketika servis berkala di bengkel resmi Toyota.

Melakukan rotasi ban di bengkel resmi Toyota, akan lebih baik karena dipastikan tidak akan salah.

Selain itu harus dicek dulu kondisi ban yang akan dirotasi.

Apabila ban sudah tidak laik pakai seperti telapak ban aus melampaui batas TWI, maka sebaiknya diganti dulu.

Apalagi untuk ban depan yang punya peran sangat penting di mobil.


Back to top