All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.407.300.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.016.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp448.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp659.700.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp615.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp283.700.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp369.900.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp239.700.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp292.900.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp809.800.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp945.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp167.300.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_760

Banyak Kecelakaan di Bahu Jalan, Ini Cara Menggunakan Bahu Jalan Tol yang Benar

Banyak Kecelakaan di Bahu Jalan, Ini Cara Menggunakan Bahu Jalan Tol yang Benar

Beberapa waktu belakangan ini kamu pasti sering membaca berita mengenai kecelakaan yang terjadi di bahu jalan tol Trans Jawa.

Umumnya terjadi karena ada pengemudi yang mengambil bahu jalan untuk menyalip dan di saat bersamaan, ada kendaraan lain sedang berhenti di situ.

Padahal, secara tegas ada aturan yang mengatur secara tegas fungsi dari bahu jalan tol, dan ini berlaku untuk seluruh ruas tol di Indonesia.

Fungsi Bahu Jalan

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, salah satu fungsi bahu jalan adalah diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat. 

Yang dimaksud dengan kendaraan berhenti darurat adalah, kamu yang berhenti sebentar karena keadaan darurat yang disebabkan antara lain mogok, menertibkan muatan, gangguan lalu lintas, atau gangguan fisik pengemudi.

Begitu gangguan atau masalah teratasi, kamu harus segera menjalankan mobil.

Lain dari itu, bahu jalan harus streril dari kegiatan apapun, termasuk kalau kamu lelah dan butuh istirahat.

Apalagi untuk kebutuhan menyalip kendaraan lain dengan kecepatan tinggi.

Cari Rest Area Saat Kondisi Darurat

kondisi darurat seperti mogok atau kendala teknis lain, tidak serta merta terjadi.

Misalnya suara aneh dari area tertentu, atau getaran yang tidak biasa dari bagian lain. 

Pertanda kecil tersebut bisa kamu jadikan acuan bila mobil akan mengalami masalah.

Jika itu terjadi, kurangi kecepatan dan melajulah di jalur paling kiri. 

Amati panel instrumen untuk melihat apakah ada sesuatu yang tidak beres.

Perhatikan rambu-rambu di pinggir jalan tol. 

Kalau ada petunjuk rest area, arahkan mobil kamu untuk masuk ke dalam rest area karena lebih aman untuk berhenti.

Segera lakukan pengecekan saat sudah berada di dalam rest area dan pastikan tidak ada masalah di mobil kamu.

Cara Menggunakan Bahu Jalan

Tapi bagaimana bila tidak ada rest area dan tiba-tiba mesin mobil kamu mati?

Kamu bisa memanfaat bahu jalan untuk berhenti dan mengecek kondisi kendaraan. 

Tapi mengingat tabiat banyak pengendaran mobil yang ceroboh, kamu harus perhatikan beberapa hal.

1. Berhentilah di posisi yang aman dengan berpatokan pada garis lurus sebagai pembatas bahu jalan. 

Sebagai gambaran, minimal jarak sekitar 50 cm. 

2. Pastikan kontur bahu jalan mendukung untuk berhenti, seperti tidak miring atau rusak. 

3. Tekuk spion luar untuk mengurangi risiko tersenggol mobil lain.

4. Waspada saat buka dan tutup pintu mobil sisi kanan.

Bukalah sedikit, intip ke belakang melalui celah, jika sudah aman baru buka pintu secukupnya. 

Penumpang bisa memanfaatkan pintu kiri untuk turun naik.

5. Sebelumnya, nyalakan lampu hazard. 

6. Ambil segitiga pengaman dari bagasi dan pasang di belakang mobil dengan jarak sekitar minimal 5 kali bodi mobil kamu untuk amannya.

7. Segera lakukan pengecekan pada bagian yang dicurigai bermasalah. 

Saat proses berlangsung, penumpang wajib menunggu di luar mobil.

8. Posisi penumpang tidak boleh di belakang mobil untuk menghindari risiko kena tabrak dari belakang. 

Posisi terbaik adalah di depan sebelah kiri mobil dan bisa melihat kondisi di belakang mobil sebagai langkah antisipasi jika ada mobil lain nyelonong.

9. Jangan terlalu lama berhenti di bahu jalan. 

Kalau masalah sudah ketemu dan bisa diperbaiki, segeralah jalan kembali.

Bagaimana Dengan Mobil Mogok?

Biasanya ada patroli petugas pengelola jalan tol yang lewat. 

Mereka bisa dimintakan bantuan, termasuk untuk memanggil mobil derek milik pengelola jalan tol.

Tapi bila tidak ada bala bantuan, kamu bisa menghubungi nomor darurat pengelola jalan tol. 

Untuk Jasa Marga kontak yang bisa dihubungi 24 jam adalah 14080.

Nomor darurat pengelola jalan tol yang lain bisa kamu browsing dari internet. 

Oleh sebab itu, saat tap in cobalah lihat di atas gerbang tol nama pengelolanya.

Untuk pengguna Toyota, bisa kontak dealer resmi Toyota atau asuransi yang dipakai, biasanya mereka memiliki tim tanggap darurat 24 jam.

 


Back to top