New Agya Stylix

New Agya Stylix

Starting FromRp173.200.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp973.300.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp1.029.900.000

Explore Get Your Offer
New Fortuner

New Fortuner

Starting FromRp581.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Yaris

New GR Yaris

Starting FromRp1.166.000.000

Explore Get Your Offer
All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.425.500.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.268.000.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp454.600.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp501.700.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp673.100.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp629.700.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp409.990.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp374.800.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp242.900.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp296.800.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp169.600.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_2893

Cara Mudah Melakukan Klaim Asuransi Mobil Setelah Libur atau Mudik Lebaran

Cara Mudah Melakukan Klaim Asuransi Mobil Setelah Libur atau Mudik Lebaran

Dalam kondisi jalan yang padat dan macet saat libur Lebaran, bisa jadi mobil kamu mengalami masalah di jalan.

Tidak hanya masalah teknis seperti mobil mogok, tapi juga insiden yang melibatkan bodi kendaraan.

Mulai dari rusak ringan seperti baret ringan akibat tersenggol kendaraan lain, bahkan hingga kecelakaan berat atau mobil dicuri.

Untuk perbaikan kendaraan, kamu bisa memanfaatkan layanan bodi dan cat bengkel resmi Toyota, di mana bodi mobil yang rusak bisa kembali mulus.

Perbaikan kendaraan bisa ditempuh melalui klaim asuransi untuk kamu yang memiliki asuransi kendaraan.

Termasuk untuk kehilangan, sepanjang kamu memiliki asuransi yang men-cover kendaraan hilang, maka dapat diklaim.

Meskipun mudah dalam mengurus klaim asuransi, tetap ada hal yang wajib diperhatikan agar proses pengajuan berjalan lancar.

Kondisi ini penting dipastikan agar pengerjaan mobil bisa cepat selesai dan mobil kembali mulus dan apik.

1. Cek Masa Berlaku Asuransi Mobil

Sebaiknya kamu memastikan bila polis asuransinya masih aktif, jangan sampai masanya sudah habis sehingga tidak bisa meng-cover.

Kamu juga perlu melakukan pengecekan jenis asuransi yang digunakan.

Hal ini biasanya tegantung dari jenis polis yang dipilih, apakah Total Loss Only atau Comprehensive, adakah perluasan jaminan yang kamu manfaatkan.

Perluasan jaminan dibutuhkan kalau dalam insiden juga melibatkan pihak ketiga.

2. Lapor ke Pihak Kepolisian

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah membuat laporan ke polisi di area lokasi kejadian jika kerusakan yang dialami terbilang parah atau melibatkan pihak ketiga.

Dari situ kamu akan mendapatkan surat keterangan kecelakaan atau kehilangan sebagai tambahan dokumen.

3. Siapkan Dokumen Pendukung Klaim Asuransi

Siapkan syarat atau dokumen pendukung klaim asuransi yang nantinya diminta oleh pihak asuransi.

Biasanya berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang juga tidak mati.

Siapkan pula surat keterangan dari pihak berwenang seperti kepolisian atau pengelola jalan tol untuk memperkuat klaim asuransi.

Dokumen resmi yang bermasalah (mati) bisa mengakibatkan klaim kamu ditolak.

Bagi yang jasa asuransinya mempunyai layanan via online untuk pengajuan klaim, persiapkan dokumen dengan melakukan scan sebagai persiapan dokumen.

4. Segera Lakukan Klaim Asuransi

Bila semua syarat sudah lengkap dan asuransi masih aktif, kamu tinggal mengatur rencana klaim.

Hati-hati, umumnya asuransi membatasi waktu klaim maksimal 3x24 jam setelah kejadian.

Nantinya pihak asuransi akan menghubungi kamu untuk follow up lebih lanjut.

Kamu juga bisa langsung mendatangi bengkel resmi Toyota dan mengajukan klaim dengan syarat asuransi yang kamu miliki telah bekerjasama dengan bengkel resmi tersebut.

Nantinya proses klaim akan dibantu oleh service advisor bengkel resmi Toyota yang bertugas dan kamu tinggal mengikuti alurnya.

Jangan lupa siapkan biaya perbaikan yang ditanggung sendiri atau own risk sesuai aturan dari pihak asuransi, biasanya sekitar Rp 300 ribu perlaporan.

5. Survei Mobil yang Rusak

Petugas asuransi terlebih dahulu melakukan survei terhadap klaim kamu.

Sebelum mendatangi, petugas akan mengonfirmasi terlebih dahulu untuk layanan ini.

Pastikan mobil kamu ada di tempat yang disepakati untuk mempermudah proses survey, termasuk syarat administrasi pendukung.

Dari sini baru bisa diperhitungkan lama pengerjaan dan disetujui atau tidak klaim kamu.

6. Pantau Perbaikan Mobil

Lamanya perbaikan kendaraan bergantung pada kerusakan yang dialami dan ketersediaan suku cadang di bengkel rekanan.

Mobil kamu bisa lebih cepat pengerjaannya jika semua elemen siap dan tidak ada masalah lagi.

Dengan catatan, antrian di bengkel rekanan tersebut sedang tidak lama.

Makanya, paling enak jika bengkel rekanan berupa bengkel resmi Toyota karena lebih cepat dan andal, termasuk adanya garansi pengerjaan.

7. Serah Terima Mobil

Setelah selesai diperbaiki, kamu akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk serah terima kendaraan.

Lakukan inspeksi dahulu untuk memastikan kondisinya sudah prima.

Jika sudah tidak ada masalah, kamu bisa menandatangani berkas serah terima kendaraan.


Back to top