New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1110

Bahaya Menginjak Pedal Rem Mobil Matik Menggunakan Kaki Kiri

Bahaya Menginjak Pedal Rem Mobil Matik Menggunakan Kaki Kiri

Saat ini mobil matik menjadi pilihan favorit millenial, khususnya kaum hawa.

Bahkan ada orang yang sama sekali hanya bisa mengemudikan mobil matik karena dari awal tidak pernah belajar mobil dengan transmisi manual.

Alasannya, mobil transmisi matik dinilai lebih praktis dalam pengoperasian khususnya di kota besar.

Kamu hanya butuh sedikit usaha ketimbang mengendarai mobil transmisi manual, karena hanya cukup mengendalikan pedal gas dan rem saja.

Kamu pun bisa lebih rileks dan tidak terlalu lelah di jalan, apalagi jika berhadapan dengan jalan macet setiap hari.

Meski begitu, hal ini justru menjadi peluang bahaya bagi kamu yang terbiasa menggunakan kedua kaki dalam pengoperasian mobil matik.

Saat mengemudikan mobil, posisi kaki yang benar adalah kaki kanan saja yang bekerja untuk mengontrol rem dan gas.

Kaki di mobil manual, kaki kanan mengoperasikan pedal gas dan rem, sementara kaki kiri di pedal kopling.

Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas.

Jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri dipakai menginjak rem.

Bisa saja kamu menginjak pedal rem seperti menginjak pedal kopling, sehingga menyebabkan mobil berhenti mendadak dan mengalami tabrak belakang.

Selain itu juga terkait feeling kamu karena sebagian orang Indonesia dominan tangan atau kaki kiri.

Alhasil, kaki kiri kamu tidak memiliki feeling yang cukup untuk memperkirakan seberapa dalam pengereman dibutuhkan saat kondisi tertentu sehingga tidak bisa memperhitungkan daya pengereman yang pas.

So, biarkan kaki kiri santai di footrest dan kaki kanan kamu saja yang bekerja.


Back to top