
Tips
05 Jan 2021
Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil yang Terlibat Kecelakaan Saat Liburan Tahun Baru
Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil yang Terlibat Kecelakaan Saat Liburan Tahun Baru
By AndriGaul
Sudah menjadi risiko ketika mengendarai mobil di jalan, kamu harus siap terkena musibah kecelakaan, termasuk saat liburan tahun baru.
Kamu bisa memanfaatkan layanan perbaikan bodi dan cat bengkel resmi Toyota, bodi mobil yang rusak bisa kembali mulus seperti baru keluar dari dealer.
Proses pengajuan perbaikan pun bisa ditempuh melalui klaim asuransi.
Proses pengajuan yang mudah membuat konsumen tak perlu repot dengan jalur birokrasi yang membuat mobil tertahan lama untuk diperbaiki.
Namun, meski mudah dalam mengurus proses klaim asuransi, tetap ada hal yang wajib diperhatikan agar proses pengajuan berjalan mulus.
Kondisi ini penting dipastikan agar pengerjaan mobil bisa cepat dan kamu bisa menikmati kembali kendaraannya.
1. Cek Masa Berlaku Asuransi
Sebaiknya kamu memastikan bila polis asuransinya masih aktif, jangan sampai masanya sudah habis sehingga tidak bisa meng-cover.
Kamu juga perlu melakukan pengecekan jenis asuransi yang digunakan.
Hal ini biasanya tegantung dari jenis polis yang dipilih, apakah Total Loss Only atau Comprehensive, adakah perluasan jaminan yang kamu manfaatkan.
Setelah itu, siapkan syarat atau dokumen pendukung klaim asuransi yang nantinya diminta oleh pihak asuransi.
Biasanya berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang juga tidak mati.
Dokumen resmi yang bermasalah (mati) bisa mengakibatkan klaim kamu ditolak.
2. Lapor ke Pihak Asuransi
Tidak perlu panik, kamu cukup membuat laporan kepada pihak-pihak terkait, termasuk pihak asuransi.
Kamu bisa mendatangi kantor cabang asuransi terdekat di daerah kamu atau di tempat kejadian.
Jangan lupa sertakan syarat administrasi yang dibutuhkan.
Mendatangi kantor cabang terdekat wajib kamu lakukan kalau laporan kamu berupa kehilangan total seperti kecurian.
Untuk kasus ringan, kamu tinggal menghubungi call center asuransi.
3. Survei Keadaan Mobil
Petugas asuransi terlebih dahulu melakukan survei terhadap klaim kamu.
Sebelum mendatangi, petugas akan mengonfirmasi terlebih dahulu untuk layanan ini.
Pastikan mobil kamu ada di tempat yang disepakati untuk mempermudah proses survey, termasuk syarat administrasi pendukung.
Dari sini baru bisa diperhitungkan lama pengerjaan dan disetujui atau tidak klaim kamu.
4. Pantau Perbaikan Mobil
Lamanya perbaikan kendaraan bergantung pada kerusakan yang dialami dan ketersediaan suku cadang di bengkel rekanan.
Mobil kamu bisa lebih cepat pengerjaannya jika semua elemen siap dan tidak ada masalah lagi.
Dengan catatan, antrian di bengkel rekanan tersebut sedang tidak lama.
Makanya, paling enak jika bengkel rekanan berupa bengkel resmi Toyota karena lebih cepat dan andal, termasuk adanya garansi pengerjaan.
5. Serah Terima Mobil
Setelah selesai diperbaiki, kamu akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk serah terima kendaraan.
Lakukan inspeksi dahulu untuk memastikan kondisinya sudah prima.
Jika sudah tidak ada masalah, kamu bisa menandatangani berkas serah terima kendaraan.