New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1037

Bukan Virus Mematikan, Ini Sejarah Toyota Corona di Indonesia

Bukan Virus Mematikan, Ini Sejarah Toyota Corona di Indonesia

Saat ini jika mendengar nama Corona, yang ada dibenak sebagian besar masyarakat umum adalah virus berbahaya yang mematikan dan menjadi musuh bersama di seluruh dunia.

Tapi bila dikaitkan dengan dunia otomotif, nama Corona akan mengingatkan kamu pada sedan klasik Toyota yang pernah berjaya di era 1970an hingga akhir 1990an.

Toyota Corona pertama kali masuk ke Indonesia di awal tahun 1970an untuk menyasar pasar sedan di Tanah Air.

Sayangnya, setelah itu kiprah Corona resmi ‘dimatikan’ dan diganti Camry.

Meski telah lama dihentikan penjualannya, nama Toyota Corona seolah tidak bisa hilang begitu saja, mobil ini sudah cukup melegenda sebagai sebuah sedan mewah di eranya.

Generasi Pertama (1970 – 1973)

Pada awal tahun 70an, Toyota resmi menghadirkan Corona untuk pasar Indonesia yang merupakan generasi keempat secara global.

Mobil yang dirakit di Tanjung Priok ini, kala itu dihadirkan oleh Toyota untuk menyasar segmen sedan di atas Corolla.

Berbekal mesin bensin 1.500 dan 1.600 cc, sedan ini kala itu cukup banyak diincar oleh kalangan menengah ke atas.

Secara bentuk dan dimensi, Corona memiliki dimensi yang lebih besar dari Corolla.

Salah satu hal unik yang terdapat pada mobil ini, adalah letak lubang tangki bensinnya yang berada di balik nomor polisi belakang.

Generasi Kedua (1973 - 1979)

Eksistensi Corona di Indonesia berlanjut dalam 3 pilihan mesin, yaitu 1.6, 1.8, dan 2.0.

Hadirnya mobil ini kala itu ditujukan untuk melawan Honda Accord.

Dari segi tampilan, Corona generasi kelima masih memiliki kemiripan dengan Corona generasi keempat, yaitu bentuk bodi yang mengotak dan lampu depan bulat.

Hanya saja, untuk cover lampu depan pada generasi ini, sudah berbentuk kotak.

Generasi Ketiga (1979 – 1983)

Guna melanjutkan kiprah Corona di Indonesia, pada tahun 1979, Toyota kembali meluncurkan sedan Corona.

Meluncur sebagai generasi keenam secara global, ia mengusung mesin yang lebih besar, yaitu 2.0 liter.

Hanya saja, di tahun 1981, Toyota melakukan ubahan pada Corona dengan memberikan kapasitas mesin yang lebih kecil, yaitu 1.8 liter.

Untuk ubahan tampilan yang paling jelas terlihat, terletak pada lampu depannya.

Bila pada generasi sebelumnya hadir dengan bentuk lampu bulat, di generasi keenam ini hadir dengan lampu kotak.

Generasi Keempat (1982 – 1987)

Memasuki tahun 1982, Toyota meluncurkan Corona generasi ketujuh secara global.

Berbekal mesin 1.6 liter, mobil ini hadir sebagai Corona terakhir yang mengusung penggerak roda belakang.

Untuk tampilannya, Corona generasi ketujuh memiliki bentuk yang sangat mengotak.

Berbeda dari generasi sebelumnya yang mempunyai tampilan lampu depan model two piece, pada generasi ini Corona sudah menggunakan lampu model one piece.

Generasi Kelima (1992 – 1997)

Corona kembali meramaikan pasar sedan Indonesia pada tahun 1992 setelah vakum dari tahun 1988.

Kala itu, Toyota secara resmi memperkenalkan Corona generasi ke-9 yang juga lebih dikenal sebagai Corona Absolute.

Tersedia dalam 2 pilihan mesin, yaitu 1.6 liter dan 2.0 liter, Corona dikenal sebagai salah satu sedan mewah, tidak heran bila mobil ini banyak dipilih sebagai kendaraan dinas TNI AD dan AL.

Dari segi tampilannya, Corona punya desain yang lebih modern, serta bentuknya juga sudah tidak lagi mengotak.

Beberapa fitur modern juga sudah mulai tersemat di Corona generasi ini, seperti tilt headrest, pengatur ac model tombol, 6 CD changer, dan tweeter.

Sayangnya, meski telah cukup lama eksis di Indonesia, kiprah Toyota Corona harus dihentikan pada tahun 1998.

Saat itu, Toyota mulai fokus jualan Toyota Camry sebagai pilihan sedan papan atas.


Back to top