All New Alphard HEV

All New Alphard HEV

Starting FromRp1.381.100.000

Explore Get Your Offer
New GR Supra

New GR Supra

Starting FromRp2.237.600.000

Explore Get Your Offer
All New GR 86

All New GR 86

Starting FromRp998.600.000

Explore Get Your Offer
New Hilux D Cab

New Hilux D Cab

Starting FromRp442.200.000

Explore Get Your Offer
New Dyna

New Dyna

Starting FromRp398.400.000

Explore Get Your Offer
New Hiace Premio

New Hiace Premio

Starting FromRp647.300.000

Explore Get Your Offer
All New Voxy

All New Voxy

Starting FromRp607.800.000

Explore Get Your Offer
New Hilux S Cab

New Hilux S Cab

Starting FromRp281.900.000

Explore Get Your Offer
All New Vios

All New Vios

Starting FromRp363.200.000

Explore Get Your Offer
All New Avanza

All New Avanza

Starting FromRp237.100.000

Explore Get Your Offer
All New Veloz

All New Veloz

Starting FromRp290.700.000

Explore Get Your Offer
New Camry

New Camry

Starting FromRp799.300.000

Explore Get Your Offer
New Camry HEV

New Camry HEV

Starting FromRp937.400.000

Explore Get Your Offer
New Calya

New Calya

Starting FromRp164.700.000

Explore Get Your Offer
All New BZ4X BEV

All New BZ4X BEV

Starting FromRp1.190.000.000

Explore Get Your Offer
Compare Models

Click Models menu above to close

Models

tc_1113

Cara Mudah Merawat Power Steering Elektrik

Cara Mudah Merawat Power Steering Elektrik

Sebenarnya perawatan power steering elektrik (EPS) tidak serumit jenis hidrolis karena sebagian besar komponennya memakai sistem elektrik dan dikontrol oleh komputer,

Alhasil, kerusakan yang terjadi lebih gampang terdeteksi melalui indikator di panel instrumen.

Namun umumnya kerusakan yang terjadi pada sistem EPS sulit diperbaiki, sehingga komponen tersebut harus diganti.

Oleh karena itu, rawatlah dan perlakukanlah EPS dengan baik.

Sebenarnya EPS minim perawatan karena semua sudah diatur oleh modul.

EPS cepat rusak lantaran penggunanya kurang apik ketika mengemudi.

Berikut cara merawat EPS agar tidak mudah rusak.

1. Kurangi Kecepatan di Jalan Rusak

Apapun jenis power steeringnya, menerjang jalanan rusak dengan kecepatan tinggi sanggup merusak banyak komponen.

Dua diantaranya yakni poros rack steer dan boot rack steer.

2. Jaga Kondisi Karet Boot Rack Streer

Jaga jangan sampai sobek, bila kondisinya sudah ada retakan atau sobek sebaiknya dilakukan penggantian pada bagian tersebut.

Jika dibiarkan maka dapat membuat racks steer cepat rusak yang diakibatkan masuknya air, debu dan kotoran ke as rumah setir dan mengakibatkan as rack steer berkarat.

Indikasi as setir kotor dan berkarat adalah ada suara ketika kemudi diputar, selain itu setir terasa berat ketika diputar.

3. Hindari Banjir

Pasalnya, kebanyakan motor listrik pada EPS berada di kolom setir bagian bawah.

Jika air merendam, motor listrik bisa rusak dan harus diganti.

Namun ada juga beberapa merek mobil yang meletakkan motor listrik EPS di bagian dalam kabin, tepatnya di atas pedal gas jadi kemungkinan aman ketika melewati genangan air.

Kamu bisa memastikan posisi motor listrik EPS di buku manual atau bertanya pada teknisi bengkel resmi Toyota

4. Perhatikan Usia Pakai EPS

Biasanya EPS sudah mulai bermasalah ketika umur mencapai 5 tahun atau menempuh jarak 100.000 km.

Setelah itu kinerja EPS umumnya mulai menurun.

Gejala-gejalanya bisa diketahui, seperti setir terasa berat diputar ke kiri atau ke kanan, padahal mesin dalam posisi on.

Usia pakainya jadi lebih pendek ketika kerap dipakai secara tidak wajar.


Back to top