• Vehicles
  • Shopping Tools
  • After Sales
  • Others
Vehicles
MPV
Starting at
Rp 362.700.000
Starting at
Rp 144.550.000
Starting at
Rp 197.700.000
Starting at
Rp 423.300.000
Starting at
Rp 326.050.000
Starting at
Rp 1.150.250.000
Starting at
Rp 247.750.000
Starting at
Rp 224.750.000
Starting at
Rp 501.800.000
Starting at
Rp 997.850.000
Sedan
Starting at
Rp 308.750.000
Starting at
Rp 641.900.000
SUV
Starting at
Rp 511.050.000
Starting at
Rp 2.181.250.000
Starting at
Rp 255.200.000
Starting at
Rp 492.950.000
Hybrid
Hatchback
Starting at
Rp 143.800.000
Starting at
Rp 263.400.000
Commercial
Starting at
Rp 306.800.000
Starting at
Rp 241.700.000
Sport
Starting at
Rp 2.158.500.000
Starting at
Rp 775.750.000

Tips

Cara Mudah Merawat Power Steering Elektrik

By AndriGaul

Sebenarnya perawatan power steering elektrik (EPS) tidak serumit jenis hidrolis karena sebagian besar komponennya memakai sistem elektrik dan dikontrol oleh komputer,

Alhasil, kerusakan yang terjadi lebih gampang terdeteksi melalui indikator di panel instrumen.

Namun umumnya kerusakan yang terjadi pada sistem EPS sulit diperbaiki, sehingga komponen tersebut harus diganti.

Oleh karena itu, rawatlah dan perlakukanlah EPS dengan baik.

Sebenarnya EPS minim perawatan karena semua sudah diatur oleh modul.

EPS cepat rusak lantaran penggunanya kurang apik ketika mengemudi.

Berikut cara merawat EPS agar tidak mudah rusak.

1. Kurangi Kecepatan di Jalan Rusak

Apapun jenis power steeringnya, menerjang jalanan rusak dengan kecepatan tinggi sanggup merusak banyak komponen.

Dua diantaranya yakni poros rack steer dan boot rack steer.

2. Jaga Kondisi Karet Boot Rack Streer

Jaga jangan sampai sobek, bila kondisinya sudah ada retakan atau sobek sebaiknya dilakukan penggantian pada bagian tersebut.

Jika dibiarkan maka dapat membuat racks steer cepat rusak yang diakibatkan masuknya air, debu dan kotoran ke as rumah setir dan mengakibatkan as rack steer berkarat.

Indikasi as setir kotor dan berkarat adalah ada suara ketika kemudi diputar, selain itu setir terasa berat ketika diputar.

3. Hindari Banjir

Pasalnya, kebanyakan motor listrik pada EPS berada di kolom setir bagian bawah.

Jika air merendam, motor listrik bisa rusak dan harus diganti.

Namun ada juga beberapa merek mobil yang meletakkan motor listrik EPS di bagian dalam kabin, tepatnya di atas pedal gas jadi kemungkinan aman ketika melewati genangan air.

Kamu bisa memastikan posisi motor listrik EPS di buku manual atau bertanya pada teknisi bengkel resmi Toyota

4. Perhatikan Usia Pakai EPS

Biasanya EPS sudah mulai bermasalah ketika umur mencapai 5 tahun atau menempuh jarak 100.000 km.

Setelah itu kinerja EPS umumnya mulai menurun.

Gejala-gejalanya bisa diketahui, seperti setir terasa berat diputar ke kiri atau ke kanan, padahal mesin dalam posisi on.

Usia pakainya jadi lebih pendek ketika kerap dipakai secara tidak wajar.

Privacy Policy | Legal Cookie | Contact Us
©2020 Toyota Astra Motor
All information applies to Indonesia vehicles only