New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_2449

Cara Berhenti Darurat di Bahu Jalan Tol Agar Terhindar dari Kecelakaan, Hati-hati Sisi Kanan Mobil

Cara Berhenti Darurat di Bahu Jalan Tol Agar Terhindar dari Kecelakaan, Hati-hati Sisi Kanan Mobil

Kecelakaan di bahu jalan tol masih sering terjadi lantaran pengguna jalan memanfaatkannya untuk menyalip kendaraan lain.

Padahal, kontur bahu jalan tidak didesain untuk dipakai melaju dalam kecepatan tinggi.

Ditambah, di saat bersamaan ada kendaraan lain sedang berhenti karena ada masalah.

Padahal ada aturan yang mengatur secara tegas fungsi dari bahu jalan tol dan berlaku untuk seluruh ruas tol di Indonesia.

Fungsi Bahu Jalan Tol

Untuk menyegarkan ingatan, ada aturan yang menjelaskan peruntukan dari bahu jalan tol.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, salah satu fungsi bahu jalan adalah diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

Yang dimaksud dengan kendaraan berhenti darurat adalah, kamu yang berhenti sebentar karena keadaan darurat yang disebabkan antara lain mogok, menertibkan muatan, gangguan lalu lintas, atau gangguan fisik pengemudi.

Begitu gangguan atau masalah teratasi, kamu harus segera menjalankan mobil.

Jangan Gunakan bahu Jalan Selain Berhenti Darurat

Bahu jalan harus streril dari kegiatan apapun, termasuk kalau kamu lelah dan butuh istirahat.

Jangan istirahat di bahu jalan tol karena ada risiko kena tabrak dari belakang.

Apalagi untuk kebutuhan menyalip kendaraan lain dengan kecepatan tinggi.

Bahu jalan memiliki kualitas aspal, lebar badan, dan kontur jalan yang berbeda, bahkan lebih rendah, dari lajur utama jalan tol.

Alhasil, bahu jalan memang tidak diperuntukkan untuk memacu kendaraan, meski terpaksa sekalipun.

Cari Rest Area Saat Kondisi Darurat

Kondisi darurat seperti mogok atau kendala teknis lain tidak serta merta terjadi.

Misalnya suara aneh dari area tertentu atau getaran yang tidak biasa dari bagian lain.

Pertanda kecil tersebut bisa kamu jadikan acuan bila mobil akan mengalami masalah.

Jika itu terjadi, kurangi kecepatan dan melajulah di jalur paling kiri.

Amati panel instrumen untuk melihat apakah ada sesuatu yang tidak beres.

Perhatikan rambu-rambu di pinggir jalan tol.

Kalau ada petunjuk rest area, arahkan mobil kamu masuk ke dalam rest area karena lebih aman untuk berhenti.

Segera lakukan pengecekan saat sudah berada di dalam rest area dan pastikan tidak ada masalah di mobil kamu.

Cara Berhenti Darurat di Bahu Jalan Tol

Kamu bisa memanfaat bahu jalan untuk berhenti dan mengecek kondisi kendaraan yang bermasalah.

Tapi mengingat perilaku pengguna mobil yang ceroboh di jalan tol, kamu harus perhatikan beberapa hal.

1. Berhentilah di posisi yang aman dengan berpatokan pada garis lurus sebagai pembatas bahu jalan.

Sebagai gambaran, minimal jarak sekitar 50 cm dari garis batas bahu jalan.

2. Pastikan kontur bahu jalan mendukung untuk berhenti, seperti tidak miring atau rusak.

3. Hindari berhenti di bahu jalan yang menikung karena akan menciptakan blind spot pada pengguna jalan lain dan posisi berhenti tidak sepenuhnya lurus.

4. Tekuk spion luar untuk mengurangi risiko tersenggol mobil lain.

5. Waspada saat buka dan tutup pintu mobil sisi kanan.

Bukalah sedikit, intip ke belakang melalui celah, jika sudah aman baru buka pintu secukupnya.

Segera tutup pintu kembali begitu kamu keluar.

6. Penumpang bisa memanfaatkan pintu kiri untuk turun naik dan jangan memaksakan dari kanan.

7. Sebelum keluar dari mobil pastikan untuk menyalakan lampu hazard.

8. Ambil segitiga pengaman dari bagasi dan pasang di belakang mobil dengan jarak minimal 5 kali panjang bodi mobil kamu.

9. Segera lakukan pengecekan pada bagian yang dicurigai bermasalah.

10. Saat proses berlangsung, penumpang wajib menunggu di luar mobil.

11. Posisi penumpang tidak boleh di belakang mobil untuk menghindari risiko kena tabrak dari belakang.

Posisi terbaik adalah di kiri depan mobil dan bisa melihat kondisi di belakang mobil sebagai langkah antisipasi jika ada mobil lain nyelonong.

12. Jangan terlalu lama berhenti di bahu jalan.

13. Kalau masalah sudah ketemu dan bisa diperbaiki, segeralah jalan kembali.

14. Periksa dan bereskan perlengkapan darurat, jangan sampai ada yang tertinggal.

Selain merugikan kamu, juga bisa mencelakakan pengguna jalan lain kalau sampai melindas perlengkapan yang tertinggal tersebut.

15. Hati-hati ketika masuk kembali ke dalam mobil, pastikan seluruh penumpang naik dari pintu kiri dan pengemudi waspada sebelum membuka pintu sopir.

16. Jangan kangsung masuk ke lajur jalan saat mulai berjalan, naikkan kecepatan mobil secara perlahan, nyalakan lampu sein kanan, dan perhatikan kendaraan di belakang lewat spion.

17. Jika kondisi di belakang aman dan kecepatan mobil mendekati batas minimal kecepatan di jalan tol, masuklah ke lajur tol secara perlahan.

Mobil Mogok di Bahu Jalan Tol

Biasanya ada patroli petugas pengelola jalan tol yang lewat dan bisa dimintakan bantuan, termasuk untuk memanggil mobil derek milik pengelola jalan tol.

Tapi bila tidak ada bantuan, kamu bisa menghubungi nomor darurat pengelola jalan tol.

Untuk Jasa Marga kontak yang bisa dihubungi 24 jam adalah 14080.

Nomor darurat pengelola jalan tol yang lain bisa kamu browsing dari internet.

Oleh sebab itu, saat tap in cobalah lihat di atas gerbang tol nama pengelolanya.

Untuk pengguna Toyota, bisa kontak bengkel resmi Toyota atau asuransi yang dipakai, biasanya mereka memiliki tim tanggap darurat 24 jam.


Back to top