New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_2131

Cara Mengatur Posisi Memegang Setir Mobil yang Benar Untuk Mencegah Kecelakaan Saat Berkendara

Cara Mengatur Posisi Memegang Setir Mobil yang Benar Untuk Mencegah Kecelakaan Saat Berkendara

Memegang setir dengan baik dan benar merupakan salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat berkendara.

Pelajaran mendasar ini banyak diabaikan lantaran beberapa pengemudi belajar menyetir secara otodidak tanpa bimbingan yang memadai.

Cara memegang setir yang tidak tepat bisa mengakibatkan kecelakaan sebab kemudi merupakan pengendali arah mobil. 

Kalau kamu sigap mengendalikan kemudi, maka risiko celaka juga berkurang.

Ketika di depan ada kecelakaan dan kamu harus melakukan manuver menghindar, atau tiba-tiba ada orang menyeberang jalan.

Jika cara memegang kemudi kamu tidak tepat, sulit untuk melakukannya dengan cepat. 

Bahkan di beberapa kasus malah bikin masalah baru dan membuat celaka.

Lantas, seperti apa cara memegang setir yang benar?

1. Atur Posisi Duduk Sopir

Cari posisi duduk yang paling nyaman namun tanpa mengurangi kesigapan kamu dalam mengolah kemudi. 

Cari semua setingan di kursi mulai dari headrest, kursi, kaca spion, serta menyesuaikan ketinggian dan maju-mundur setir jika ada.

Setelah nyaman, pastikan kamu bisa melihat spion samping dan tengah dengan arah pandangan ke belakang terluas untuk menghindari blind spot.

2. Pegang Setir Arah Jam 9 dan Jam 3

Masuk ke menu utama, teknik memegang setir yang benar disarankan adalah pada arah jam 9 dan jam 3. 

Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3. 

Posisi tersebut dianggap yang paling fleksibel dibanding posisi arah jam 10 dan jam 2 yang lebih tinggi dan lebih mumpuni jika dibutuhkan kesigapan dalam bermanuver.

Posisi jam 10 dan jam 2 tak lagi disarankan karena bisa berbahaya bagi pengendara yang memiliki setir mobil berukuran kecil dilengkapi dengan airbags. 

Posisi jam 9 dan jam 3 menjaga tangan kamu agar tetap pada posisi yang benar dan mudah untuk mengendalikan setir serta mereduksi terkena airbag saat mengembang.

3. Tangan Membentuk Sudut 120 Derajat

Selain itu, tangan kamu juga harus punya keleluasaan bergerak. 

Parameternya adalah tangan ditekuk sekitar 120 derajat saat memegang setir dalam kondisi normal.

Metode lain untuk mengukur adalah dengan meletakkan tumit tangan di sisi paling atas batang kemudi.

Badan kamu harus tetap menempel pada sandaran bangku dan tidak bergerak maju. 

Kalau masih maju, artinya kamu harus lebih menegakkan sandaran atau memajukan kursi sopir.

4. Memegang Setir dengan Benar

Usahakan tidak memegang setir dengan posisi menggenggam atau seperti tangan mengepal. 

Buka jari jempol ke arah atas setir.

Selain membuat kamu merasa rileks, ini juga membuat kamu lebih mudah saat memutar setir dan mengurangi risiko cidera saat setir berputar sendiri.

5. Leluasa Melakukan Manuver pada Setir

Setelah itu, cobalah untuk memutar setir ke kanan dan ke kiri. 

Apakah kemudi dapat bergerak optimal tanpa membuat tangan kamu kesulitan?

Cobalah untuk mengoperasikan tuas transmisi dan tuas rem parkir. 

Adakah kesulitan seperti terlalu jauh saat digapai?

Jika ya, berarti kamu harus mengulang semua proses di atas sampai mendapatkan posisi memegang setir yang pas agar dapat mengendalikan mobil dengan sigap dan cekatan.

Selain tentunya mengurangi potensi kelelahan akibat posisi mengemudi yang tidak pas dan kurang ergonomis.


Back to top